Kehidupan Orientasi Melayani

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Logo KOM.png
KOM Seri 100
Pencari Tuhan
110 Dasar-dasar Kekristenan
120 Kehidupan Kekristenan yang bertumbuh
130 Mengenal Allah
140 Kehidupan yang memberi dampak
Logo KOM.png
KOM Seri 200
Pelayan Tuhan
210 Pengetahuan Alkitab
220 Kehidupan Kristen
230 Pengenalan pelayanan
240 Megatrend
Logo KOM.png
KOM Seri 300
Prajurit Tuhan
310 Profil Prajurit Tuhan
320 Menghancurkan kubu-kubu musuh
330 Menduduki kota-kota musuh
340 Menegakkan Kerajaan Allah
350 Memelihara tuaian

Kehidupan Orientasi Melayani atau KOM adalah sebuah program seri pengajaran firman Tuhan dalam Departemen Pengajaran GBI Danau Bogor Raya yang berada di bawah pembinaan Divisi Pengajaran GBI Jalan Gatot Subroto, Jakarta. Pengajaran KOM ini diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2005 untuk menggantikan pola pengajaran SOM (Sekolah Orientasi Melayani) Reguler dan SOM Lanjutan yang telah digunakan selama 17 tahun sebelumnya.

Dalam program KOM, jemaat diajari mengenai dasar-dasar penting dari doktrin Kekristenan mulai dari soal dosa, keselamatan, iman, sampai kedatangan Yesus yang kedua kali. Program KOM tidak saja mengajar doktrin tetapi juga bagaimana mengaplikasikan pengetahuan doktrin tersebut dalam kehidupan sehari-hari, misalnya bagaimana mendidik anak, bagaimana mengelola keuangan, bagaimana memulai pelayanan dan hal-hal praktikal lainnya.

Kepala Divisi Pengajaran GBI Gatot Subroto, Pdt Dr Danny Tumiwa, SH, menyebutkan ada dua alasan dasar dari konsep KOM, yaitu:

  1. Dalam visi membawa jemaat yang pasif menjadi aktif, yang artinya jemaat di manapun berada, sedang dan akan terus dibawa Tuhan untuk terlibat aktif dalam menuai jiwa-jiwa baru di sekitarnya, dan
  2. Memberi makna pengajaran kehidupan yang praktikal dalam rangka memenuhi kebutuhan jemaat di dunia kerja (work place) yang sedang bertumbuh hari-hari ini.

Visi dan moto

Visi
Mempersiapkan Umat yang Layak
Moto
Discipleship Movement, Gerakan pemuridan sesuai dengan Amanat Agung Tuhan Yesus (Matius 28:19)

Kelas KOM

Berdasarkan konsep awal dari KOM ini, maka diluncurkan seri pengajaran KOM yang diberi nama oleh Pdt Danny Tumiwa sesuai dengan tujuan pengajarannya sebagai berikut:

  1. Seri 100 - KOM Pencari Tuhan
  2. Membahas mengenai dasar-dasar Kekristenan yang paling penting dan harus diketahui dan dimengerti oleh seluruh jemaat tanpa terkecuali.

  3. Seri 200KOM Pelayan Tuhan
  4. Kelas KOM yang ditujukan untuk pelayan Tuhan. Pada sebuah acara wisuda KOM pada 2 Maret 2007, Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo mencanangkan sebuah rencana bahwa mulai tahun 2008 seluruh Pelayan Jemaat dalam penggembalaannya harus lulus KOM seri 200.

  5. Seri 300KOM Prajurit Tuhan
  6. Jiwa dari KOM 300 adalah mengarahkan para pesertanya menjadi pelayan Tuhan yang aktif, bukan hanya di dalam menopang kegiatan rutin gereja lokal masing-masing, tetapi dapat meluaskan pekerjaan Tuhan ke daerah-daerah baru dengan melakukan terobosan-terobosan secara rohani, dan yang nantinya pasti akan diikuti dengan terobosan-terobosan secara jasmani.

