KOM/KOM 100/130.3: Perbedaan antara revisi

Dari GBI Danau Bogor Raya
< KOM‎ | KOM 100
Lompat ke: navigasi, cari
kTidak ada ringkasan suntingan
k (Leo memindahkan halaman KOM 130.3 ke KOM/KOM 100/130.3)
 
(7 revisi perantara oleh pengguna yang sama tidak ditampilkan)
Baris 1: Baris 1:
{{DISPLAYTITLE: Kuasa salib Kristus (KOM 130.3)}}
{{infobox KOM
{{KOM100 | KOM130=yes}}
| type= 100
<!--
| show03=true
== TUJUAN ==
| pagename= KOM/KOM 100/130.3
Memahami dan mengalami dampak dari karya Kristus di kayu salib.
| title= Kuasa salib Kristus
-->
| titleno= 130.3
<blockquote class="blockquote">
| edition= 4 (ebook)
<p class="mb-0">'''''... dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib.'''''</p>
| year= 2024
&mdash;{{sabdaweb2v | Kolose 2:14}}
| month= 7
</blockquote>
}}
{{blockquote/Ayat
| '''''... dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib.'''''
| {{sabdaweb2v | Kolose 2:14}}
}}


{{BibleVerseQuoteBox | Ulangan 21:23; Galatia 3:13}}
{{BibleVerseQuoteBox | Kol 2:15}}
Menurut tradisi, hukuman salib/penyaliban adalah bentuk hukuman mati bagi orang yang dikutuk oleh Allah. Begitu kejinya sehingga bangsa Ibrani tidak mengenal kata 'salib', hanya dikenal kata 'pohon' atau 'tiang'.
== Tujuan ==
Peserta memahami dan mengalami dampak dari karya Kristus di kayu salib.


Berdasarkan hukum Romawi, hukuman salib dijatuhkan kepada seseorang yang dianggap bersalah karena telah melakukan pelanggaran subversif, yaitu pemberontakan, penghinaan, penyelewengan atau makar terhadap pemerintah yang sah, dalam hal ini Kaisar Romawi. Tuduhan tersebut dikenakan kepada Tuhan Yesus sehubungan dengan pengakuan diri-Nya sebagai raja orang Yahudi, padahal saat itu bangsa Yahudi sedang berada dalam penjajahan imperium Romawi.
{{BibleVerseQuoteBox | Ul 21:23; Gal 3:13}}
Menurut tradisi, hukuman salib/penyaliban adalah bentuk hukuman mati bagi orang yang dikutuk oleh Allah. Begitu kejinya sehingga bangsa Ibrani tidak mengenal kata ‘salib’, hanya dikenal kata ‘pohon’ atau ‘tiang’.
 
Berdasarkan hukum Romawi, hukuman salib dijatuhkan kepada seseorang yang dianggap bersalah karena telah melakukan pelanggaran subversif, yaitu pemberontakan, penghinaan, penyelewengan atau makar terhadap pemerintah yang sah, dalam hal ini Kaisar Romawi.
 
Tuduhan tersebut dikenakan kepada Tuhan Yesus sehubungan dengan pengakuan diri-Nya sebagai raja orang Yahudi, padahal saat itu bangsa Yahudi sedang berada dalam penjajahan imperium Romawi.


== Mengapa harus Yesus? ==
== Mengapa harus Yesus? ==
<ol class="list-kom">
<ol class="list-kom">
<li>Menggenapi Nubuatan ({{sabdaweb2v|Yesaya 53:3-10}})</li>
<li> {{BibleVerseQuoteBox | Yes 53:3-10}} Menggenapi nubuatan</li>
<li>Darah-Nya tidak Bercela, Mulia dan Berharga ({{sabdaweb2v|1 Petrus 1:19; Ibrani 9:22}})</li>
<li> {{BibleVerseQuoteBox |1 Pet 1:19; Ibr 9:22}} Darah-Nya tidak bercela, mulia, dan berharga</li>
<li>Dia tidak Berdosa ({{sabdaweb2v|2 Korintus 5:21}})</li>
<li> {{BibleVerseQuoteBox | 2 Kor 5:21}} Dia tidak berdosa</li>
<li>Rencana Bapa bagi Dunia ({{sabdaweb2v|Yohanes 3:16; Kisah Para Rasul 2:22-23}})</li>
<li> {{BibleVerseQuoteBox | Yoh 3:16; Kis 2:22-23}} Rencana Bapa bagi dunia</li>
</ol>
</ol>


