Great joy (Kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga) (Pdt Sutadi Rusli)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Shalom semuanya, pada hari ini kita memperingati peringatan orang percaya yang keempat, kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga.

Shalom semuanya, pada hari ini kita memperingati peringatan orang percaya yang keempat, kenaikan Tuhan Yesus ke Sorga. Sepuluh hari lagi kita memperingati perayaan orang Kristen yang kelima, yaitu pencurahan Roh Kudus atau hari raya Pentakosta. Pada pagi hari ini satu tema yang saya berikan kepada setiap kita hari ini great joy, sukacita yang besar.

Lukas 24:50-53,

Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.

Saudara yang dikasihi Tuhan, biasanya jika kita berpisah dengan keluarga kita, suami kita mungkin ada tugas untuk belajar atau pekerjaan sekian lama keluar negeri seringkali perpisahan ada kesedihan. Ini murid-murid Yesus mereka berpisah dengan Tuhan Yesus. Tuhan Yesus naik ke Surga, mereka kembali ke Yerusalem menunggu di loteng atas untuk pencurahan Roh Kudus. Mereka pada waktu itu kembali ke Yerusalem dengan penuh semangat dan sangat bersukacita.

#1 Tuhan sedang menyediakan tempat bagi kita

Yohanes 14:1-3,

"Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku. Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.

Jadi dari 3 ayat tersebut saya mau kupas dengan sederhana apa yang membuat para murid-Nya bersukacita waktu mereka ditinggalkan oleh Tuhan Yesus yang mereka kasihi.

  1. Rumah kita sedang dipersiapkan di Sorga
  2. Yang pertama, Tuhan ingatkan kepada kita rumah kita bukan di dunia tetapi rumah kita ada di Sorga. Rumah kita harus dicat setiap tahun, diperbaiki, tetapi ini rumah yang ada di Sorga adalah rumah abadi bagi setiap orang percaya. Ini di dalam kepercayaan orang lain tidak ada, selain di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Jadi murid-murid-Nya itu bersukacita, Saudara juga bersukacita karena kita punya rumah di Sorga, Tempat kekekalan bersama-sama dengan Tuhan Yesus Kristus.

    Saudara dari ayat ini juga kita boleh bersama-sama mengingat tubuh kita hanya sekedar kemah. Dapat dibongkar kapan saja, ada yang sudah dapat giliran, ada yang belum dapat giliran, tapi sekali waktu Firman Tuhan katakan kepada kita sekali waktu kemah kita akan dibongkar. Tetapi kita punya tempat yang abadi tinggal bersama-sama di dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

  3. Tuhan sayang Kita
  4. Yohanes 14:3b,
    Supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.
    Saya mau berikan pesan yang luar biasa pagi hari ini, Tuhan sangat sayang kepada setiap Saudara. Dia sampai memperjuangkan agar di mana Aku berada, kamupun harus berada. Sehingga kita ingat ada nyanyian:

    Sayang, sayang disayang
    Aku disayang Tuhan
    Aku diangkat jadi anakNya
    Aku disayang Tuhan

    Jika saya pikirkan dan renungkan, Tuhan dahsyat sekali. Dia mau Saudara bersama-sama dengan Dia. Dia siapkan tempat supaya tinggal bersama Saudara. Ini satu anugerah yang luar biasa yang Tuhan sediakan bagi setiap kita.

  5. Percaya saja
  6. Yohanes 14:1b,
    Percayalah kepada Allah dan percayalah juga kepada-Ku
    Syarat yang paling utama untuk memiliki rumah di Surga dan tinggal bersama-sama dengan Tuhan Yesus Kristus hanya percaya di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Itu yang Tuhan kehendaki. Maka Dia sediakan kepada kita yaitu rumah abadi di Sorga, dan Dia ingin sekali tetap tinggal bersama-sama dengan setiap Saudara sebagai orang-orang percaya.

