Renungan khusus

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

Renungan khusus merupakan artikel warta yang diterbitkan oleh Tim Teologi/Pengajaran GBI Jalan Gatot Subroto.

Kehilangan kesempatan karena kehilangan integritas
RK.jpg
Renungan khusus
Tanggal25 Juli 2021
PenulisDony LubiantoPdm Dr Dony Lubianto, MTh
Sebelumnya
Kesempatan belum tentu datang dua kali! Ungkapan ini mengingatkan kita untuk mempergunakan kesempatan yang TUHAN berikan sebaik mungkin. Kehilangan kesempatan terjadi bukan hanya karena kita tidak jeli melihat kesempatan yang datang, kurang berusaha dengan keras untuk memanfaatkannya, tapi juga karena kita kehilangan integritas, saat ujian integritas datang mendahului kesempatan yang TUHAN sedang dan akan berikan.

Elisa dan Gehazi memulai pelayanan dengan status dan posisi yang sama yakni sebagai apprentice student (baca: abdi/pelayan) dari seorang nabi Perjanjian Lama yang dipakai TUHAN dengan dahsyat:

Namun sekalipun keduanya memulai dari posisi yang sama, tapi akhir pelayanannya jauh berbeda.

Selama mengikuti Elia, Alkitab tidak pernah mencatat Elisa melakukan hal yang tidak patut, hal yang bertentangan dengan kebenaran. Dalam bahasa sehari-hari, Elisa tipikal pelayan yang 'lurus-lurus' saja. Elisa dengan tekun mengiring Elia sambil memperhatikan dan belajar langsung dengan melihat praktek dan keteladanan Elia. Hingga satu saat ketika tiba waktunya Elia akan diangkat ke sorga, dengan penuh gairah Elisa meminta "dua bagian dari roh Elia" artinya mengklaim hak sebagai anak rohani yang sulung dan bagian warisan rohani dua kali lipat. Kita menyebutnya dengan meminta pengurapan dua kali lipat ganda (double portion).

Sebelumnya:

Lihat pula