Ayo Baca Alkitab

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

AyoBacaAlkitab.png

Bacaan hari ini

Selasa, 26 Maret 2019

Daftar raja yang kalah, Pembagian tanah pusaka, Kaleb merebut Hebron

(Yosua 12:7-15:19)

Daftar raja-raja yang kalah di sebelah barat sungai Yordan

Inilah raja negeri yang dikalahkan oleh Yosua dan oleh orang Israel di sebelah barat sungai Yordan, dari Baal-Gad di lembah gunung Libanon sampai Pegunungan Gundul, yang mendaki ke arah Seir--negeri ini diberikan Yosua kepada suku-suku Israel menjadi miliknya, menurut pembagiannya, di Pegunungan, di Daerah Bukit, di Araba-Yordan, di Lereng Gunung, di Padang Gurun dan di Tanah Negeb, yakni di negeri orang Het, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus--:

Raja negeri Yerikho, satu;
raja negeri Ai, di sebelah Betel, satu;
raja negeri Yerusalem, satu;
raja negeri Hebron, satu;
raja negeri Yarmut, satu;
raja negeri Lakhis, satu;
raja negeri Eglon, satu;
raja negeri Gezer, satu;
raja negeri Debir, satu;
raja negeri Geder, satu;
raja negeri Horma, satu;
raja negeri Arad, satu;
raja negeri Libna, satu;
raja negeri Adulam, satu;
raja negeri Makeda, satu;
raja negeri Betel, satu;
raja negeri Tapuah, satu;
raja negeri Hefer, satu;
raja negeri Afek, satu;
raja negeri Lasaron, satu;
raja negeri Madon, satu;
raja negeri Hazor, satu;
raja negeri Simron Meron, satu;
raja negeri Akhsaf, satu;
raja negeri Taanakh, satu;
raja negeri Megido, satu;
raja negeri Kedesh, satu;
raja negeri Yokneam di dekat gunung Karmel, satu;
raja negeri Dor di tanah bukit Dor,
satu; raja negeri Goyim di Galilea, satu;
raja negeri Tirza, satu;

jadi jumlah semua raja itu, tiga puluh satu orang.

Daerah-daerah yang belum direbut

Setelah Yosua menjadi tua dan lanjut umurnya, berfirmanlah TUHAN kepadanya:

"Engkau telah tua dan lanjut umur, dan dari negeri ini masih amat banyak yang belum diduduki. Inilah negeri yang tertinggal: segenap wilayah orang Filistin dan seluruh negeri orang Gesur, mulai dari sungai Sikhor di sebelah timur Mesir sampai ke daerah Ekron ke arah utara--semuanya itu terhitung tanah orang Kanaan--;

ada lima raja kota orang Filistin, yakni di Gaza, di Asdod, di Askelon, di Gat dan di Ekron-;

dan orang Awi di sebelah selatan; seluruh negeri orang Kanaan dan Meara, kepunyaan orang Sidon, sampai ke Afek, sampai ke daerah orang Amori;

selanjutnya negeri orang Gebal dan seluruh gunung Libanon di sebelah matahari terbit, mulai dari Baal-Gad di kaki gunung Hermon sampai ke jalan yang menuju ke Hamat;

semua orang yang diam di pegunungan, mulai dari gunung Libanon sampai ke Misrefot-Maim;

semua orang Sidon.

Aku sendiri akan menghalau mereka dari depan orang Israel; hanya undikanlah dahulu negeri itu di antara orang Israel menjadi milik pusaka mereka, seperti yang Kuperintahkan kepadamu. Oleh sebab itu, bagikanlah negeri ini kepada suku yang sembilan itu dan kepada suku Manasye yang setengah itu menjadi milik pusaka mereka."

