Ciri-ciri orang yang dipenuhi Roh Kudus

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

"Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh." (Efesus 5:18)

Orang-orang yang hidupnya dikuasai dan dikendalikan oleh Roh Kudus akan memperlihatkan beberapa ciri yang jelas. Ada perbedaan bila dibandingkan dengan orang-orang yang tidak dipenuhi Roh Kudus.

Rasul Paulus di sini membandingkan orang yang penuh Roh Kudus dengan orang mabuk. Apa maksudnya? Orang yang sedang mabuk akan memperlihatkan ciri-ciri tertentu karena sedang berada di bawah pengaruh alkohol. Misalnya, jalannya sempoyongan, bicaranya ngawur.

Demikian juga dengan orang yang penuh dengan Roh Kudus. Ada ciri-ciri tertentu yang nampak jelas dan dapat dilihat oleh orang lain.

"dan berkata-katalah seorang kepada yang lain dalam mazmur, kidung puji-pujian dan nyanyian rohani. Bernyanyi dan bersoraklah bagi Tuhan dengan segenap hati. Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita." Efesus 5:19-20

Salah satu ciri dari orang yang penuh Roh Kudus adalah bahwa orang itu suka sekali berdoa, memuji dan menyembah kepada Tuhan. Seperti sebuah sungai yang terus mengalir keluar dari dalam hatinya. Bahkan di tengah situasi yang sulit dan menderita orang itu akan tetap mengucap syukur kepada Tuhan.

Hidupnya begitu diliputi oleh hadirat Tuhan sehingga di tengah keadaan sesukar apapun ia dapat melihat tangan Tuhan yang terus menopangnya dan memberikan kekuatan baru kepadanya.
Alkitab berkata bahwa hari-hari ini adalah jahat dan berbahaya. Kejahatan dan bencana sedang merajalela dimana-mana. Banyak orang tidak mengerti apa yang sedang terjadi. Banyak yang hatinya menjadi pahit dan putus asa.

Di tengah keadaan seperti ini Tuhan sedang membangkitkan umat yang berdoa, memuji dan menyembah untuk menjadi saksi kepada orang lain bahwa di tengah berbagai goncangan yang sedang terjadi ada Kerajaan Allah yang tidak tergoncangkan. Tuhan Yesus hidup dan dapat memulihkan kehidupan siapa saja yang mau percaya kepada-Nya.
Apakah hidup kita memperlihatkan ciri-ciri orang yang penuh dengan Roh Kudus? Jika tidak mari kita meminta agar Tuhan memenuhi kita dengan pengurapan yang baru.

Sumber