    Kelas KOM 300 Angkatan I GBI Jemaat Induk Danau Bogor Raya dimulai pada 22 Juli 2010 dan telah diwisuda dalam Doa Pelayan Jemaat Rayon oleh Gembala Rayon/Gembala Sidang, Pdt Sutadi Rusli.

  7. Seri 400KOM Penilik Tuhan

KOM Seri 100 – Pencari Tuhan

Pelajaran yang dipelajari dalam KOM seri 100:

  1. Dasar-dasar Kekristenan (Doktrinal)
  2. Membahas: Hidup Manusia, Kejatuhan Manusia, Keselamatan, Berkat Keselamatan, Baptisan Air, Baptisan Roh Kudus, dan Hidup Dalam Firman Tuhan

  3. Kehidupan Kekristenan Yang Bertumbuh (Praktikal)
  4. Membahas: Doa, Pujian dan Penyembahan, Saat Teduh, Mendengar Suara Allah, Tertanam Dalam Gereja Lokal, Kehidupan Dalam Kelompok Sel, Bertekun Dalam Iman, dan Kedewasaan Rohani

  5. Mengenal Allah (Doktrinal)
  6. Membahas: Mengenal Allah yang Benar, Firman yang Menjadi Manusia, Kuasa Salib Kristus, Pribadi Roh Kudus, Buah Roh Kudus, Kedatangan Yesus yang Kedua, dan Menantikan Pengharapan yang Mulia

  7. Kehidupan Yang Memberi Dampak (Praktikal)
  8. Membahas: Kehidupan yang Menjadi Berkat, Bersaksi Bagi Kristus, Menemukan Panggilan Pelayanan, Sembilan Karunia Roh Kudus, Memulai Pelayanan, dan Komitment untuk Memberi Dampak

KOM Seri 100 ditujukan untuk semua jemaat dan mencakup dasar-dasar paling penting bagi Kekristenan. Kelas KOM 100 terdiri dari 27 pertemuan dan biasanya diadakan 2 kali dalam satu minggu. Untuk mengikuti kelas KOM, disarankan untuk mengikuti secara berurutan dari awal karena kurikulum KOM 100 memang dibuat dalam bentuk pengajaran tahap demi tahap ke arah kedewasaan dalam Kristus.

Pada kuartal keempat tahun 2011, Gembala Rayon/Gembala Sidang GBI Jemaat Induk Danau Bogor Raya, Pdt Sutadi Rusli, mencanangkan bahwa dimulai 01 Januari 2012, seluruh Pelayan Jemaat GBI Rayon 7 harus sudah lulus KOM 100 dan bagi yang belum, berkomitmen untuk mengikuti KOM 100.

KOM Seri 200 – Pelayan Tuhan

Topik-topik dalam KOM 200 adalah:

  1. Pengetahuan Alkitab
  2. Membahas: Perjanjian Lama, Perjanjian Baru, Studi Alkitab Induktif, Agama-Agama di Dunia

  3. Kehidupan Kristen
  4. Membahas: Komunikasi Pribadi, Membangun Persahabatan, Pengendalian Emosi, Memilih Pasangan Hidup, Kehidupan Nikah Kristiani, Mendidik Anak, Panggilan Hidup dalam Dunia Usaha, Strategi Kehidupan yang Berhasil, dan Mengelola Keuangan Anda

  5. Pengenalan Pelayanan
  6. Membahas Pelayanan: Kelompok Sel, Doa, Anak, Pemuda Remaja, Dewasa Muda, Wanita, Misi, Konseling, dan Khotbah

  7. Megatrend
  8. Membahas: Gereja Dalam Dunia Usaha dan Paradigma Pelayanan Apostolik dan Profetik.

KOM Seri 200 ditujukan untuk jemaat yang ingin bertumbuh lebih lagi dan mulai tahun 2008 merupakan kelas yang wajib diikuti bagi pelayan jemaat. Syarat untuk mengikuti KOM 200 adalah sudah lulus 100 (atau, sebelum tahun 2008, sudah lulus SOM Reguler/Advance).

