Yosua dan Kaleb (Khotbah Pdt Sutadi Rusli)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Yosua dan Kaleb
Sutadi Rusli-20120108-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

Ringkasan Khotbah
KebaktianIbadah Raya
TanggalMinggu, 8 Januari 2012
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatGraha Amal Kasih
KotaBogor

Shalom, selamat pagi, Selamat Tahun Baru 2012, kita sudah melewati 2011 dengan luar biasa, pasti semua diberkati dan bersukacita dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Bapa Rohani kita telah memberikan tema Tahun 2012 adalah Tahun Perkenanan Tuhan, The Year of God's Favor. Ada begitu banyak ayat Firman Tuhan bagaimana kita menjadi umat yang berkenan di hadapan Tuhan.

Bilangan 14:8, Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya.

Saudara yang dikasihi Tuhan, sebelum memasuki 2012, ada banyak sekali perkiraan-perkiraan keadaan tahun 2012. Salah satunya yang juga bahkan sempat menginspirasi dan dibuat menjadi sebuah film adalah dari suku bangsa Maya. Suku bangsa Maya dipercaya adalah suku bangsa yang pandai dalam ilmu falak dan perbintangan. Arkeolog menemukan penemuan-penemuan di Meksiko Selatan, di antaranya adalah penemuan kalender Suku Maya, di mana kalender mereka berhenti pada tanggal 21 Desember 2012. Penemuan ini menimbulkan banyak pendapat dari para ahli di seluruh dunia. Ada orang-orang yang berpendapat bahwa ini adalah tanggal kiamat dunia, perubahan keadaan yang luar biasa akan terjadi. Dan setelah diselidiki, memang pada sekitar tanggal tersebut akan terjadi badai matahari yang dapat mempengaruhi medan-medan magnet di dunia, sistem kelistrikan, peralatan-peralatan telekomunikasi, kedokteran, rumah tangga, semua bisa dikacaukan oleh badai matahari ini. Saudara, pada waktu kita mendengar dan melihat filmnya, ataupun membaca artikel-artikelnya, rasanya kejadiannya begitu membuat gemetar, begitu menakutkan. Bahkan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) memberikan tips-tips untuk mengantisipasi 21 Desember 2012 ini.

Saudara, di tengah-tengah berita yang tidak baik ini, justru datanglah Firman Tuhan kepada kita, Jika TUHAN berkenan kepada kita, maka Ia akan membawa kita masuk ke negeri itu dan akan memberikannya kepada kita, suatu negeri yang berlimpah-limpah susu dan madunya (Bilangan 14:8). Haleluya! Bahkan dalam Bilangan 14:7b dikatakan, "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya." Di satu sisi, orang-orang bisa berkata tahun 2012 itu mengerikan baik secara ekonomi, sosial, maupun politik. Tapi di sisi lain, justru Firman Tuhan katakan bahwa tahun 2012 adalah tahun yang luar biasa baiknya!

Pengintaian tanah Kanaan

Satu waktu Musa diperintahkan Tuhan untuk mengumpulkan para pemimpin suku bangsa Israel untuk memilih orang-orang yang akan diutus untuk mengintai tanah Kanaan, yang akan diberikan TUHAN kepada orang Israel (Bilangan 13).

Setelah terkumpul, kedua belas orang dari kepala-kepala di antara orang Israel itu diutus untuk pergi dan mengintai tanah perjanjian. Di antara mereka termasuk juga Yosua dan Kaleb. Setelah 40 hari mereka berkeliling ke seluruh negeri, mereka kembali ke Musa, dan di hadapan Musa, Harun, dan bangsa Israel, mereka memberikan laporan. Yang sepuluh orang melaporkan bahwa negeri yang mereka intai adalah baik, tapi sangat mengerikan, sehingga mereka katakan negeri ini tidak baik untuk dimasuki. Tapi Yosua dan Kaleb mengatakan bahwa "Negeri yang kami lalui untuk diintai itu adalah luar biasa baiknya."

