Menanam gereja baru (Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Revisi sejak 19 September 2022 21.57 oleh Leo (bicara | kontrib) (Penggantian teks - "== Video == {{ videoclip" menjadi "{{ videoclip | title=Video | headingno=2")
Lompat ke: navigasi, cari

Pada tanggal 17-19 Mei 2022 di SICC Tower lantai 11, diadakan peringatan hari ulang tahun World Prayer Assembly (WPA) yang ke-10.

Pada tanggal 17-19 Mei 2022 di SICC Tower lantai 11, diadakan peringatan hari ulang tahun World Prayer Assembly (WPA) yang ke-10. WPA yang pertama diadakan di SICC (Sentul International Convention Center) pada tahun 2012, dengan tema The New Wave is Coming. Ayat emasnya dari Habakuk 2:14, yaitu:

“Sebab bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan TUHAN, seperti air yang menutupi dasar laut.”

Pengertian yang saya dapatkan adalah bahwa WPA tahun 2012 yang pertama ini mendeklarasikan akan datangnya suatu gelombang yang baru dari pencurahan Roh Kudus. Ini akan terjadi secara besar-besaran dan akan memenuhi seluruh bumi.

Setelah WPA yang pertama ini selesai, saya masuk dalam proses Tuhan selama sekitar 6 bulan. Saya baru tahu bahwa ini merupakan persiapan bagi saya untuk mendeklarasikan tentang dimulainya Pentakosta yang Ketiga dalam konferensi Empowered 21 di SICC Indonesia pada tahun 2013. Jadi sekitar 1 tahun setelah diadakannya WPA yang pertama.

Saya baru mengerti, bahwa Habakuk 2:14 yang berkata: “Sebab bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan TUHAN, seperti air yang menutupi dasar laut”, itu sebenarnya merupakan dasar pengertian tentang Pentakosta yang Ketiga.

Pentakosta Ketiga

Pengertian Pentakosta Ketiga adalah sebagai berikut:

  1. Pentakosta Ketiga adalah Pencurahan Roh Kudus yang dahsyat di zaman ini melebihi yang terjadi di Azusa Street.
  2. Pentakosta Ketiga akan mengakibatkan penuaian jiwa yang terbesar dan yang terakhir sebelum Tuhan Yesus datang kembali.
  3. Pentakosta Ketiga akan membangkitkan generasi Yeremia, yaitu anak-anak muda yang dipenuhi Roh Kudus, cinta mati-matian kepada Tuhan Yesus, tidak kompromi terhadap dosa, dan akan bergerak untuk memenangkan jiwa.
  4. Pentakosta Ketiga lahir di Indonesia dan bergerak ke bangsa-bangsa. Gerakan ini dari Timur ke Barat dan akan kembali ke Yerusalem.
  5. Pentakosta Ketiga akan memberikan kuasa untuk menyelesaikan Amanat Agung dan setelah itu Tuhan Yesus datang kembali.

Karena itu pengertian yang Tuhan berikan tentang hari ulang tahun WPA yang ke-10 ini adalah bahwa HUT WPA ke-10 ini merupakan gong dimulainya pencurahan Roh Kudus yang dahsyat dari Pentakosta yang ketiga. Ini berarti masa penuaian jiwa yang terbesar dan yang terakhir sedang terjadi.

Pada waktu Tuhan Yesus ditanya oleh murid-murid-Nya tentang tanda kedatangan-Nya dan tanda kesudahan dunia ini, Tuhan Yesus menjawab dan salah satunya terdapat dalam Matius 24:14 yang berkata:

“Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya.”

Tuhan Yesus pasti datang kembali, karena itu Tuhan Yesus memberikan Amanat Agung kepada kita, agar kita pergi dan menjadikan semua bangsa sebagai murid Tuhan Yesus. Untuk menyelesaikan Amanat Agung tidak bisa dengan kekuatan sendiri, tetapi harus dengan kuasa Roh Kudus.