Mulai tahun 2008, bagi pemegang Sertifikat SOM tidak bisa lagi langsung ikut KOM 200 tetapi harus mengulang lagi dari KOM 100. Kelas KOM 200 di Gedung Lautan Bogor yang dimulai pada tanggal 19 Juni 2007 adalah kelas KOM terakhir yang memperbolehkan pemegang sertifikat SOM untuk ikut. Mulai tahun 2008, bagi yang mau mengikuti KOM 200, harus sudah lulus KOM 100 terlebih dahulu.

KOM Seri 300 – Prajurit Tuhan

Topik-topik dalam KOM 300 adalah:

  1. Karakter prajurit
  2. Pemulihan diri
  3. Prajurit doa, pujian, dan penyembahan
  4. Lima karakteristik pelayanan
  5. Menegakkan Kerajaan Allah

KOM Seri 300 bertujuan mengarahkan pesertanya menjadi pelayan Tuhan yang aktif, bukan hanya menopang kegiatan rutin gereja lokal masing-masing, tapi dapat meluaskan pekerjaan Tuhan ke daerah-daerah yang baru dengan melakukan terobosan-terobosan secara rohani, yang pasti akan diikuti pula dengan terobosan-terobosan secara jasmani.

Dalam KOM Seri 300, para peserta tidak hanya diminta keterlibatannya di dalam partisipasi kelas, tetpai juga diminta untuk melakukan proyek-proyek rohani mulai dari makalah, kunjungan-kunjungan pelayanan,dan perjalanan misi, yang akan menghidupkan pelajaran-pelajaran yang telah diterima di kelas, sekaligus kesempatan untuk mempraktekkan apa yang telah dipelajari.

Fondasi

Sebagai pengajaran doktrinal, semua materi dalam KOM adalah fondasi bagi semua pengajaran, kegiatan, dan kebijakan dalam GBI di bawah penggembalaan Pdt Niko, dan merupakan pengajaran praktikal dari pengajaran dasar Sinode Gereja Bethel Indonesia, yang tertuang dalam pengakuan iman GBI.

Kata sambutan

Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo memberikan kata sambutan untuk peluncuran pengajaran KOM berseri ini:

Niko Njotorahardjo

Puji kebesaran Nama Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa tuntunan-Nya pada tahun 2005 yang merupakan Tahun Kebangkitan Gereja diresponi dengan terbitnya seri pengajaran baru. Gereja yang bangkit tentu saja merupakan gereja yang mempersiapkan dirinya untuk menjadi umat yang layak (Lukas 1:17). Saya mengucap syukur apabila tahun ini Divisi Pengajaran khususnya, serta semua bagian dan aspek dalam gereja Tuhan menanggapi pentingnya pemuridan melalui pengajaran firman Tuhan yang kontinyu dan berkesinambungan.

Pengajaran KOM berseri ini merupakan pola yang baik untuk mengaktifkan jemaat yang pasif, terutama bagi mereka yang berada di dunia kerja (work place) yang memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi saksi hidup di lingkungan kerjanya. Pengajaran yang praktikal akan senantiasa mendorong setiap jemaat untuk memberi teladan dalam cara bekerja yang Kristiani sebagai murid-murid Kristus. Hal ini sangat penting, terutama karena dunia kerja pun sedang ditransformasi hari-hari ini menuju pada kegerakan di dunia kerja (extended church).

Doa dan harapan saya, buku seri pengajaran KOM ini bermanfaat bagi gereja Tuhan dalam menyiapkan umat yang layak menuju pada kedatangan Tuhan.

Selamat berkarya dan tetap maju dalam kemuliaan menuju kemuliaan-Nya.


Jakarta, Maret 2005


Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo
Gembala Sidang GBI Jalan Gatot Subroto, Jakarta

Referensi