== Makna salib Kristus ==
== Makna salib Kristus ==
<ol class="list-kom">
<ol class="list-kom">
<li>Meneguhkan Yesus sebagai Tuhan dan Kristus ({{sabdaweb2v|Kisah Para Rasul 2:36}})</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | Kis 2:36}} Meneguhkan Yesus sebagai Tuhan dan Kristus</li>
<li>Taurat digenapi dan Perjanjian Baru dimulai ({{sabdaweb2v|Ibrani 10:9}})</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | Ibr 10:9}} Taurat digenapi dan Perjanjian Baru dimulai</li>
<li>Oleh kematian-Nya kuasa iblis dimusnahkan ({{sabdaweb2v|Ibrani 2:14}})</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | Ibr 2:14}} Oleh kematian-Nya kuasa iblis dimusnahkan</li>
</ol>
</ol>


== Delapan pertukaran besar di kayu salib ==
== Delapan pertukaran besar di kayu salib ==
<ol class="list-kom">
<ol class="list-kom">
<li>{{BibleVerseQuoteBox|2 Korintus 5:21}} '''Hukuman - Penebusan'''</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | 2 Kor 5:21}} '''Hukuman &mdash; Penebusan'''</li>
Dia menanggung hukuman kita, supaya tersedia penebusan atas dosa-dosa kita.
<p>Dia menanggung hukuman kita, supaya tersedia penebusan atas dosa-dosa kita.</p>


<li>{{BibleVerseQuoteBox|Yesaya 53:4; Matius 8:17}} '''Penyakit - Kesembuhan'''</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | Yes 53:4; Matius 8:17}} '''Penyakit &mdash; Kesembuhan'''</li>
Dia menanggung semua penyakit kita, supaya kita memperoleh kesembuhan.
<p>Dia menanggung semua penyakit kita, supaya kita memperoleh kesembuhan.</p>


<li>{{BibleVerseQuoteBox | 2 Korintus 5:21}} '''Bersalah – Dibenarkan'''</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | 2 Kor 5:21}} '''Bersalah – Dibenarkan'''</li>
Dia menanggung dosa-dosa kita, supaya kita dapat dibenarkan.
<p>Dia menanggung dosa-dosa kita, supaya kita dapat dibenarkan.</p>


<li>{{BibleVerseQuoteBox | Roma 6:23}} '''Maut - Hidup'''</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | Rom 6:23}} '''Maut &mdash; Hidup'''</li>
Dia menempuh maut, supaya kita luput dari maut.
<p>Dia menempuh maut, supaya kita luput dari maut.</p>


<li>{{BibleVerseQuoteBox | 2 Korintus 8:9}} '''Miskin - Kaya'''</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | 2 Kor 8:9}} '''Miskin &mdash; Kaya'''</li>
Dia rela jadi miskin, supaya di dalam Dia kita menjadi kaya.
<p>Dia rela jadi miskin, supaya di dalam Dia kita menjadi kaya.</p>


<li>{{BibleVerseQuoteBox | Ibrani 12:2}} '''Dipermalukan - Dimuliakan'''</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | Ibr 12:2}} '''Dipermalukan &mdash; Dimuliakan'''</li>
Dia dipermalukan, supaya kita beroleh bagian dalam kemuliaan-Nya.
<p>Dia dipermalukan, supaya kita beroleh bagian dalam kemuliaan-Nya.</p>


<li>{{BibleVerseQuoteBox | Matius 27:46}} '''Penolakan - Penerimaan'''</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | Mat 27:46}} '''Penolakan &mdash; Penerimaan'''</li>
Dia terpisah dari Bapa-Nya, supaya kita diterima sebagai bagian dari keluarga Allah.
<p>Dia terpisah dari Bapa-Nya, supaya kita diterima sebagai bagian dari keluarga Allah.</p>