#2 Tuhan menjanjikan Roh Kudus

Tuhan sudah menjanjikan kepada murid-murid-Nya 2000 tahun yang lalu bahwa nanti ketika Dia naik, Bapa di Sorga akan menggantikan Tuhan Yesus dengan Roh Kudus. Kita tidak lagi menjadi anak Yatim Piatu. Tuhan boleh naik, tetapi Roh Kudus ada bersama-sama dengan kita. Saudara jika kita tahu prinsip kasih. Kasih itu luar biasa, Bapa memberi anak-Nya yaitu Tuhan Yesus. Tuhan Yesus mengasihi Saudara, Dia berikan Roh Kudus. Roh Kudus mengasihi saya dan Saudara, Dia berikan kepada kita buah roh. Jadi yang kedua mengapa para murid-murid-Nya bersukacita karena mereka ingat bahwa mereka diminta kembali ke Yerusalem untuk menantikan janji Bapa yaitu pencurahan Roh Kudus.

Roh Kudus sudah dicurahkan 2000 tahun yang lalu, dalam era Pentakosta yang Ketiga ini melalui World Prayer Assembly menjadi satu gong pencurahan Roh Kudus yang begitu besar hari-hari ini sedang dicurahkan supaya terjadi penuaian yang terbesar dan terakhir dan kita akan melihat bagaimana jiwa-jiwa yang Saudara tidak pernah duga, mereka dapat datang kepada Tuhan. Keluarga-keluarga Saudara yang menurut Saudara tidak mungkin dapat bertobat dan menjadi orang percaya. Waktu Saudara mengatakan tidak mungkin maka terjadi sesuai imanmu, tetapi waktu Saudara berkata “keluarga saya pasti dipulihkan, keluarga saya pasti diselamatkan, keluarga saya pasti masuk di dalam kebenaran Firman Tuhan.” Pasti itu terjadi.

Misi utama Roh Kudus

Ada begitu banyak misi dari Roh Kudus, yaitu:

  1. Sebagai penolong
  2. Kita perlu ditolong, menghadapi banyak tantangan hari lepas hari, waktu lepas waktu. Rasanya kadang-kadang berat sekali perjalanan. Tuhan sudah menyediakan satu pribadi penolong yaitu Roh Kudus. Saudara waktu kita berada di dalam kondisi yang perlu pertolongan jangan pernah lupa nomor telepon dari Tuhan Yesus dan Roh Kudus yaitu 2223335015: Mazmur 22:2, Yeremia 33:3, Mazmur 50:15,
    “Berserulah kepada-Ku dan Aku akan menjawab.”
  3. Menuntun dalam kebenaran
  4. Kita perlu dituntun untuk berjalan dalam kebenaran, Firman Tuhan katakan: Ada jalan yang disangka orang lurus, tetapi ujungnya maut. Kita jalan sudah benar, tetapi karena tidak pernah kita jalani kita tidak tahu di depannya ternyata ada jurang atau maut, kita perlu tuntunan dari Roh Kudus. Setiap pagi saya berdoa, tunjukkanlah kepadaku, ya Tuhan, jalan-jalan-Mu (Mazmur 25:4-5).

  5. Sebagai penghibur
  6. Di dalam bahasa Inggris disebutnya comforter bukannya entertainer, kita perlu ada memiliki damai sejahtera. Firman Tuhan ingatkan kepada kita, damai sejahtera yang Aku berikan beda dengan damai sejahtera yang ada di dunia. Damai sejahtera dari Roh Kudus membawa ketenangan, kekuatan, damai sejahtera, kasih Tuhan yang ada dalam hidup kita.

Penutup

Mari Saudara yang dikasihi Tuhan, tentu banyak sekali tugas dari Roh Kudus. Tapi ini adalah beberapa poin penting saja dari tugas utama Roh Kudus. Intinya kita perlu Roh Kudus karena kita ini manusia yang lemah, kita tidak dapat melakukan apa-apa, kita perlu dituntun, kita perlu dikuatkan, kita perlu dihibur, kita perlu ditunjukkan jalan-jalan kita, supaya perjalanan kita perjalanan yang berhasil dan beruntung. Amin, Tuhan berkati kita semua. Amin. (MGT)

Video