Meninggalkan zona nyaman (9 Weeks of Breakthroughs) (Khotbah Pdt Sutadi Rusli)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Meninggalkan zona nyaman (9 Weeks of Breakthroughs)
Sutadi Rusli-20101107-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

Ringkasan Khotbah
KebaktianIbadah Raya
TanggalSabtu, 16 Oktober 2010
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatGraha Amal Kasih
KotaBogor
Meninggalkan zona nyaman
Buletin 9 Weeks of Breakthroughs.jpg
9 Weeks of Breakthroughs
PeriodeMinggu II
Tanggal16 Oktober 2010
OlehPdt Sutadi Rusli
SebelumnyaPokok doa II
SelanjutnyaPenghalang masuk ke zona yang baru (Pdt David Sulardi)
Buletin #04

Shalom Bapak dan Ibu, Saudara yang dikasihi Tuhan, ini adalah hari Sabtu yang kedua, kita boleh berada dalam 9 Weeks of Breakthroughs bersama-sama, saya percaya semua tetap antusias dalam Tuhan kita yang luar biasa.

Kita sudah mengawali pada hari Sabtu, 9 Oktober 2010 dan kita akan terus sampai 18 Desember 2010. Secara cepat saya mau mengulangi, mungkin ada Saudara yang belum pernah hadir atau belum pernah membaca arti dari mengapa kita mengadakan wadah 9 Weeks of Breakthroughs ini. Saudara bagaimana Tuhan menuntun gereja kita untuk meninggal tahun 2010 dan memasuki tahun 2011, yang didasarkan pada 3 hal:

  • Tahun 2010 berbicara mengenai Tahun Pemulihan, Kelimpahan, dan Terobosan.
  • Sejak tahun 2009, saya juga sudah mengingatkan dalam khotbah-khotbah saya bahwa seorang hamba Tuhan yaitu Bapak Peter Wagner mengatakan bahwa suatu gereja, suatu umat Tuhan, yang melakukan sesuatu yang sungguh-sungguh pada waktu Tuhan suruh di dalam tahun 2010, maka ia akan membawa dampak yang luar biasa bukan hanya satu tahun ke depan tetapi sampai tahun 2020.
  • Kalender orang Yahudi berpindah pada 8 September 2010 beberapa minggu yang lampau, menjadi Tahun Ayin Aleph, berbicara mengenai 3 hal yaitu prioritas, unity, dan kerendahan hati.

Pada waktu Saudara mau memprioritaskan Tuhan, pada waktu kita duduk bersama-sama seperti ini dalam unity, dan kita duduk dalam satu kerendahan hati, kita percaya terobosan-terobosan, pemulihan, dan kelimpahan boleh terjadi dalam hidup Saudara.

Ada sesuatu yang menarik, beberapa hari yang lampau, saya mendapatkan artikel yang ditulis oleh Bapak Pdt Rick Warren, penulis Purpose Driven Live. Dia juga pada hari-hari ini sedang mempersiapkan umat-umat Tuhan yang digembalakannya, Saddleback Church, di Amerika Serikat, dalam dua bulan ini untuk mengalami terobosan rohani. Untuk mereka boleh mendapatkan dengan baik pada 10 tahun, sama dengan kita, sampai tahun 2020, adalah menjadi tahun-tahun yang terbaik.

Saudara harus tangkap ini. Untuk mendapatkan sampai dengan tahun 2020 akan menjadi tahun-tahun terbaik dalam setiap hidup Saudara dan saya. Dan supaya dalam perjalanan Saudara bisa menemukan tujuan hidup Saudara sebagaimana yang Tuhan inginkan.

Waktu kita duduk bersama-sama memasuki tahun 2011, maka Tuhan akan berbicara apa yang menjadi tujuan hidup yang sudah Tuhan tetapkan untuk setiap pribadi lepas pribadi. Tuhan punya rencana dalam hidup Saudara semua. Untuk itu, mungkin Saudara belum mengerti apa tujuan hidup setiap kita yang Tuhan inginkan untuk kita lakukan tahun-tahun ke depan. Biarlah waktu kita duduk bersama-sama dalam 9 Weeks of Breakthroughs ini Tuhan akan berbicara banyak dan menyingkapkan apa yang belum pernah kita mengerti. Itu akan Tuhan singkapkan hari-hari ini.