<li>{{BibleVerseQuoteBox | Galatia 3:13-14}} '''Kutuk - Berkat'''</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | Gal 3:13-14}} '''Kutuk &mdash; Berkat'''</li>
Dia menanggung semua kutuk dosa, supaya di dalam Dia kita diberkati.
<p>Dia menanggung semua kutuk dosa, supaya di dalam Dia kita diberkati.</p>
</ol>
</ol>


== Sakramen Perjamuan Kudus ==
== Sakramen Perjamuan Kudus ==
<blockquote class="blockquote">
{{blockquote/Ayat
<p class="mb-0">'''''Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam la diserahkan, mengambil roti dan sesudah itu la mengucap syukur atasnya; la memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!"'''''</p>
| {{pmb0 | '''''Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam la diserahkan, mengambil roti dan sesudah itu la mengucap syukur atasnya; la memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!"'''''}}
<p class="mb-0">'''''Demikian juga la mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!" Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai la datang.'''''</p>
{{pmb0 | '''''Demikian juga la mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!"'''''}}
&mdash; {{sabdaweb2v |1 Korintus 11:23-26}}
'''''Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai la datang.'''''
</blockquote>
| {{sabdaweb2v |1 Korintus 11:23-26}}
}}


{| class="table table-borderless table-sm"
<ol class="list-kom">
|-
<li>'''Sebagai tanda dan meterai perjanjian Allah'''</li>
| 1. || '''Sebagai tanda dan meterai perjanjian Allah'''
{{pmb0 | Dengan mengadakan sebuah tanda, Allah memberikan jaminan akan rahmat-Nya.}}
<p style="margin-bottom: 0;">Dengan mengadakan sebuah tanda, Allah memberikan jaminan akan rahmat-Nya.</p>
<ol class="list-kom" style="list-style-type: lower-alpha;">
<ol class="list-kom" style="list-style-type: lower-alpha;">
<li>'''Darah''' di ambang pintu sebagai tanda perlindungan Allah bagi umat Israel. ({{sabdaweb2v| Keluaran 12:13}})</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | Kel 12:13}} '''Darah''' di ambang pintu sebagai tanda perlindungan Allah bagi umat Israel.</li>
<li>'''Perayaan Paskah''' sebagai tanda perjanjian yang diadakan Allah dengan bangsa Israel. ({{sabdaweb2v| Ulangan 16:1}})</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | Ul 16:1}} '''Perayaan Paskah''' sebagai tanda perjanjian yang diadakan Allah dengan bangsa Israel. </li>
<li>'''Roti dan Anggur''' sebagai lambang tubuh dan darah Yesus yang dipecah-pecahkan dan tercurah.</li>
<li>'''Roti dan Anggur''' sebagai lambang tubuh dan darah Yesus yang dipecah-pecahkan dan tercurah.</li>
</ol>
</ol>


|-
<li>'''Empat pandangan mengenai Perjamuan Kudus'''</li>
| 2. || '''Tiga pandangan mengenai perjamuan'''
<ol class="list-kom" style="list-style-type: lower-alpha;">
<ol class="list-kom" style="list-style-type: lower-alpha;">
<li>'''Transubstansiasi'''</li>
<li>'''Transubstansiasi (''Transubstantiation'')'''</li>
Roti dan anggur berubah menjadi tubuh dan darah Yesus secara fisik setelah didoakan.
<p>Roti dan anggur berubah menjadi tubuh dan darah Yesus secara fisik setelah didoakan.</p>
 
<li>'''Ordinansio (''Memorialisme'') '''</li>
<p>Roti dan anggur hanya sebagai tanda peringatan pengorbanan tubuh dan darah Yesus, tidak ada berkat di dalamnya.</p>


<li>'''Ordinansio'''</li>
<li>'''Konsubstansiasi (''Consubstantiation'')'''</li>
Roti dan anggur hanya sebagai tanda peringatan pengorbanan tubuh dan darah Yesus, tidak ada berkat di dalamnya.
<p>Mengajarkan bahwa tidak ada perubahan molekul menjadi daging dan darah, tetapi tubuh dan darah Kristus ada “di dalam, bersama-sama dan di bawah tanda” roti dan anggur.</p>


