Kehidupan Orientasi Melayani

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Logo KOM.png

Kehidupan Orientasi Melayani atau KOM adalah sebuah program seri pengajaran firman Tuhan dalam Departemen Pengajaran GBI Danau Bogor Raya yang berada di bawah pembinaan Divisi Pengajaran GBI Jalan Gatot Subroto, Jakarta.

Pengajaran KOM ini diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2005 untuk menggantikan pola pengajaran SOM (Sekolah Orientasi Melayani) Reguler dan SOM Lanjutan yang telah digunakan selama 17 tahun sebelumnya.

Dalam program KOM, jemaat diajari mengenai dasar-dasar penting dari doktrin Kekristenan mulai dari soal dosa, keselamatan, iman, sampai kedatangan Yesus yang kedua kali. Program KOM tidak saja mengajar doktrin tetapi juga bagaimana mengaplikasikan pengetahuan doktrin tersebut dalam kehidupan sehari-hari, misalnya bagaimana mendidik anak, bagaimana mengelola keuangan, bagaimana memulai pelayanan dan hal-hal praktikal lainnya.

Kepala Divisi Pengajaran GBI Gatot Subroto, Pdt Dr Danny Tumiwa, SH, menyebutkan ada dua alasan dasar dari konsep KOM, yaitu:

  1. Dalam visi membawa jemaat yang pasif menjadi aktif, yang artinya jemaat di manapun berada, sedang dan akan terus dibawa Tuhan untuk terlibat aktif dalam menuai jiwa-jiwa baru di sekitarnya, dan
  2. Memberi makna pengajaran kehidupan yang praktikal dalam rangka memenuhi kebutuhan jemaat di dunia kerja (work place) yang sedang bertumbuh hari-hari ini.

Visi dan moto

Visi
Mempersiapkan Umat yang Layak
Moto
Discipleship Movement, Gerakan pemuridan sesuai dengan Amanat Agung Tuhan Yesus (Matius 28:19)

Kelas KOM

Berdasarkan konsep awal dari KOM ini, maka diluncurkan seri pengajaran KOM yang diberi nama oleh Pdt Danny Tumiwa sesuai dengan tujuan pengajarannya sebagai berikut:

KOM 100

The Seeker
Dasar-dasar Kekristenan yang paling penting dan harus diketahui dan dimengerti oleh seluruh jemaat.

KOM 200

The Servant
Orang percaya berperan untuk menyatu dan terpadu secara progresif dalam pelayanan tubuh Kristus.

KOM 300

The Soldier
Menjadi pelayan Tuhan yang aktif yang melakukan terobosan pekerjaan Tuhan ke daerah-daerah baru.

KOM 400

The Steward
Sebuah perenungan yang mendalam dalam perjalanan rohani sebagai seorang murid Tuhan Yesus.

Fondasi

Sebagai pengajaran doktrinal, semua materi dalam KOM adalah fondasi bagi semua pengajaran, kegiatan, dan kebijakan dalam GBI di bawah penggembalaan Pdt Niko, dan merupakan pengajaran praktikal dari pengajaran dasar Sinode Gereja Bethel Indonesia, yang tertuang dalam pengakuan iman GBI.

Kata sambutan Gembala Pembina

Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo memberikan kata sambutan untuk peluncuran pengajaran KOM berseri ini:

Niko Njotorahardjo.jpg

Puji kebesaran Nama Tuhan kita Yesus Kristus, bahwa tuntunan-Nya pada tahun 2005 yang merupakan Tahun Kebangkitan Gereja diresponi dengan terbitnya seri pengajaran baru. Gereja yang bangkit tentu saja merupakan gereja yang mempersiapkan dirinya untuk menjadi umat yang layak (Lukas 1:17). Saya mengucap syukur apabila tahun ini Divisi Pengajaran khususnya, serta semua bagian dan aspek dalam gereja Tuhan menanggapi pentingnya pemuridan melalui pengajaran firman Tuhan yang kontinyu dan berkesinambungan.

Pengajaran KOM berseri ini merupakan pola yang baik untuk mengaktifkan jemaat yang pasif, terutama bagi mereka yang berada di dunia kerja (work place) yang memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi saksi hidup di lingkungan kerjanya. Pengajaran yang praktikal akan senantiasa mendorong setiap jemaat untuk memberi teladan dalam cara bekerja yang Kristiani sebagai murid-murid Kristus. Hal ini sangat penting, terutama karena dunia kerja pun sedang ditransformasi hari-hari ini menuju pada kegerakan di dunia kerja (extended church).

Doa dan harapan saya, buku seri pengajaran KOM ini bermanfaat bagi gereja Tuhan dalam menyiapkan umat yang layak menuju pada kedatangan Tuhan.

Selamat berkarya dan tetap maju dalam kemuliaan menuju kemuliaan-Nya.


Jakarta, Maret 2005


Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo
Gembala Jemaat GBI Jalan Gatot Subroto, Jakarta

Lihat pula