Kalau saya renungkan, dari 12 orang yang dikirim untuk mengintai tanah perjanjian itu, yang 10 bicara "tidak baik", berbeda dengan yang 2 orang yang justru berkata "luar biasa baiknya". Berarti ada sekitar 80% yang berkata tidak baik. Saya renungkan, Tuhan, apakah juga 80% dari jemaat-jemaat yang ada akan mengatakan bahwa 2012 adalah tahun yang buruk? Apakah hanya 20% jemaat yang berkata tahun yang baik? Saya berdoa, seluruh Saudara, 100% Saudara berkata bahwa tahun 2012 adalah tahun yang luar biasa baiknya! Katakan bersama-sama, tahun 2012 adalah tahun yang luar biasa baiknya!

Lalu menjadi pergumulan bagi kita, mengapa yang dua orang ini bisa berkata hal yang berbeda padahal tempat yang mereka intai, tempat-tempat yang mereka lalui, adalah sama dengan 10 orang lainnya? Ini menjadi pesan bagi Saudara dan saya memasuki tahun 2012, bahwa kita harus memakai kacamata Tuhan, bahwa tahun 2012 adalah tahun yang luar biasa baiknya!

Yosua dan Kaleb

Pdt Sutadi Rusli dalam Ibadah Raya 2, Minggu, 08 Januari 2012, di Graha Amal Kasih, GBI Danau Bogor Raya

Ada 3 hal yang dimiliki Yosua dan Kaleb, yang berbeda dari kesepuluh orang lainnya.

#1 Roh Tuhan

Bilangan 14:24, Tetapi hamba-Ku Kaleb, karena lain jiwa yang ada padanya dan ia mengikut Aku dengan sepenuhnya, akan Kubawa masuk ke negeri yang telah dimasukinya itu, dan keturunannya akan memilikinya.

Ternyata ada sesuatu yang berbeda di dalam diri Yosua dan Kaleb. Dalam Alkitab bahasa Inggris (KJV) dikatakan, he had another spirit, dia memiliki Roh yang berbeda. Bukankah 1 Yohanes 4:4b katakan, Roh yang ada di dalam kamu, lebih besar dari pada roh yang ada di dalam dunia.

Saudara, di dalam Yosua dan Kaleb ada Roh Tuhan! Demikian juga di dalam kita ada Roh yang jauh lebih besar, yaitu Roh Kudus! Saya merenung, kalau Yosua dan Kaleb memiliki Roh Tuhan di dalam diri mereka sehingga mereka memakai kacamatanya Tuhan, demikian juga, di dalam kita ada Roh Kudus dan kalau Saudara memberi Roh Kudus kesempatan untuk berkarya sepenuhnya di dalam hidup Saudara, maka di tahun 2012, sekalipun orang katakan tidak baik, maka kita akan melihat tahun 2012 luar biasa baiknya!

Mari, untuk itu, kita sebagai orang-orang percaya, di mana di dalam hidup kita ada Roh Kudus, Saudara pelihara, pergunakan, dan andalkan Roh Kudus. Tahun 2012 adalah Tahun Perkenanan Tuhan, Tuhan inginkan Saudara imani dan percaya bahwa itu sungguh-sungguh terjadi dalam hidup Saudara. Jaga baik-baik, jangan sampai Roh Kudus meninggalkan kita. Daud katakan jangan tinggalkan aku, ya TUHAN, Allahku, janganlah jauh dari padaku! (Mazmur 38:22) Daud takut kalau Roh Allah meninggalkan dia. Saudara, kalau Tuhan ada bersama-sama kita, siapa lawan kita? Katakan, tidak ada! Mari jaga, hormati, pelihara, supaya Roh Allah terus ada berada di dalam hidup kita.

Satu waktu, Tuhan Yesus selesai melakukan banyak mujizat, lalu Dia masuk ke sebuah rumah dan ada ahli-ahli Taurat mulai mengatakan perkataan-perkataan yang tidak baik, mereka menuduh Yesus melakukan mujizat dengan kuasa Beelzebul. Waktu Tuhan dengar itu, dia katakan, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya semua dosa dan hujat anak-anak manusia akan diampuni, ya, semua hujat yang mereka ucapkan. Tetapi apabila seorang menghujat Roh Kudus, ia tidak mendapat ampun selama-lamanya, melainkan bersalah karena berbuat dosa kekal." Ia berkata demikian karena mereka katakan bahwa Ia kerasukan roh jahat.(Markus 3:28-30)