Kita juga sudah mendengar minggu lalu apa yang dibagikan oleh Saudara Pongky dan sudah ditulis dalam Buletin, seorang hamba Tuhan berkata, bahwa dalam 3 bulan September, Oktober, dan November ini, adalah bulan-bulan di mana Tuhan berbicara banyak kepada gereja-Nya. Untuk itu bukan satu kebetulan pada hari-hari ini kita sudah duduk bersama-sama, dan saya sangat yakin Saudara akan mendapatkan tuntunan mengenai apa yang Tuhan inginkan dalam hidup Saudara. Saudara tetap antusias, tetap mengasihi Tuhan dengan luar biasa? Amin! Mari kita sungguh-sungguh mau mengalami yang sesuatu yang sangat menerobos pada hari-hari ini.

Meninggalkan Zona Nyaman

Saudara, diambil dari Markus 1:35, menjadi dasar juga bagi 9 Weeks of Breakthroughs yaitu berbicara mengenai pagi-pagi benar, Tuhan Yesus pergi ke luar. Saya garis bawahi dan saya stabilo kata ke luar ini.

Ke luar berbicara mengenai pergi dari dalam ke luar dan meninggalkan. Pada waktu saya renungkan ayat-ayat ini, Tuhan mengingatkan kepada saya pribadi dan kepada kita semua pagi ini, bahwa Tuhan ingin Saudara meninggalkan zona kenyamanan Saudara.

Seekor induk rajawali menetaskan anak-anaknya di sarang, dan saat anak-anak ini sudah beranjak dewasa, dia tahu kapan harus melatih anak-anaknya menjadi rajawali-rajawali yang dewasa dan dapat terbang.

Apa yang dilakukan induk rajawali ini? Satu hari secara tiba-tiba, dia membongkar sarang tempat anak-anaknya itu. Mungkin anaknya bingung, induknya seperti kehilangan akal karena tiba-tiba saja sarang ini dibongkar dan dihancurkan. Dan Saudara bayangkan, anak-anak rajawali ini tidak punya lagi tempat untuk duduk, tinggal, dan berbaring, sehingga dia jatuh ke bawah. Pada waktu dia jatuh ke bawah dia akan mulai belajar untuk terbang. Waktu anak-anak ini tidak dapat terbang dan hampir jatuh ke tanah, dengan cepat si induk akan menyambar anaknya, dan membawa kembali ke atas, dan melatih anak ini supaya dapat terbang. Dan satu waktu kelak, anak rajawali ini bisa terbang dan menjadi dewasa.

Itu adalah keinginan Tuhan kita, Tuhan Yesus Kristus, supaya kita menjadi dewasa menghadapi hari-hari ke depan. Kita harus mengalami kedewasaan rohani pada hari-hari ke depan.

Saudara yang dikasihi Tuhan, Tuhan sedang mempersiapkan kita pada tahun 2010 ini untuk dibekali dengan pengurapan yang luar biasa supaya Saudara dimampukan bukan hanya sampai tahun 2011, tapi sampai tahun 2020. Untuk itu seringkali Tuhan izinkan agar zona-zona kenyamanan, di mana mungkin Saudara mungkin sudah nyaman berlindung dalam sarang-sarang itu, harus dibongkar dalam nama Yesus Kristus.

Saya tahu setiap pribadi, termasuk diri saya, ada hal-hal yang harus Tuhan bongkar karena kita masih jauh daripada kesempurnaan, kita masih banyak kekurangan, kita harus dibersihkan dalam nama Yesus Kristus. Kalau kita mau berbuah, kita harus dibersihkan dan makin dibersihkan.

Efesus 5:15-17, Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif, dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan.

Saudara, hari-hari ini adalah hari-hari yang jahat dan dunia bukan bertambah baik justru bertambah jahat. Untuk itu Tuhan ingatkan perhatikan apa yang menjadi kehendak Tuhan dalam hidup Saudara dan saya, adalah makin dewasa. Dan izinkanlah kalau pagi ini Tuhan ingin membersihkan dan membongkar sarang-sarang Saudara. Saudara buka hati. Saya tidak tahu apa zona kenyamanan Saudara pada hari-hari yang lalu.

Mungkin ada di antara Saudara yang nyaman untuk berselingkuh, mungkin Saudara nyaman dengan pasangan yang bukan pasangan yang resmi. Mungkin ada yang istrinya dua, atau malah suaminya tiga. Mungkin Saudara nyaman, sudah begitu lama melakukan perbuatan dosa itu, mungkin Saudara nyaman dengan perbuatan-perbuatan zinah, perbuatan-perbuatan yang melanggar kebenaran Firman Tuhan.

Saudara mungkin nyaman sudah bertahun-tahun tidak pernah mengembalikan haknya Tuhan yaitu persepuluhan. Saudara mungkin merasa nyaman dan rasanya tidak apa-apa. Saudara mungkin nyaman dengan perbuatan-perbuatan dosa, apa saja yang menjadi sarang Saudara di mana Saudara merasa nyaman. Pagi ini Tuhan mau Saudara bongkar sarang itu sendiri, jangan Tuhan yang membongkar karena kalau Tuhan yang bongkar seringkali itu akan menyakitkan. Tapi biarkanlah kita bongkar sendiri, kita lepaskan zona-zona kenyamanan kita.