Pembagian tanah yang di seberang sungai Yordan

Bersama-sama dengan suku Manasye yang setengah lagi, orang Ruben dan orang Gad telah menerima milik pusaka mereka, yang telah diberikan Musa kepada mereka di sebelah timur sungai Yordan, seperti yang ditentukan Musa, hamba TUHAN itu, kepada mereka, yakni mulai dari Aroer, yang di tepi sungai Arnon, kota pada pertengahan sungai itu, dan seluruh dataran tinggi, dari Medeba sampai ke Dibon; dan segala kota Sihon, raja orang Amori, yang berkerajaan di Hesybon, sampai ke daerah orang Amon; selanjutnya Gilead dan daerah orang Gesur dan orang Maakha, serta seluruh gunung Hermon dan seluruh tanah Basan sampai ke Salkha, seluruh kerajaan Og di Basan, yang memerintah di Asytarot dan Edrei, dialah yang tinggal hidup dari sisa-sisa orang Refaim yang telah dikalahkan dan dihalau oleh Musa.
Tetapi orang Israel tidak menghalau orang Gesur dan orang Maakha itu, sehingga Gesur dan Maakha masih tetap diam di tengah-tengah Israel sampai sekarang. Hanya kepada suku Lewi tidak diberikan milik pusaka: yang menjadi milik pusakanya ialah TUHAN, Allah Israel, seperti yang dijanjikan-Nya kepada mereka.

Kepada suku bani Ruben, menurut kaum-kaum mereka, telah diberikan Musa bagian ini: daerah kepunyaan mereka mulai dari Aroer yang di tepi sungai Arnon, kota pada pertengahan sungai itu, dan seluruh dataran tinggi dekat Medeba; Hesybon dan segala kotanya, yang di dataran tinggi, yakni Dibon, Bamot-Baal, Bet-Baal-Meon, Yahas, Kedemot, Mefaat, Kiryataim, Sibma, Zeret-Hasahar di atas gunung di lembah itu, Bet-Peor, lereng-lereng gunung Pisga, Bet-Yesimot, selanjutnya segala kota di dataran tinggi itu dan seluruh kerajaan Sihon, raja orang Amori, yang memerintah di Hesybon, yang dikalahkan oleh Musa; bersama-sama dia juga dikalahkannya raja-raja Midian, yakni Ewi, Rekem, Zur, Hur dan Reba, raja-raja bawahan Sihon, penduduk negeri itu. Juga Bileam bin Beor, juru tenung itu, telah dibunuh oleh orang Israel dengan pedang, beserta orang-orang yang telah mati tertikam oleh mereka. Jadi batas daerah bani Ruben ialah sungai Yordan dengan daerah pinggirnya. Itulah milik pusaka bani Ruben menurut kaum-kaum mereka, yakni kota-kota dengan desa-desanya.

Kepada suku Gad, yakni kepada bani Gad menurut kaum-kaum mereka, telah diberikan Musa bagian ini: daerah kepunyaan mereka ialah Yaezer dan segala kota negeri Gilead, serta setengah negeri orang Amon sampai ke Aroer, yang di sebelah timur Raba, yakni mulai dari Hesybon sampai ke Ramat-Mizpa dan Betonim, dan dari Mahanaim sampai ke daerah Debir; dan di lembah: Bet-Haram, Bet-Nimra, Sukot dan Zafon, sisa kerajaan Sihon, raja Hesybon; sungai Yordan dengan daerah pinggirnya, sampai ke ujung danau Kineret, di sebelah timur sungai Yordan. Itulah milik pusaka bani Gad menurut kaum-kaum mereka, yakni kota-kota dengan desa-desanya.

Kepada suku Manasye yang setengah itu, yakni kepada puak bani Manasye yang setengah itu, menurut kaum-kaum mereka, telah diberikan Musa bagian ini: daerah mereka mulai dari Mahanaim: seluruh Basan, seluruh kerajaan Og, raja Basan, dan segenap Hawot-Yair, yang di Basan itu, enam puluh kota banyaknya; selanjutnya setengah Gilead, Asytarot dan Edrei, kota-kota kerajaan Og di Basan, menjadi bagian bani Makhir, anak Manasye, yaitu bagian setengah bani Makhir menurut kaum-kaum mereka.

Itulah semuanya yang dibagikan Musa sebagai milik pusaka di dataran Moab di sebelah timur sungai Yordan dekat Yerikho. Tetapi kepada suku Lewi Musa tidak memberikan milik pusaka: TUHAN, Allah Israel, Dialah yang menjadi milik pusaka mereka, seperti yang dijanjikan-Nya kepada mereka.