Saudara yang dikasihi Tuhan, ini menjadi peringatan bagi setiap kita pribadi. Saya tidak boleh menjustifikasi Saudara karena itu adalah hak Tuhan. Kata "menghujat" di sini artinya "menghina" atau "melecehkan". Mari kita berhati-hati, pada hari-hari ke depan, kalau Saudara mendengar Firman Tuhan, saat Saudara baca Firman Tuhan. Apakah Saudara percaya bahwa Firman Tuhan adalah Tuhan sendiri? Amin? Apa yang kita baca, apa yang menjadi perintah-Nya, adalah Dia sendiri. Kalau Saudara tidak mengerti, tidak menangkap, Saudara jangan melecehkan, jangan menghina, karena ini adalah Allah sendiri. Apa yang kita baca menjadi peringatan bagi setiap kita pribadi, jangan pernah kita menghujat, melecehkan kebenaran Firman Tuhan karena kebenaran Firman Tuhan adalah ya dan amin. Waktu kita membaca dan belum mengerti, jangan serta merta menghina atau melecehkan, tapi biarlah kita pendam, renungkan, bawa dalam doa, sehingga satu waktu Tuhan sendiri memberi pencerahan bagi kita. Dan saat kita dapat melakukan kebenaran Firman Tuhan itu, kita diberkati, dan Roh Kudus tetap ada dalam diri kita.

Yosua dan Kaleb memiliki another spirit, Roh yang berbeda. Kita harus menjadi orang yang berbeda karena Roh Kudus ada di dalam hidup Saudara. Tuhan sedang mengadakan pembedaan antara orang yang beribadah dengan yang tidak. Memasuki 2012, hidup Saudara harus diserahkan kepada Roh Kudus. Apapun yang Saudara lakukan, andalkan Roh Kudus!

Kesepuluh orang menyampaikan kabar buruk, tapi yang 2 orang lagi memberikan kabar baik. Dengarkan baik, hari-hari ini kalau Roh Kudus ada dalam hidup Saudara, kalau Saudara izinkan Roh Kudus untuk berkarya penuh dalam hidup Saudara, maka Saudara tidak mungkin membawa kabar buruk. Kalau Roh Kudus ada dalam hidup Saudara, maka Saudara akan membawa kabar baik! Saudara akan menyampaikan ke setiap orang, ke setiap jiwa yang Saudara temukan, bahwa 2012 adalah tahun yang luar biasa baiknya, tahun berkat Tuhan berlimpah, Tuhan memberikan kita perlindungan, kekuatan, kesembuhan, kelimpahan di dalam hidup kita!

Mari sama-sama kita beritakan ke berbagai macam tempat yang ada, 2012 luar biasa baiknya karena Tuhan menyertai kita.

#2 Roh Pemenang

Bilangan 13:30, Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: "Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!"

Spirit apa yang ada di dalam hidup mereka? Ternyata di dalam hidup mereka ada Roh Pemenang! Tuhan sudah memberikan Firman-Nya bahwa kita semua adalah Lebih dari Pemenang! Saudara yang dikasihi Tuhan, lebih dari pemenang atas apa? Tentu kita perlu renungkan. Musuh kita nomor satu itu siapa? Iblis atau diri sendiri? Diri sendiri! Bukan suami kita, istri kita, bukan orang lain, tapi diri kita sendiri! Ego kita adalah musuh kita nomor satu, itu yang mesti dikalahkan. Saudara, berapa sering kita kalah dari hal yang paling sepele. Kita sudah pikir ke sana kemari, tapi ternyata kita kalah dengan hal yang sepele saja.

Ada sebuah kesaksian, seorang mahasiswa yang Sekolah Teologi di Bandung. Dia setiap bulan dikirimi uang oleh orang tuanya, tapi satu kali orang tuanya tidak bisa mengirimkan dia uang. Setiap hari dia pergi ke ATM untuk memeriksa apakah saldo rekeningnya sudah bertambah. Satu kali ada kartu ATM orang lain yang ketinggalan, dan saldonya ternyata ada 7 juta. Dia bergumul dan mendapat godaan yang luar biasa karena saat itu dia sedang tidak punya uang, tapi akhirnya dia pun menang atas godaan itu. Saudara, apakah dari pergumulan yang kecil, kita keluar sebagai pemenang? Apapun ujian yang Tuhan berikan, kita harus keluar sebagai lebih dari pemenang!