Hal ini seperti pesan terakhir dari Tuhan Yesus sebelum naik ke sorga kepada murid-murid-Nya, di mana ini juga pesan kepada kita semua sebagai murid-murid-Nya, yang terdapat dalam Kisah Para Rasul 1:8 yang berkata:

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Setelah Tuhan Yesus terangkat ke sorga, 120 murid berkumpul di kamar loteng di Yerusalem. Apa yang mereka lakukan? Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama. Jadi mereka berdoa, memuji, dan menyembah Tuhan dalam unity siang dan malam. Ini adalah prinsip Restorasi Pondok Daud. Ini adalah prinsip Menara Doa. Setelah 10 hari mereka melakukan ini, pada hari raya Pentakosta, Roh Kudus turun memenuhi mereka. Mereka diberi kuasa untuk menyelesaikan Amanat Agung. Peristiwa ini disebut sebagai Pentakosta yang Pertama.

Pentakosta yang pertama ini dahsyat. Mengapa? Karena dalam kurun waktu beberapa ratus tahun, sekitar 70% dari dunia yang dikenal pada waktu itu, yaitu yang berada di bawah pemerintahan Kekaisaran Romawi; menjadi Kristen. Pertanyaannya: Apakah Amanat Agung sudah selesai? Jawabannya: "Belum."

Karena itu pada tahun 1906, Roh Kudus kembali dicurahkan di Azusa Street. Hamba Tuhan yang bernama William Seymour dipakai Tuhan. Peristiwa ini disebut sebagai Pentakosta yang Kedua. Pentakosta yang Kedua ini juga dahsyat. Mengapa? Karena melahirkan gerakan Pentakosta dan Kharismatik. Saat ini ada sekitar 700 juta orang yang diberdayakan oleh Roh Kudus. Pertanyaannya: Apakah Amanat Agung sudah selesai? Jawabannya: "Belum."

Karena itu hari-hari ini Roh Kudus kembali dicurahkan dengan dahsyatnya. Peristiwa pencurahan Roh Kudus ini disebut sebagai Pentakosta yang Ketiga. Saya percaya dengan Pentakosta yang Ketiga ini Amanat Agung akan selesai dan Tuhan Yesus datang kembali. Perlu diperhatikan bahwa tugas utama kita adalah untuk menyelesaikan Amanat Agung dengan kuasa Roh Kudus Pentakosta yang Ketiga.

Nyanyi:
Curahkanlah kuasa-Mu, Tuhan
Mujizat terjadi di tempat ini
Curahkanlah kuasa-Mu, Tuhan
Mujizat terjadi sekarang ini

Curahkanlah kuasa-Mu, Tuhan
Mujizat terjadi di tempat ini
Curahkanlah kuasa-Mu, Tuhan
Mujizat terjadi sekarang ini

Coda
Mujizat terjadi sekarang ini
Mujizat terjadi sekarang ini

Pesan Tuhan melalui WPA

Melalui hari ulang tahun WPA yang ke-10 ini, Tuhan memberikan tiga pesan yang sangat kuat.

  1. Pesan dari Rick Ridings
  2. Rick Ridings, hamba Tuhan dari menara doa Succat Hallel, Yerusalem, memberikan kunci antik dari Kota Tua Yerusalem kepada saya. Rick Ridings bernubuat bahwa kunci antik dari Kota Tua Yerusalem ini untuk mengakui, bahwa Tuhan telah menaruh kunci Daud di atas bahu saya, untuk membuka pintu gerbang agar kemuliaan Tuhan bisa kembali ke Yerusalem dari Timur, dalam hal ini dari Indonesia. Kalau saya berbicara kunci ini diberikan kepada saya, artinya diberikan kepada kita semua.

    Nubuatan ini sesuai dengan nubuatan dari Cindy Jacobs yang diucapkan di SICC pada tahun 2018 dalam Konferensi Empowered21. Cindy Jacobs bernubuat bahwa saya adalah Messenger of The Third Pentecost. Gerakan ini dari Timur ke Barat dan akan kembali ke Yerusalem.

    Saya percaya hari-hari ini gerakan dari Pentakosta Ketiga sedang bergerak dari Timur ke Barat dan akan kembali ke Yerusalem. Haleluya!

  3. Pesan mengenai Hari Pentakosta Tahun 2033
  4. Pesan ini diperkatakan oleh tiga hamba Tuhan yang mewakili tiga aliran Kekristenan yaitu Pentakosta, Baptis dan Anglikan.