<li>'''Konsubstansiasi'''</li>
<li>'''Pandangan Calvin'''</li>
Roti dan anggur sebagai tanda peringatan pengorbanan tubuh dan darah Yesus. Di dalamnya mengandung berkat karena ketaatan kita melakukannya. Di dalam perjamuan kudus, terjadi persekutuan antara orang percaya dengan Tuhan dan dengan sesama.
<p>Mengajarkan bahwa Yesus hadir di dalam Perjamuan Kudus bukan secara fisik/daging, namun secara rohani.</p>
* '''Tanda lahiriah''', tanda yang kelihatan (''visible sign'').
* '''Tanda rohaniah''', sebagai anugerah rohani dan dimeteraikan.
* '''Penyatuan''' antara tanda rohani dengan tanda lahiriah.
</ol>
</ol>


Sakramen Perjamuan Kudus dilakukan sebagai tindakan iman menerima roh dan anggur sebagai tubuh dan darah Kristus (konsubstansiasi).
{{pmb0|Dalam Perjamuan Kudus, kita memahami bahwa roti dan anggur merupakan tanda peringatan pengorbanan tubuh dan darah Yesus. TUHAN hadir melalui Roh Kudus di dalam Perjamuan Kudus.}}


Pandangan yang diakui oleh [[Sinode Gereja Bethel Indonesia]] adalah Konsubstansiasi.
<p>{{BibleVerseQuoteBox | 1 Kor 11:23-25}} Berkat-berkat rohani (seperti Kesembuhan Ilahi) diterima dengan iman oleh pihak yang mengambil bagian di dalam Perjamuan Kudus tersebut.</p>
|-
 
| 3. || '''Makna rohani dari Perjamuan Kudus'''
<li>'''Makna rohani dari Perjamuan Kudus'''</li>
<ol class="list-kom" style="list-style-type: lower-alpha;">
<ol class="list-kom" style="list-style-type: lower-alpha;">
<li>'''Persekutuan dengan Allah dan Sesama''' ({{sabdaweb2v | 1 Korintus 10:16}})</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | 1 Kor 10:16}} '''Persekutuan dengan Allah dan sesama'''</li>
* Menyatukan jemaat dengan kematian Yesus Kristus.
* Menyatukan jemaat dengan kematian Yesus Kristus.
* Menyatukan iman kepada Yesus dengan bukti mengaplikasikan kasih Allah kepada jemaat lain dalam gereja Tuhan (sesama anggota Tubuh Kristus).
* Menyatukan iman kepada Yesus dengan bukti mengaplikasikan kasih Allah kepada jemaat lain dalam gereja Tuhan (sesama anggota Tubuh Kristus).
<li>'''Peringatan kematian Kristus''' ({{sabdaweb2v | 1 Korintus 11:24-25}})</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | 1 Kor 11:24-25}} '''Peringatan kematian Kristus dan kedatangan-Nya yang kedua'''</li>
<li>'''Pemberitaan Injil''' ({{ sabdaweb2v | 1 Korintus 11:26}})</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | 1 Kor 11:26}} '''Pemberitaan Injil'''</li>
<li>'''Ucapan syukur''' ({{ sabdaweb2v | 1 Korintus 10:16}})</li>
<li>{{BibleVerseQuoteBox | 1 Kor 10:16}} '''Ucapan syukur'''</li>
<li>'''Mendorong ke arah pertobatan'''</li>
<li>'''Mendorong ke arah pertobatan'''</li>
</ol>
</ol>
|}
</ol>


== Diskusi ==
== Diskusi ==
Baris 115: Baris 124:
Tulislah kesaksian Anda saat mengalami berkat kuasa salib Kristus!
Tulislah kesaksian Anda saat mengalami berkat kuasa salib Kristus!