Mungkin kita kehabisan waktu karena kita begitu habis waktu mencari uang, tidak ada kesempatan baca Alkitab, yang dibaca adalah invoice, tagihan, rekening koran, karena Saudara sudah cinta akan uang. Biarlah zona kenyamanan itu juga kita bongkar dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Mungkin Saudara tidak ada waktu lagi untuk berdoa, bersaat teduh, berdiam di bawah kaki Tuhan. Mungkin itu zona kenyamanan Saudara. Mungkin ada begitu banyak hal yang Saudara lakukan, sehingga Saudara menjadi sangat sibuk, Saudara banyak bepergian, banyak melakukan aktivitas-aktivitas, termasuk juga di dalam pelayanan, sehingga kita tidak punya waktu lagi yang berharga yang dapat Saudara berikan bagi Tuhan, yaitu waktu yang Tuhan berikan untuk kita.

Apa yang selama ini mengikat hidup Saudara? Saudara bercermin pada Firman Tuhan, Saudara akan melihat apa yang ternyata Saudara sudah menyimpang, yang menyebabkan kita menjadi nyaman, sehingga kita tidak mengalami terobosan, kelimpahan, dan pemulihan dalam hidup kita.

Mungkin zona kenyamanan kita adalah hobi kita, kesibukan-kesibukan, apa pun juga, mungkin Saudara rasanya malas untuk bangun pagi berdoa, sehingga kita tidak mengalami terobosan.

Mungkin zona kenyamanan Saudara adalah suka marah, mengikat juga sehingga kita memiliki temperamen pemarah, sakit hati juga bisa menjadi satu zona kenyamanan, kebencian, iri hati, apa pun, artinya sesuatu yang Saudara simpan, yang Saudara sulit untuk lepaskan, mari kita mau lepaskan pagi hari ini.

Biarlah zona-zona nyaman ini kita bongkar. Tinggalkan di kaki Tuhan Yesus Kristus dan Saudara akan dilepaskan dalam nama Yesus Kristus. Saudara akan mengalami kelepasan pada hari-hari ke depan dan kita melihat terobosan sungguh terjadi dalam hidup kita pribadi lepas pribadi.

Amin.


9 Weeks of Breakthroughs
Artikel topik Pesan Tuhan Pokok doa
Perihal

• Fakta singkat • Intro • Bersiap untuk terobosan

• Daftar pokok doa

Minggu I

• 7 pesan awal • Pesan profetik

• Jangan mengulangi kesalahan yang sama dengan bangsa Israel! • Pesan profetik 5771 • Tetap rajin • 7 pesan Tuhan kepada Yosua

• Pokok doa I

Minggu II

• Generasi Penerobos • Panggilan puasa

• Meninggalkan zona nyaman • Penghalang masuk ke zona yang baru

• Pokok doa II

Minggu III

• Terobosan iman Rahab • Iman yang menyelamatkan • Kasih karunia Allah dan iman orang percaya

• Ketekunan dan konsistensi dalam iman • Iman, keberanian, dan hikmat • Iman yang menyelamatkan

• Pokok doa III

Minggu IV

• Kuduskanlah dirimu! • Sakramen Baptisan Air

• Persiapkan jalan untuk Tuhan • Beribadah menurut cara yang berkenan • Kuduskanlah dirimu! • Dipulihkan dengan hati dan roh yang baru

• Pokok doa IV

Minggu V

• Perbuatlah ini menjadi peringatan akan Aku • Sakramen Perjamuan Kudus

• Peperangan dan penuaian • Musim yang baru • Warisan iman orang percaya

Minggu VI

• Persiapan rohani (sebelum memasuki peperangan) • Prinsip dalam mengikuti tuntunan Tuhan • Panglima Balatentara TUHAN

• Pesan profetik: Lebih dari pemenang • Langkah mengalami terobosan • Kuasa Salib • Persiapan rohani meruntuhkan tembok Yerikho

Minggu VII

• Lebih dari pemenang! • Senjata dalam peperangan rohani

• Lakukan bagian kita! • Runtuhnya tembok Yerikho

Minggu VIII

• Jangan sampai menyimpang! • Prajurit pendoa syafaat

• Karakter yang taat, teguh, dan jujur • Jangan berubah setia!

• Pokok doa VIII

Minggu IX

• Sudah digenapi! • Ringkasan 8 minggu terobosan

• Tanggung jawab dan kepercayaan dari Tuhan • 7 pesan terakhir Yosua

• Pokok doa IX