Selalu berhasil dan beruntung dalam pimpinan Roh Kudus (Pentecost Sunday) (Pdt David Sulardi)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
David Sulardi-20220605.jpg
David Sulardi-20220605-1x1.jpg
David SulardiPdt David Sulardi
RINGKASAN KHOTBAH
IbadahIbadah Raya
Tanggal2022Minggu, 5 Juni 2022
GerejaGBI Danau Bogor Raya
LokasiOnline
KotaBogor
VideoRekaman YouTube
Khotbah lainnya
Sebelumnya
Selanjutnya
Shalom Bapak/Ibu semuanya, selamat hari Pentakosta. Kita tahu Pentakosta adalah hari Pencurahan Roh Kudus.

Shalom Bapak/Ibu semuanya, selamat hari Pentakosta. Kita tahu Pentakosta adalah hari Pencurahan Roh Kudus. Kata Pentakosta berasal dari hari ke-50 ketika Tuhan Yesus bangkit dari kematian. Pentakosta adalah hari di mana Roh Kudus dicurahkan. 50 hari setelah Israel keluar dari Mesir, maka mereka juga mendapatkan turunnya 10 Hukum Taurat di Gunung Sinai, itu juga disebut Pentakosta. Saudara, Pentakosta juga berhubungan dengan panen raya ketika Israel masuk ke tanah Kanaan, maka mereka memasuki Tanah Kanaan dan 50 hari setelah Paskah mereka biasanya memetik buah sulung. Untuk itu kita bersyukur hari ini boleh memperingati Pentakosta di tahun 2022 walaupun dalam kondisi yang kurang baik, tetapi kita bersyukur Roh Kudus boleh melawat setiap kita. Saya rindu kita semua diberkati. Saudara, Pentakosta ini saya berikan tema hari ini: Selalu berhasil dan beruntung dalam pimpinan Roh Kudus.

Saudara harus mengerti, ketika Roh Kudus turun bukan hanya membuat kita dipenuhi, tetapi justru kita diberkati. Ini penting sekali. Jika Saudara memahami hal ini, maka Saudara akan terus berusaha untuk menyenangkan Roh Kudus, bersekutu dengan Roh Kudus dan saya percaya dalam persekutuan Roh Kudus kita akan diberkati Tuhan. Pada hari kenaikan Tuhan Yesus, Gembala kita memberikan pesan Great Joy, dan beliau sampaikan tentang: “Roh Kudus Penolong, Penghibur, Penasehat, kita sangat membutuhkan Roh Kudus karena kita manusia lemah.” Lalu dalam doa pagi 10 Hari Lawatan Roh Kudus besoknya, Tuhan taruh dalam hati saya mengenai Roh Kudus mengubah hidup kita. Pak Hendrawan menyampaikan tentang karakter, lalu Pak Boy menyampaikan 7 manifestasi Roh Kudus, Pak Nathan menyampaikan tentang panen raya, penuaian besar jiwa-jiwa. Pak Niko sampaikan di hari Minggu tentang Pentakosta Ketiga.

Untuk itu Saudara, Tuhan ingin sampaikan sesuatu yang luar biasa pada hari-hari ini kesimpulannya untuk kita semua: Janji Tuhan untuk Rayon 7 adalah: Great Joy, Roh Kudus Penolong, Penghibur, Penasehat akan mengubah hidup kita menjadi manusia baru, yang memiliki karakter Kristus, di Era Pentakosta Ketiga, memanifestasikan kuasa Roh Kudus untuk membawa tuaian jiwa-jiwa terbesar ke Rumah Tuhan. Untuk itu kita harus terus berjaga dan berdoa dalam unity yang menyala-nyala dan terus setia sampai semua janji Tuhan digenapi.

Rencana Tuhan: Perjalanan hidup yang berhasil dan beruntung

Yosua 1:8,

Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Rencana Tuhan adalah supaya kita berhasil dan beruntung. Seperti seorang bapa menginginkan anak-anaknya berhasil.

Yeremia 29:11,

Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Jadi semakin tua kita dipelihara Tuhan maka Tuhan berjanji sampai masa tuamu Aku akan menggendong engkau. Jadi mari kita terus setia kepada Tuhan sampai hari tua kita.

3 kunci mendapatkan tuntunan Tuhan

Ada 3 kunci yang hendak saya sampaikan agar Saudara mendapatkan tuntunan pada tahun ini di Pentakosta pada hari ini:

#1 Manusia roh sudah diperbaharui

Yehezkiel 36:26a,

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu

Ketika kita jatuh ke dalam dosa, roh kita mati, kita tidak dapat bersekutu dengan Allah, tetapi waktu kita percaya kepada Tuhan maka roh dan batin kita diperbaharui

Yohanes 3:3, 5,

Yesus menjawab, kata-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah."
Jawab Yesus: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan dari air dan Roh, ia tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah.