{{blockquote/Famous
| ''"The crucifixion of Christ, next to His incarnation, are the most significant events in the entire Human history. Not only liberating those who came after, but fulfilling the expectation of those who came before."''
| Abraham Lalamentik
}}


<blockquote class="blockquote">
{{blockquote/Famous
<p class="mb-0">''"The crucifixion of Christ, next to His incarnation, are the most significant events in the entire Human history. Not only liberating those who came after, but fulfilling the expectation of those who came before."''</p>
| ''“In times of illness, loneliness, or low spirits, seek Him in His world and rest in His promises.''
&mdash; Abraham Lalamentik
| David Jeremiah
</blockquote>
}}


==Sumber==
==Sumber==
* {{cite book
* {{cite book
  | last = Divisi Pengajaran
| last = Abraham Lalamentik dan Tim
  | first =  
| first =  
  | authorlink = Pengajaran
| authorlink = Abraham Lalamentik
  | title = '''KOM Seri 100 Pencari Tuhan'''
| editor = Robbyanto Tenggala
  | publisher = GBI Jalan Gatot Subroto - Senayan
| title = '''''The Seeker'''''
  | location = Jakarta
| publisher = GBI Jalan Gatot Subroto
  | chapter = ''130.3 Kuasa Salib Kristus''
| location = Jakarta
  | month = Juni
| chapter = ''130.3 Kuasa salib Kristus''
  | year = 2018
| month = Juli
  | edition = 25, Juni 2018
| year = 2024
  | id = ISBN 979-3571-05-5
| edition = 4 (ebook)
| id = ISBN 978-979-3571-16-4
}}
}}

Revisi terkini sejak 28 September 2024 09.48

... dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib.

Kolose 2:14

Kol 2:15

Tujuan

Peserta memahami dan mengalami dampak dari karya Kristus di kayu salib.

Ul 21:23; Gal 3:13 Menurut tradisi, hukuman salib/penyaliban adalah bentuk hukuman mati bagi orang yang dikutuk oleh Allah. Begitu kejinya sehingga bangsa Ibrani tidak mengenal kata ‘salib’, hanya dikenal kata ‘pohon’ atau ‘tiang’.

Berdasarkan hukum Romawi, hukuman salib dijatuhkan kepada seseorang yang dianggap bersalah karena telah melakukan pelanggaran subversif, yaitu pemberontakan, penghinaan, penyelewengan atau makar terhadap pemerintah yang sah, dalam hal ini Kaisar Romawi.

Tuduhan tersebut dikenakan kepada Tuhan Yesus sehubungan dengan pengakuan diri-Nya sebagai raja orang Yahudi, padahal saat itu bangsa Yahudi sedang berada dalam penjajahan imperium Romawi.

Mengapa harus Yesus?

  1. Yes 53:3-10 Menggenapi nubuatan
  2. 1 Pet 1:19; Ibr 9:22 Darah-Nya tidak bercela, mulia, dan berharga
  3. 2 Kor 5:21 Dia tidak berdosa
  4. Yoh 3:16; Kis 2:22-23 Rencana Bapa bagi dunia

Makna salib Kristus

  1. Kis 2:36 Meneguhkan Yesus sebagai Tuhan dan Kristus
  2. Ibr 10:9 Taurat digenapi dan Perjanjian Baru dimulai
  3. Ibr 2:14 Oleh kematian-Nya kuasa iblis dimusnahkan

Delapan pertukaran besar di kayu salib

  1. 2 Kor 5:21 Hukuman — Penebusan
  2. Dia menanggung hukuman kita, supaya tersedia penebusan atas dosa-dosa kita.

  3. Yes 53:4; Matius 8:17 Penyakit — Kesembuhan
  4. Dia menanggung semua penyakit kita, supaya kita memperoleh kesembuhan.

  5. 2 Kor 5:21 Bersalah – Dibenarkan
  6. Dia menanggung dosa-dosa kita, supaya kita dapat dibenarkan.

  7. Rom 6:23 Maut — Hidup
  8. Dia menempuh maut, supaya kita luput dari maut.

  9. 2 Kor 8:9 Miskin — Kaya
  10. Dia rela jadi miskin, supaya di dalam Dia kita menjadi kaya.

  11. Ibr 12:2 Dipermalukan — Dimuliakan
  12. Dia dipermalukan, supaya kita beroleh bagian dalam kemuliaan-Nya.

  13. Mat 27:46 Penolakan — Penerimaan
  14. Dia terpisah dari Bapa-Nya, supaya kita diterima sebagai bagian dari keluarga Allah.