Pembagian tanah Kanaan

Inilah semuanya yang diterima oleh orang Israel sebagai milik pusaka di tanah Kanaan, yang telah dibagikan kepada orang Israel oleh imam Eleazar, dan Yosua bin Nun dan para kepala kaum keluarga dari suku-suku mereka, dengan mengundi milik pusaka itu, seperti yang diperintahkan TUHAN dengan perantaraan Musa mengenai suku-suku yang sembilan setengah itu. Sebab kepada suku-suku yang dua setengah lagi telah diberikan Musa milik pusaka di seberang sungai Yordan, tetapi kepada orang Lewi tidak diberikannya milik pusaka di tengah-tengah mereka. Sebab bani Yusuf merupakan dua suku, Manasye dan Efraim. Maka kepada orang Lewi tidak diberikan bagiannya di negeri itu, selain dari kota-kota untuk didiami, dengan tanah penggembalaannya untuk ternak dan hewan mereka. Seperti yang diperintahkan TUHAN kepada Musa, demikianlah diperbuat oleh orang Israel dan dibagi-bagi merekalah negeri itu.

Kaleb mendapat Hebron

Bani Yehuda datang menghadap Yosua di Gilgal. Pada waktu itu berkatalah Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, kepadanya: "Engkau tahu firman yang diucapkan TUHAN kepada Musa, abdi Allah itu, tentang aku dan tentang engkau di Kadesh-Barnea. Aku berumur empat puluh tahun, ketika aku disuruh Musa, hamba TUHAN itu, dari Kadesh-Barnea untuk mengintai negeri ini; dan aku pulang membawa kabar kepadanya yang sejujur-jujurnya. Sedang saudara-saudaraku, yang bersama-sama pergi ke sana dengan aku, membuat tawar hati bangsa itu, aku tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati. Pada waktu itu Musa bersumpah, katanya: Sesungguhnya tanah yang diinjak oleh kakimu itu akan menjadi milik pusakamu dan anak-anakmu sampai selama-lamanya, sebab engkau tetap mengikuti TUHAN, Allahku, dengan sepenuh hati. Jadi sekarang, sesungguhnya TUHAN telah memelihara hidupku, seperti yang dijanjikan-Nya. Kini sudah empat puluh lima tahun lamanya, sejak diucapkan TUHAN firman itu kepada Musa, dan selama itu orang Israel mengembara di padang gurun. Jadi sekarang, telah berumur delapan puluh lima tahun aku hari ini; pada waktu ini aku masih sama kuat seperti pada waktu aku disuruh Musa; seperti kekuatanku pada waktu itu demikianlah kekuatanku sekarang untuk berperang dan untuk keluar masuk. Oleh sebab itu, berikanlah kepadaku pegunungan, yang dijanjikan TUHAN pada waktu itu, sebab engkau sendiri mendengar pada waktu itu, bahwa di sana ada orang Enak dengan kota-kota yang besar dan berkubu. Mungkin TUHAN menyertai aku, sehingga aku menghalau mereka, seperti yang difirmankan TUHAN."

Lalu Yosua memberkati Kaleb bin Yefune, dan diberikannyalah Hebron kepadanya menjadi milik pusakanya. Itulah sebabnya Hebron menjadi milik pusaka Kaleb bin Yefune, orang Kenas itu, sampai sekarang ini, karena ia tetap mengikuti TUHAN, Allah Israel, dengan sepenuh hati. Nama Hebron dahulu ialah Kiryat-Arba; Arba ialah orang yang paling besar di antara orang Enak. Dan amanlah negeri itu, berhenti berperang.

