Jaminan keselamatan melalui iman

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Renungan Saat Teduh hari ini:
AyoSaatTeduh fitted.png

Jaminan keselamatan melalui iman

Saat Teduh
Tanggal Kamis, 18 Oktober 2018
Sebelumnya Rabu, 17 Oktober 2018
Selanjutnya Jumat, 19 Oktober 2018

Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu. Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir. (1 Petrus 1:3-5)

Dalam renungan kita sebelumnya, kita belajar mengenai karya kasih karunia Allah yang luar biasa yang memberikan kepastian keselamatan kepada anak-anak-Nya melalui iman mereka. “Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah, tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal” (1 Yohanes 5:13). Hal ini berbicara perihal memiliki kepastian bahwa kita sudah diselamatkan. Karya lain dari kasih karunia Allah adalah Jaminan keselamatan melalui iman. Hal ini berbicara mengenai kepastian bahwa kita akan senantiasa diselamatkan.

Alkitab menulis banyak pernyataan bahwa keselamatan kita akan senantiasa terjamin. Yesus berbicara mengenai jaminan tersebut bagi domba-domba-Nya. “Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku” (Yohanes 10:27-28). Paulus diilhami oleh Roh Kudus untuk menulis hal yang agung ini. “Sebab aku yakin, bahwa baik maut, maupun hidup, baik malaikat-malaikat, maupun pemerintah-pemerintah, baik yang ada sekarang, maupun yang akan datang, atau kuasa-kuasa, baik yang di atas, maupun yang di bawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita” (Roma 8:38-39). Betapa ajaib jaminan keselamatan yang kita miliki di dalam Kristus!

Namun, ayat yang lain memperingatkan kita: “Sebab mereka yang pernah diterangi hatinya, yang pernah mengecap karunia sorgawi, dan yang pernah mendapat bagian dalam Roh Kudus… namun yang murtad lagi, tidak mungkin dibaharui sekali lagi sedemikian, hingga mereka bertobat… Sebab jika kita sengaja berbuat dosa, sesudah memperoleh pengetahuan tentang kebenaran, maka tidak ada lagi korban untuk menghapus dosa itu” (Ibrani 6:4,6; 10:26).

Lalu bagaimana kita dapat memiliki jaminan keselamatan kekal? Kita harus berpaling kepada Allah dalam iman. Anak-anak Allah sudah diwariskan kekayaan keselamatan dalam kemuliaan: "Menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu.” Dan tiap-tiap hari, kita dipelihara oleh Allah dalam keselamatan, jika kita mengandalkan Tuhan: “Yaitu kamu, yang dipelihara dalam kekuatan Allah karena imanmu sementara kamu menantikan keselamatan yang telah tersedia untuk dinyatakan pada zaman akhir.” Jaminan keselamatan dapat kita miliki melalui iman kepada Yesus setiap hari sepanjang hidup kita.

Doa

Ya Tuhan Juru Selamatku, aku memuji Engkau karena jaminan keselamatan tersedia di dalam Kristus melalui iman. Dengan sukacita aku mengandalkan Engkau saja untuk menjaga aku setiap hari oleh kuasa-Mu. Amin.

Ayo Saat Teduh adalah bahan saat teduh berupa materi pengajaran berseri. Setiap bahan merupakan kelanjutan dari bahan sebelumnya. Sejak tanggal 01 Januari 2014, Penggembalaan GBI Jemaat Induk Danau Bogor Raya mencanangkan gerakan "Ayo Saat Teduh" bagi seluruh jemaat.

Bahan bulanan


Lihat pula