Indonesia dijajah 350 tahun oleh Belanda, lalu oleh Jepang. Pada tanggal 17 Agustus 1945 Indonesia merdeka dan pada tahun 2012 ini merayakan ulang tahun kemerdekaan yang ke 67. Sepertinya kita sudah bebas dari penjajah, tapi tanpa kita sadari sebenarnya kita masih dijajah dengan barang-barang Jepang. Kalau kita pergi keluar, pasti ada banyak mobil yang bermerek Jepang, motor Jepang, dan sebagainya, artinya kita masih dijajah, kita belum merdeka sepenuhnya. Kalau Saudara masih jatuh dalam perzinahan, artinya masih ada roh perzinahan di dalam Saudara, Saudara belum merdeka dari roh perzinahan. Kalau Saudara masih pelit memberi, artinya masih dijajah roh pelit. Kalau masih ada dendam, kebencian, sakit hati, artinya Saudara masih dijajah roh dendam. Kalau tidak bisa mengampuni, artinya masih dijajah roh yang tidak mau mengampuni. Kita masih dijajah kalau kita masih terikat kepada hal-hal seperti itu.

Biarlah pagi ini, kita tidak lagi dijajah, tapi kita merdeka dan tampil sebagai pemenang. Ketika kita memiliki roh yang suka memberi, roh yang suka mengampuni, Saudara pasti diberkati Tuhan, dan kita keluar sebagai pemenang bahkan lebih dari pemenang!

#3 Roh Keberanian

Bilangan 14:9, Hanya, janganlah memberontak kepada TUHAN, dan janganlah takut kepada bangsa negeri itu, sebab mereka akan kita telan habis. Yang melindungi mereka sudah meninggalkan mereka, sedang TUHAN menyertai kita; janganlah takut kepada mereka."

Yang ketiga, mereka memiliki Roh Keberanian. Situasi dan tempatnya sama dengan yang dilihat kesepuluh orang lainnya, tapi mereka memiliki Roh Keberanian! Bagaimana mereka bisa memiliki Roh Keberanian? Kita tidak bisa membabi buta masuk ke medan pertempuran tanpa tahu kita punya amunisi, persenjataan yang lengkap, backing. Kalau tanpa memperhitungkan seperti itu, maka kita akan mati konyol. Tapi waktu kita tahu punya amunisi yang kuat, kita akan maju dengan gagah berani, ada Roh Keberanian dalam hidup kita. Demikian juga dengan Yosua dan Kaleb, mereka memiliki Roh Keberanian.

Pada masa kelahiran Tuhan Yesus Kristus, datanglah pesan melalui Malaikat Tuhan kepada Maria dan Yusuf dan para Gembala. Kepada Maria dan Yusuf saat sebelum Yesus lahir, dan kepada para Gembala setelah Yesus lahir. Setiap kali, pesan itu dibuka dengan kata "Jangan takut".

Matius 1:23, "Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita.

Saudara, kenapa mereka punya keberanian seperti terlihat dalam Bilangan 14:9? Karena Tuhan menyertai mereka! Memasuki 2012, Saudara jangan takut, karena Tuhan menyertai kita.

Seorang anak Sekolah Minggu bilang, "Saya lebih mengasihi Mama lebih dari saya mengasihi Yesus." Waktu dengar itu, Mamanya bilang "Salah, siapa yang mengajar begitu? Kamu tidak boleh mengasihi Mama lebih dari mengasihi Yesus. Firman Tuhan katakan kamu harus mengasihi Tuhan lebih dari segala-galanya." Lalu anaknya bilang, "Iya Mama, saya lebih mengasihi Mama karena saya bisa lihat Mama, saya bisa pegang, ngomong sama Mama." Saudara, bukankah Firman Tuhan katakan, Berbahagialah mereka yang tidak melihat, namun percaya. (Yohanes 20:29b) Saudara harus percaya bahwa Dia menyertai dalam rumah tangga, usaha, pekerjaan Saudara dan dalam setiap aspek kehidupan kita.

Tuhan Yesus memberkati.