Batas-batas daerah Yehuda

Bagian yang diundikan kepada suku bani Yehuda menurut kaum-kaum mereka adalah sampai ke batas tanah Edom, sampai ke padang gurun Zin ke selatan, di ujung selatan. Batas selatan bagi mereka mulai dari ujung Laut Asin, dari teluk yang menghadap ke selatan; lalu keluar pada sebelah selatan pendakian Akrabim, terus ke Zin, naik ke sebelah selatan Kadesh-Barnea, terus ke Hezron, naik ke Adar, membelok ke Karka, terus ke Azmon dan keluar pada sungai tanah Mesir, sehingga batas itu berakhir ke laut. Itulah bagi kamu batas selatan. Batas timur ialah Laut Asin sampai ke muara sungai Yordan. Batas pada sisi utara mulai dari teluk di muara sungai Yordan itu: batas itu naik ke Bet-Hogla, melalui sebelah utara Bet-Araba, kemudian batas itu naik ke batu Bohan bin Ruben; lalu dari lembah Akhor batas itu naik ke Debir, dan menuju ke utara ke Gilgal di seberang pendakian Adumim, yang di sebelah selatan sungai. Kemudian batas itu terus ke mata air En-Semes dan keluar ke En-Rogel. Kemudian batas itu naik ke lembah Ben-Hinom, di sebelah selatan sepanjang lereng gunung Yebus, itulah Yerusalem; kemudian batas itu naik ke puncak gunung yang di seberang lembah Hinom, di sebelah barat, di ujung utara lembah orang Refaim. Kemudian batas itu melengkung dari puncak gunung itu ke mata air Me-Neftoah, lalu keluar ke kota-kota pegunungan Efron; selanjutnya batas itu melengkung ke Baala, itulah Kiryat-Yearim. Kemudian batas itu membelok dari Baala ke barat ke pegunungan Seir, terus ke utara ke lereng gunung Yearim, itulah Kesalon, turun ke Bet-Semes dan terus ke Timna. Kemudian batas itu keluar ke utara ke lereng gunung Ekron; kemudian batas itu melengkung ke Sikron, terus ke gunung Baala dan keluar dekat Yabneel, sehingga batas itu berakhir di laut. Batas barat ialah Laut Besar dan pantainya. Itulah, ke segala penjuru, batas-batas daerah bani Yehuda menurut kaum-kaum mereka.

Kaleb merebut Hebron

Tetapi kepada Kaleb bin Yefune diberikan Yosua sebagian di tengah-tengah bani Yehuda itu, yakni Kiryat-Arba, seperti yang dititahkan TUHAN kepadanya; Arba ialah bapa Enak. Itulah Hebron. Dan Kaleb menghalau dari sana ketiga orang Enak, yakni Sesai, Ahiman dan Talmai, anak-anak Enak. Dari sana ia maju menyerang penduduk Debir. Nama Debir itu dahulu ialah Kiryat-Sefer. Lalu berkatalah Kaleb: "Siapa yang menggempur Kiryat-Sefer dan merebutnya, kepadanya akan kuberikan Akhsa, anakku, menjadi isterinya." Dan Otniel, anak Kenas saudara Kaleb, merebut kota itu; lalu Kaleb memberikan kepadanya Akhsa, anaknya, menjadi isterinya. Ketika perempuan itu tiba, dibujuknya suaminya untuk meminta ladang kepada ayahnya. Maka turunlah perempuan itu dari keledainya, lalu berkatalah Kaleb kepadanya: "Ada apa?" Jawabnya: "Berikanlah kepadaku hadiah; telah kauberikan kepadaku tanah yang gersang, berikanlah juga kepadaku mata air." Lalu diberikannyalah kepadanya mata air yang di hulu dan mata air yang di hilir.


Baca Firman Tuhan setiap hari!

Sebagai orang Kristen adalah sebuah keanehan jika tidak pernah sekalipun selesai membaca seluruh Alkitab dari Kejadian sampai Wahyu. Tetapi pada kenyataannya itulah yang terjadi pada sebagian besar dari orang Kristen.

Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh, tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam. Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil. (Mazmur 1:1-3)

Mari kita baca Alkitab setiap hari, Firman Tuhan menjamin bahwa hidup kita akan berubah.


Jadwal pembacaan Alkitab secara kronologis

Jadwal pembacaan Alkitab berikut ini berdasarkan kronologi atau urutan peristiwa yang terjadi dalam Alkitab sehingga pembaca akan lebih memahami apa yang sebenarnya terjadi. Jadi tidak selalu berdasarkan urutan susunan buku dalam Alkitab, namun seluruh bagian Alkitab akan selesai dibaca pada akhir tahun.


