Api yang memurnikan

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

Lihat, Aku menyuruh utusan-Ku, supaya ia mempersiapkan jalan di hadapan-Ku! Dengan mendadak Tuhan yang kamu cari itu akan masuk ke bait-Nya! Malaikat Perjanjian yang kamu kehendaki itu, sesungguhnya, Ia datang, firman TUHAN semesta alam. Siapakah yang dapat tahan akan hari kedatangan-Nya? Dan siapakah yang dapat tetap berdiri, apabila Ia menampakkan diri? Sebab Ia seperti api tukang pemurni logam dan seperti sabun tukang penatu. Ia akan duduk seperti orang yang memurnikan dan mentahirkan perak; dan Ia mentahirkan orang Lewi, menyucikan mereka seperti emas dan seperti perak, supaya mereka menjadi orang-orang yang mempersembahkan korban yang benar kepada TUHAN. (Maleakhi 3:1-3)

Allah sedang membangkitkan sebuah generasi yang terdiri dari orang-orang yang akan menyatakan kemuliaan-Nya, bukan diri mereka sendiri. Orang-orang yang dibentuk serupa dengan Dia dan berjalan dengan Karakter Ilahi. Generasi ini adalah generasi yang telah dimurnikan oleh Tuhan.

Arti dari pemurnian adalah; membersihkan secara menyeluruh atau bersih dan bebas dari ketidakmurnian. Dewasa ini, perkara-perkara dunia telah masuk ke dalam kehidupan banyak orang percaya. Kita orang percaya seringkali diinfiltrasi budaya dunia yang banyak menimbulkan bercak-bercak. Kebanyakan dari kita sebagai orang percaya tidak peka dan tidak menyadari perlunya pemurnian. Maleakhi 3:3 mengatakan bahwa Tuhan akan memurnikan gereja-Nya dari pengaruh dunia , seperti seseorang yang memurnikan emas dengan api. Api seperti apakah yang Tuhan pakai untuk memurnikan kita gereja-Nya? Dalam I Petrus 1:6-7 dikatakan “Bergembiralah akan hal itu, sekalipun sekarang ini kamu seketika harus berdukacita oleh berbagai-bagai pencobaan. Maksud semuanya itu ialah untuk membuktikan kemurnian imanmu--yang jauh lebih tinggi nilainya dari pada emas yang fana, yang diuji kemurniannya dengan api--sehingga kamu memperoleh puji-pujian dan kemuliaan dan kehormatan pada hari Yesus Kristus menyatakan diri-Nya.” Api yang dipakai Allah untuk memurnikan adalah berbentuk pengujian. Panas yang ditimbulkannya memisahkan kekotoran kita dari Karakter Ilahi dalam hidup kita. Bila kita telah dimurnikan lewat kesulitan-kesulitan yang berat, kita akan menjadi transparan!

Biarlah ini menjadi jeritan hati kita, menjadi murni dan transparan. Bila kita meminta Allah memurnikan kita, Ia akan menyingkirkan kekotoran yang tersembunyi dari hadapan mata kita. Allah mengetahui pikiran dan maksud-maksud yang terdalam bagi kita meskipun kita tidak mengetahuinya. Jadi, sadarilah saat dan musimnya ini secara rohani. Pada saat ujian yang berat datang jangan marah, tetapi pandanglah tujuan dibalik ujian itu.

Selidikilah hati Anda dan ijinkan Allah untuk menyingkirkan semua yang tidak mulia. Ingat, pemurnian memperkuat apa yang baik dan melenyapkan apa yang membuat Anda lemah dan mengotori hidup Anda! Bersedialah untuk dimurnikan supaya Anda menjadi perkakas yang mulia yang dapat menyatakan Kemuliaan Tuhan Yesus Kristus. Haleluya!

Sumber