Sembilan karunia Roh Kudus (KOM 140.4)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

Kejarlah kasih itu, dan usahakanlah dirimu memperoleh karunia-karunia Roh ...

1 Korintus 14:1a

Karunia Roh Kudus adalah kemampuan Ilahi yang diberikan oleh Roh Kudus menurut kehendak-Nya kepada orang percaya untuk kepentingan bersama dalam membangun Tubuh Kristus. Karunia ini digerakkan oleh iman dan kasih untuk memanifestasikan kasih Allah kepada manusia.

Dalam Perjanjian Baru hal itu ditunjukkan oleh Tuhan Yesus dan para rasul, kemudian dilanjutkan oleh orang percaya sampai hari ini.

Jenis-Jenis Karunia Roh Kudus

  1. Perkataan hikmat
  2. Yaitu kemampuan istimewa untuk mengetahui pikiran Roh Kudus, sehingga memiliki wawasan dan mengetahui cara pemecahan terbaik sehubungan dengan sebuah situasi atau masalah.

  3. Pengetahuan/marifat
  4. Yaitu kemampuan istimewa untuk menyerap pengetahuan Allah, sehingga dapat mengetahui dan mengungkapkan hal-hal yang terselubung.

  5. Karunia iman
  6. Yaitu kemampuan istimewa untuk mengerti kehendak Tuhan pada suatu saat dan dengan kepercayaan luar biasa memperkatakannya sehingga menjadi kenyataan.

  7. Karunia kesembuhan
  8. Yaitu kemampuan istimewa untuk dalam tuntunan Tuhan melakukan tindakan iman yang menyebabkan kuasa Tuhan bekerja dan mukjizat kesembuhan terjadi atas diri seseorang di luar cara-cara yang biasa/alamiah.

  9. Karunia mukjizat
  10. Yaitu kemampuan istimewa untuk bertindak sebagai pengantara bagi Allah untuk melakukan perbuatan-perbuatan supranatural secara nyata.

  11. Karunia nubuat
  12. Yaitu kemampuan istimewa untuk menerima dan menyampaikan pesan Tuhan dalam ucapan yang diurapi Tuhan dan dalam bahasa yang dapat dimengerti orang lain.

  13. Membedakan bermacam-macam roh
  14. Yaitu kemampuan yang memungkinkan kita mengenali jenis-jenis roh, dan membedakan antara yang berasal dari Tuhan, manusia atau setan.

  15. Berkata-kata dalam bahasa roh
  16. Yaitu kemampuan berbicara kepada Allah dan menerima serta menyampaikan pesan langsung dari Allah untuk jemaat-Nya melalui pernyataan ilahi yang diurapi, dalam bahasa yang tidak pernah kita pelajari sebelumnya.

  17. Menafsirkan bahasa roh
  18. Yaitu kemampuan istimewa untuk menangkap makna bahasa roh.

Proses memperoleh karunia Roh

  1. Membangun keintiman dengan Tuhan
  2. Memperdalam pengertian akan Firman Tuhan
  3. Mengimani Dia ada di dalam hidup kita, bekerja di dalam dan melalui hidup kita untuk melayani orang lain
  4. Mempersembahkan roh, jiwa, dan tubuh kita sebagai persembahan yang hidup, kudus, dan berkenan kepada-Nya

Allah memberikan karunia Roh menurut kehendak-Nya sendiri. la menempatkan kita secara khusus seperti yang dikehendaki-Nya. Dengan demikian kita akan menerima karunia tertentu yang sesuai dengan peranan kita dalam pelayanan. Karunia Roh Kudus dapat juga diperoleh melalui penumpangan tangan/impartasi

Aktivasi

  1. Mengobarkan roh kita dengan berdoa dalam bahasa roh
  2. Menyatakan Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita
  3. Minta hidup kita ditutup bungkus oleh Kuasa Darah Yesus
  4. olak segala roh-roh agamawi, penyesat dan penipu
  5. Taklukkan hati dan pikiran kepada Roh Kudus
  6. Aktivasikan karunia dengan iman dan kasih


Jadi bagaimana sekarang, saudara-saudara? Bilamana kamu berkumpul, hendaklah tiap-tiap orang mempersembahkan sesuatu, yang seorang mazmur, yang lain pengajaran, atau penyataan Allah, atau karunia bahasa roh, atau karunia untuk menafsirkan bahasa roh, tetapi semuanya itu harus dipergunakan untuk membangun.

1 Korintus 14:26


Diskusi

  1. Karunia apa yang paling penting dalam Tubuh Kristus?
  2. Karunia apa yang paling dominan dalam pelayanan kita?

Sumber

  • Divisi Pengajaran (Juni 2018). "140.4 Sembilan karunia Roh Kudus". KOM Seri 100 Pencari Tuhan (edisi ke-25, Juni 2018). Jakarta: GBI Jalan Gatot Subroto - Senayan. ISBN 979-3571-05-5.