Jadwal baca Alkitab Maret 2019

Tanggal Judul Ayat
2019030101 Maret Hukum mengenai kenaziran, ucapan berkat, semboyan nafiri. Orang Israel berangkat dari gunung Sinai Bil 6:1-27, 10:1-36
2019030202 Maret Api TUHAN, pemberontakan Maryam dan Harun, kedua belas pengintai Bil 11:1-13:33
2019030303 Maret Pemberontakan umat Israel, korban api-apian, sabat Bil 14:1-15:41
2019030404 Maret Pemberontakan Korah, tongkat Harun berbunga, aturan bagi imam dan orang Lewi Bil 16:1-18:32
2019030505 Maret Air Pentahiran, Peristiwa Meriba, Ular Tembaga, Miryam dan Harun mati Bil 19:1-21:35
2019030606 Maret Balak meminta Bileam mengutuk Israel, peristiwa keledai Bileam, Bileam memberkati Israel Bil 22:1-24:25
2019030707 Maret Israel menyembah Baal-Peor, Laskar Israel dihitung untuk kedua kalinya Bil 25:1-26:65
2019030808 Maret Hak waris bagi anak-anak perempuan, Yosua mengganti Musa dan peraturan mengenai korban Bil 27:1-29:40
2019030909 Maret Nazar kaum perempuan, pembalasan kepada orang Midian, Mengenai jarahan Bil 30:1-31:54
2019031010 Maret Penyerahan daerah timur sungai Yordan, persinggahan oran Israel di padang gurun Bil 32:1-33:56
2019031111 Maret Batas Kanaan, kota-kota orang Lewi, kota-kota perlindungan, syarat perkawinan anak perempuan Bil 34:1-36:13
2019031212 Maret Musa meriwayatkan pengalaman bangsa Israel Ul 1:1-3:20
2019031313 Maret Musa tidak diperkenankan memasuki Kanaan, nasihat dan pengajaran Musa Ul 3:21-5:33
2019031414 Maret Kasih kepada Allah adalah perintah yang utama, sikap terhadap penduduk Kanaan, janji berkat Ul 6:1-9:29
2019031515 Maret Riwayat tentang loh batu yang baru, peringatan supaya taat dan bersyukur, satu tempat ibadah Ul 10:1-12:32
2019031616 Maret Peringatan tentang berhala, peringatan tentang binatang haram, persepuluhan, budak Ul 13:1-16:17
2019031717 Maret Peraturan tentang pengadilan, penyembahan berhala, raja, tenung dan nubuat Ul 16:18-21:9
2019031818 Maret Peraturan tentang pendamaian, tawanan, hak kesulungan, anak durhaka, penguburan, perkawinan, dan lain-lain Ul 21:10-25:19
2019031919 Maret Persembahan sulung, persepuluhan, mengenai berkat dan kutuk Ul 26:1-29:1
2019032020 Maret Perjanjian dengan Allah diperbaharui, kehidupan atau kematian, Yosua pengganti Musa Ul 29:1-31:29
2019032121 Maret Nanyian Musa, Nasihat terakhir Musa Ul 31:30-32:52; Mzm 90
2019032222 Maret Berkat Musa kepada suku-suku Israel, Musa Mati, Perintah kepada Yosua untuk merebut tanah Kanaan, Dua pengintai di Yerikho Ul 33:1-34:12, Yos 1:1-2:24
2019032323 Maret Menyeberangi sungai Yordan, Dua belas batu peringatan, Penyunatan dan Paskah di Gilgal, Jatuhnya Yerikho Yos 3:1-6:27
2019032424 Maret Dosa dan hukuman Akhan, Ai dibinasakan, Mezbah di gunung Ebal, Akal orang Gibeon Yos 7:1; 1 Taw 2:7; Yos 7:2-9:27
2019032525 Maret Pertempuran dekat Gibeon, Bagian Selatan Kanaan di rebut, Bagian Utara Kanaan di rebut Yos 10:1-12:6
2019032626 Maret Daftar raja yang kalah, Pembagian tanah pusaka, Kaleb merebut Hebron Yos 12:7-15:19
2019032727 Maret Kota-kota suku Yehuda, Milik pusaka Efraim dan Manasye Yos 15:20-17:18
2019032828 Maret Tanah milik pusaka Benyamin, Simeon, Zebulon, Isakhar, Asyer, Naftali, Dan dan Yosua Yos 18:1-19:51
2019032929 Maret Kota-kota perlindungan, Kota-kota orang Lewi Yos 20:1-21:45; 1 Taw 6:54-81
2019033030 Maret Pesan terakhir Yosua, Pembaruan perjanjian di Sikhem, Yosua mati Yos 22:1-24:33
2019033131 Maret Orang Israel menyembah berhala, Hakim Otniel, Hakim Ehud Hak 1:1-3:30