    1. Pesan Billy Wilson dari aliran Pentakosta, mewakili Empowered21 dan Oral Roberts University (ORU) menyampaikan visi dari Empowered21.
    2. Dia mengatakan bahwa setiap orang di muka bumi ini akan diberi kesempatan untuk mengalami perjumpaan secara otentik dengan Tuhan Yesus Kristus, melalui kuasa dan kehadiran Roh Kudus di hari Pentakosta tahun 2033.

      Harap diperhatikan bahwa ini tidak berarti yang berjumpa dengan Tuhan Yesus pasti percaya kepada Dia, tetapi mereka diberi kesempatan untuk memilih percaya atau tidak.

    3. Pesan Rick Warren, seorang pendeta senior Gereja Saddleback, California Selatan dari denominasi Southern Baptist Convention, juga berbicara tentang Pentakosta tahun 2033.
    4. Ia berkata tahun 2033 adalah sebagai goal/tujuan/target untuk menyelesaikan Amanat Agung.

      Mengapa tahun 2033? Penjelasannya sebagai berikut:

      Sekarang kita berada di tahun 2022 Masehi (Anno Domini yang disingkat AD), yang berarti 2022 tahun sejak kelahiran Tuhan Yesus Kristus. Jika Tuhan Yesus lahir pada tahun 0 Masehi (0 AD), maka berarti Dia mati di kayu salib pada tahun 33 Masehi (33 AD), karena Tuhan Yesus mati pada usia 33 tahun. Tuhan Yesus memulai pelayanan-Nya pada usia 30 tahun dan lama pelayanan-Nya selama 3 ½ tahun, jadi:

      • Tuhan Yesus mati di kayu salib pada tahun 33 Masehi
      • Tuhan Yesus dibangkitkan pada tahun 33 Masehi
      • Tuhan Yesus memberikan Amanat Agung pada tahun 33 Masehi
      • Tuhan Yesus mengutus Roh Kudus, yang berarti dimulainya gereja pada tahun 33 Masehi

      Kesimpulannya bahwa tahun 2033 yang hanya 11 tahun dari sekarang ini, adalah:

      • Hari ulang tahun ke-2000 dari Kekristenan
      • Peringatan 2000 tahun kebangkitan Tuhan Yesus
      • Peringatan 2000 tahun pemberian Amanat Agung
      • Peringatan 2000 tahun kelahiran gereja
    5. Pesan Nicky Gumbell, seorang pendeta dari Gereja Anglikan dan juga sebagai founder Alpha Course berkata, bahwa tahun 2033 menjadi tahun yang unik bagi orang Kristen. Tahun ini menjadi tonggak yang penting bagi kegerakan-kegerakan yang ada.
    6. Tahun 2033 adalah hari ulang tahun ke 2000 kebangkitan Kristus, Roh Kudus memimpin untuk memastikan setiap orang di muka bumi berkesempatan mendengarkan Injil.

    Ketika saya mendengar pesan Tuhan melalui tiga hamba Tuhan yang mewakili tiga aliran Kekristenan yaitu Pentakosta, Baptis dan Anglikan, terus terang saya tersentak. Sebenarnya saya sudah mendengar tentang pesan ini sejak tahun 2010, yaitu melalui Empowered21, karena saya adalah Co-chair dari Empowered21 Asia bersama Ps. Lawrence Khong dari Singapura.

    Terus terang ketika saya mendengarkan untuk pertama kali, saya meresponi hal ini biasa-biasa saja, karena saya belum mendapatkan pengertiannya. Tetapi ketika saya mendengar pesan ini di hari ulang tahun WPA ke-10 melalui tiga hamba Tuhan ini, saya seperti mendapatkan suatu pengertian sehingga sekarang saya berkata: “YES, I GOT IT!”

    Saya langsung diingatkan oleh Tuhan sebuah ayat ketika Tuhan Yesus ditanya oleh murid-murid-Nya: "Apa tanda kedatangan-Mu yang kedua kali dan tanda kesudahan dunia ini?" Tuhan Yesus menjawab yang salah satunya dari Matius 24:14,

    “Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."

    Ini dapat diartikan bahwa setelah Amanat Agung selesai, maka baru tiba kesudahannya.