  15. Gal 3:13-14 Kutuk — Berkat
  16. Dia menanggung semua kutuk dosa, supaya di dalam Dia kita diberkati.

Sakramen Perjamuan Kudus

Sebab apa yang telah kuteruskan kepadamu, telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam la diserahkan, mengambil roti dan sesudah itu la mengucap syukur atasnya; la memecah-mecahkannya dan berkata: "Inilah tubuh-Ku yang diserahkan bagi kamu; perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku!"

Demikian juga la mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata: "Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan oleh darah-Ku; perbuatlah ini, setiap kali kamu meminumnya, menjadi peringatan akan Aku!"

Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum cawan ini, kamu memberitakan kematian Tuhan sampai la datang.

1 Korintus 11:23-26

  1. Sebagai tanda dan meterai perjanjian Allah
  2. Dengan mengadakan sebuah tanda, Allah memberikan jaminan akan rahmat-Nya.

    1. Kel 12:13 Darah di ambang pintu sebagai tanda perlindungan Allah bagi umat Israel.
    2. Ul 16:1 Perayaan Paskah sebagai tanda perjanjian yang diadakan Allah dengan bangsa Israel.
    3. Roti dan Anggur sebagai lambang tubuh dan darah Yesus yang dipecah-pecahkan dan tercurah.
  3. Empat pandangan mengenai Perjamuan Kudus
    1. Transubstansiasi (Transubstantiation)
    2. Roti dan anggur berubah menjadi tubuh dan darah Yesus secara fisik setelah didoakan.

    3. Ordinansio (Memorialisme)
    4. Roti dan anggur hanya sebagai tanda peringatan pengorbanan tubuh dan darah Yesus, tidak ada berkat di dalamnya.

    5. Konsubstansiasi (Consubstantiation)
    6. Mengajarkan bahwa tidak ada perubahan molekul menjadi daging dan darah, tetapi tubuh dan darah Kristus ada “di dalam, bersama-sama dan di bawah tanda” roti dan anggur.

    7. Pandangan Calvin
    8. Mengajarkan bahwa Yesus hadir di dalam Perjamuan Kudus bukan secara fisik/daging, namun secara rohani.

    Dalam Perjamuan Kudus, kita memahami bahwa roti dan anggur merupakan tanda peringatan pengorbanan tubuh dan darah Yesus. TUHAN hadir melalui Roh Kudus di dalam Perjamuan Kudus.

    1 Kor 11:23-25 Berkat-berkat rohani (seperti Kesembuhan Ilahi) diterima dengan iman oleh pihak yang mengambil bagian di dalam Perjamuan Kudus tersebut.

  4. Makna rohani dari Perjamuan Kudus
    1. 1 Kor 10:16 Persekutuan dengan Allah dan sesama
      • Menyatukan jemaat dengan kematian Yesus Kristus.
      • Menyatukan iman kepada Yesus dengan bukti mengaplikasikan kasih Allah kepada jemaat lain dalam gereja Tuhan (sesama anggota Tubuh Kristus).
    2. 1 Kor 11:24-25 Peringatan kematian Kristus dan kedatangan-Nya yang kedua
    3. 1 Kor 11:26 Pemberitaan Injil
    4. 1 Kor 10:16 Ucapan syukur
    5. Mendorong ke arah pertobatan

Diskusi

  1. Berkat apakah yang kita peroleh dari peristiwa penyaliban Kristus?
  2. Berkat apakah yang kita peroleh dari sakramen Perjamuan Kudus?

Proyek ketaatan

Tulislah kesaksian Anda saat mengalami berkat kuasa salib Kristus!

"The crucifixion of Christ, next to His incarnation, are the most significant events in the entire Human history. Not only liberating those who came after, but fulfilling the expectation of those who came before."

— Abraham Lalamentik

“In times of illness, loneliness, or low spirits, seek Him in His world and rest in His promises.”

— David Jeremiah

Sumber

  • Abraham Lalamentik dan Tim (Juli 2024). "130.3 Kuasa salib Kristus". Editor Robbyanto Tenggala. The Seeker (edisi ke-4 (ebook)). Jakarta: GBI Jalan Gatot Subroto. ISBN 978-979-3571-16-4.