Kuasa salib Kristus (KOM 130.3)

Dari GBI Danau Bogor Raya
< KOM‎ | KOM 100
Revisi sejak 27 Maret 2024 09.51 oleh Leo (bicara | kontrib) (→‎Sumber: +sumber 2021)
Lompat ke: navigasi, cari

... dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib.

Kolose 2:14

Ulangan 21:23; Galatia 3:13 Menurut tradisi, hukuman salib/penyaliban adalah bentuk hukuman mati bagi orang yang dikutuk oleh Allah. Begitu kejinya sehingga bangsa Ibrani tidak mengenal kata 'salib', hanya dikenal kata 'pohon' atau 'tiang'.

Berdasarkan hukum Romawi, hukuman salib dijatuhkan kepada seseorang yang dianggap bersalah karena telah melakukan pelanggaran subversif, yaitu pemberontakan, penghinaan, penyelewengan atau makar terhadap pemerintah yang sah, dalam hal ini Kaisar Romawi. Tuduhan tersebut dikenakan kepada Tuhan Yesus sehubungan dengan pengakuan diri-Nya sebagai raja orang Yahudi, padahal saat itu bangsa Yahudi sedang berada dalam penjajahan imperium Romawi.

Mengapa harus Yesus?

  1. Menggenapi Nubuatan (Yesaya 53:3-10)
  2. Darah-Nya tidak Bercela, Mulia dan Berharga (1 Petrus 1:19; Ibrani 9:22)
  3. Dia tidak Berdosa (2 Korintus 5:21)
  4. Rencana Bapa bagi Dunia (Yohanes 3:16; Kisah Para Rasul 2:22-23)

Makna salib Kristus

  1. Meneguhkan Yesus sebagai Tuhan dan Kristus (Kisah Para Rasul 2:36)
  2. Taurat digenapi dan Perjanjian Baru dimulai (Ibrani 10:9)
  3. Oleh kematian-Nya kuasa iblis dimusnahkan (Ibrani 2:14)

Delapan pertukaran besar di kayu salib

  1. 2 Korintus 5:21 Hukuman - Penebusan
  2. Dia menanggung hukuman kita, supaya tersedia penebusan atas dosa-dosa kita.
  3. Yesaya 53:4; Matius 8:17 Penyakit - Kesembuhan
  4. Dia menanggung semua penyakit kita, supaya kita memperoleh kesembuhan.
  5. 2 Korintus 5:21 Bersalah – Dibenarkan
  6. Dia menanggung dosa-dosa kita, supaya kita dapat dibenarkan.
  7. Roma 6:23 Maut - Hidup
  8. Dia menempuh maut, supaya kita luput dari maut.
  9. 2 Korintus 8:9 Miskin - Kaya
  10. Dia rela jadi miskin, supaya di dalam Dia kita menjadi kaya.
  11. Ibrani 12:2 Dipermalukan - Dimuliakan
  12. Dia dipermalukan, supaya kita beroleh bagian dalam kemuliaan-Nya.
  13. Matius 27:46 Penolakan - Penerimaan
  14. Dia terpisah dari Bapa-Nya, supaya kita diterima sebagai bagian dari keluarga Allah.
  15. Galatia 3:13-14 Kutuk - Berkat
  16. Dia menanggung semua kutuk dosa, supaya di dalam Dia kita diberkati.

Sakramen Perjamuan Kudus

Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam la diserahkan, mengambil roti dan sesudah itu la mengucap syukur atasnya; la memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!"

Demikian juga la mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!" Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai la datang.

1 Korintus 11:23-26

1. Sebagai tanda dan meterai perjanjian Allah

Dengan mengadakan sebuah tanda, Allah memberikan jaminan akan rahmat-Nya.

  1. Darah di ambang pintu sebagai tanda perlindungan Allah bagi umat Israel. ( Keluaran 12:13)
  2. Perayaan Paskah sebagai tanda perjanjian yang diadakan Allah dengan bangsa Israel. ( Ulangan 16:1)
  3. Roti dan Anggur sebagai lambang tubuh dan darah Yesus yang dipecah-pecahkan dan tercurah.
2. Tiga pandangan mengenai perjamuan
  1. Transubstansiasi
  2. Roti dan anggur berubah menjadi tubuh dan darah Yesus secara fisik setelah didoakan.
  3. Ordinansio
  4. Roti dan anggur hanya sebagai tanda peringatan pengorbanan tubuh dan darah Yesus, tidak ada berkat di dalamnya.
  5. Konsubstansiasi
  6. Roti dan anggur sebagai tanda peringatan pengorbanan tubuh dan darah Yesus. Di dalamnya mengandung berkat karena ketaatan kita melakukannya. Di dalam perjamuan kudus, terjadi persekutuan antara orang percaya dengan Tuhan dan dengan sesama.
    • Tanda lahiriah, tanda yang kelihatan (visible sign).
    • Tanda rohaniah, sebagai anugerah rohani dan dimeteraikan.
    • Penyatuan antara tanda rohani dengan tanda lahiriah.

Sakramen Perjamuan Kudus dilakukan sebagai tindakan iman menerima roh dan anggur sebagai tubuh dan darah Kristus (konsubstansiasi).

Pandangan yang diakui oleh Sinode Gereja Bethel Indonesia adalah Konsubstansiasi.

3. Makna rohani dari Perjamuan Kudus
  1. Persekutuan dengan Allah dan Sesama ( 1 Korintus 10:16)
    • Menyatukan jemaat dengan kematian Yesus Kristus.
    • Menyatukan iman kepada Yesus dengan bukti mengaplikasikan kasih Allah kepada jemaat lain dalam gereja Tuhan (sesama anggota Tubuh Kristus).
  2. Peringatan kematian Kristus ( 1 Korintus 11:24-25)
  3. Pemberitaan Injil ( 1 Korintus 11:26)
  4. Ucapan syukur ( 1 Korintus 10:16)
  5. Mendorong ke arah pertobatan

Diskusi

  1. Berkat apakah yang kita peroleh dari peristiwa penyaliban Kristus?
  2. Berkat apakah yang kita peroleh dari sakramen Perjamuan Kudus?

Proyek ketaatan

Tulislah kesaksian Anda saat mengalami berkat kuasa salib Kristus!


"The crucifixion of Christ, next to His incarnation, are the most significant events in the entire Human history. Not only liberating those who came after, but fulfilling the expectation of those who came before."

— Abraham Lalamentik

Sumber

  • Divisi Pengajaran (Juni 2018). "130.3 Kuasa Salib Kristus". KOM Seri 100 Pencari Tuhan (edisi ke-25, Juni 2018). Jakarta: GBI Jalan Gatot Subroto - Senayan. ISBN 979-3571-05-5. 
  • Divisi Pengajaran (Juni 2021). "130.3 Kuasa Salib Kristus". KOM Seri 100 Pencari Tuhan (edisi ke-2, Juni 2021, e-Book). Jakarta: GBI Jalan Gatot Subroto - Senayan. ISBN 978-979-3571-16-4.