    Harap diperhatikan bahwa ayat ini tidak berbicara pada saat Amanat Agung selesai, Tuhan Yesus langsung datang di saat yang bersamaan. Tetapi yang dimaksudkan adalah bahwa Tuhan Yesus akan datang kembali, apakah itu 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun, atau beberapa tahun setelah Amanat Agung selesai. Hanya Bapa yang tahu. Katakan Amin!

    Yang pasti Pentakosta tahun 2033, yang berarti 11 tahun lagi, merupakan pemicu supaya kita lebih sungguh-sungguh, lebih serius untuk melakukan tugas utama kita, yaitu untuk menyelesaikan Amanat Agung. Yang saya rasakan bahwa hari-hari ini hati saya lebih berkobar-kobar untuk menyelesaikan Amanat Agung. Saya berdoa agar kita semua yang sudah mendengarkan pesan ini akan berkata: “YES, I GOT IT!”

    Nyanyi:
    Jesus I believe in You
    Jesus I belong to You

    You're the reason that I live
    The reason that I sing

    Jesus I believe in You
    Jesus I belong to You

    You're the reason that I live
    The reason that I sing
    With all I am

    I will worship You
    I will worship You
    I will worship You, Jesus
    Jesus, Jesus

  5. Pesan tentang Penanaman Gereja Baru
  6. Akhir-akhir ini pesan untuk menanam gereja baru sangat kuat. Bukan hanya di Gereja Bethel Indonesia (GBI) melalui Ketua Umumnya Rubin Adi AbrahamPdt. Dr. Rubin Adi Abraham, tetapi juga di Church of God (COG). Saya ingat sekitar 30 tahun yang lalu, di awal gereja kita GBI Gatsu, Tuhan menyuruh menanam gereja baru setelah saya membaca buku Peter Wagner yang berjudul: “Penanaman Gereja untuk Tuaian yang Lebih Besar: Penuntun Komprehensif” Di situ dikatakan bahwa penginjilan paling efektif adalah dengan cara membuka gereja baru. Saya bertanya kepada Tuhan bagaimana caranya Tuhan? Tuhan memberikan tuntunan agar dalam membuka gereja baru itu kelompok intinya dari sel group yang saat itu bernama Family Altar.

    • 5 kelompok Family Altar menjadi 1 gereja baru.
    • 7 kelompok Family Altar menjadi 1 gereja baru.
    • 10 kelompok Family Altar menjadi 1 gereja baru,
    • dan seterusnya.

    Apa yang terjadi? Dalam kurun waktu sekitar 1½ tahun, kita menanam lebih dari 200 gereja baru. Ternyata setelah itu banyak dari gereja-gereja lain juga mengikuti menanam gereja baru. Terjadi persaingan yang sehat maupun tidak sehat dalam menanam gereja baru. Singkat cerita, lama kelamaan visi membuka gereja baru makin lama makin kabur dan banyak cara-cara yang dipakai sudah tidak sesuai lagi dengan firman Tuhan. Akhirnya melalui pandemi, penanaman gereja baru dengan cara-cara seperti itu dihentikan oleh Tuhan.

    Setelah 2 tahun pandemi COVID-19 terjadi, tiba-tiba Tuhan berbicara lagi agar menanam gereja baru dan goal nya adalah menjadikan mereka sebagai murid Tuhan Yesus. Jadi kalau dulu yang dipikirkan hanya jumlah jemaat yang ikut ibadah hari minggu saja, tanpa memperhatikan kualitas kehidupan sebagai orang-orang Kristen, sekarang justru Tuhan menekankan tentang pemuridan untuk menyelesaikan Amanat Agung melalui penanaman gereja baru.

    Saya mengajak Saudara untuk melakukan perintah Tuhan ini, yaitu menanam gereja baru dengan goal menjadikan mereka sebagai murid Tuhan Yesus. Kita harus menyelesaikan Amanat Agung Tuhan Yesus dan setelah itu Tuhan Yesus datang kembali. Maranatha!

Nyanyi:
Yesus, Yesus, Kau berarti bagiku
Yesus, Yesus, Kau segalanya bagiku

I will worship You
I will worship You
I will worship You, Jesus

Video