Ciri orang yang sudah dilahirkan kembali mata rohaninya terbuka kepada hal-hal rohani, surgawi, pikirannya surgawi, bukan duniawi. Jika Saudara Kristen tetapi pikiran masih duniawi, saya khawatir Saudara belum mengalami pembaharuan dalam roh. Kita tidak mengerti nikmatnya ibadah, kita tidak dapat intim dengan Roh Allah, kita tidak dapat menikmati Hadirat Tuhan. Jika Saudara mengerti hal ini Saudara akan memahami apakah saya sudah lahir baru atau belum. Saya berdoa kita akan rindu hadirat Tuhan, ada satu anak muda, namanya Evan Robert, umur 13 tahun, berjumpa dengan Tuhan tiba-tiba ada rasa haus dan lapar akan Tuhan. Dia lihat kotanya begitu bejat di Wales, Inggris. Lalu dia mengambil keputusan, berdoa setiap jam 1 malam sampai jam 5 dan apa yang terjadi selama 11 tahun dia berdoa, Wales dilawat Tuhan. Pemabuk-pemabuk bertobat, mujizat terjadi, pemulihan terjadi, ekonomi dipulihkan, dan lawatan Tuhan terjadi karena ada satu orang yang harus matanya terbuka untuk Kerajaan Allah dan lawatan Tuhan.

#2 Disertai Roh Kudus (baptisan Roh Kudus)

Jika hendak berhasil harus disertai Tuhan menjadi kediaman rumah Roh Kudus. John Arnold seorang hamba Tuhan dari Toronto dia menuliskan yang membedakan gereja satu dengan yang lain adalah penghormatan dan penerimaan terhadap Roh Kudus. Kunci kesuksesan dan keberhasilan adalah penghormatan, penghargaan kepada Roh Kudus. Gereja kita bertumbuh dengan baik, karena kita menghormati Roh Kudus di tempat ini.

1 Samuel 10:6-7,

Maka Roh TUHAN akan berkuasa atasmu; engkau akan kepenuhan bersama-sama dengan mereka dan berubah menjadi manusia lain. Apabila tanda-tanda ini terjadi kepadamu, lakukanlah apa saja yang didapat oleh tanganmu, sebab Allah menyertai engkau.

Saul tidak dapat mempertahankan penghormatan terhadap Roh Kudus. Akhirnya Roh Kudus undur karena Saul tidak mentaati Tuhan. Saya rindu Saudara yang dibaptis Roh Kudus hargai Dia. Tubuhmu adalah bait Allah, kediaman Roh Kudus.

Kisah Para Rasul 4:33-34,

Dan dengan kuasa yang besar rasul-rasul memberi kesaksian tentang kebangkitan Tuhan Yesus dan mereka semua hidup dalam kasih karunia yang melimpah-limpah. Sebab tidak ada seorangpun yang berkekurangan di antara mereka; karena semua orang yang mempunyai tanah atau rumah, menjual kepunyaannya itu, dan hasil penjualan itu mereka bawa

Bukan hanya pertumbuhan jemaat, tetapi juga ekonomi mereka. Mereka menjual tanahnya karena mereka diberkati untuk membangun gereja, dipersembahkan kepada rasul-rasul karena Roh Kudus mengubahkan mereka. Mereka diberkati saat berdoa.

#3 Taat dalam pimpinan Roh Kudus

Yehezkiel 36:26b, 27b,

Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat. Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya.

Kondisi hati kita akan ditunjukkan melalui tindakan dalam tubuh kita dan Tuhan berjanji Roh Kudus akan turun atasmu, “Aku akan mencurahkan air jernih dari surga, mentahirkan kamu, Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras.” Ketika hati kita dijauhkan dari hati yang keras maka berkat akan dilimpahkan. Orang yang dijauhkan hatinya dari hati yang keras mereka akan mudah mengikuti ketetapan Tuhan. Saudara saya sampaikan sulit melakukan Firman tetapi jika dipimpin Roh Kudus menjadi mudah. Jika keluargamu sulit diubahkan, minta Roh Kudus yang mengubahkan. Hanya Roh Kudus yang memampukan seseorang hidupnya diubahkan. Jika ingin beruntung dimulai dari hati kita diubahkan, dipenuhi Roh Kudus dan kita taati Roh Kudus.

Roma 8:14; 17a,

Semua orang, yang dipimpin Roh Allah adalah anak Allah. Dan jika kita adalah anak, maka kita juga adalah ahli waris, maksudnya orang-orang yang berhak menerima janji-janji Allah, yang akan menerimanya bersama-sama dengan Kristus

Karena Saudara adalah anak, maka diberikan Roh Kudus tinggal dalam hidup Saudara.

3 dimensi karya Roh Kudus dalam orang percaya

#1 Intervensi Roh Kudus ke dalam kita

Dimensi pertama adalah intervensi Roh Kudus ke dalam kita, menginsafkan kita akan dosa sehingga mengaku Yesus Tuhan, percaya, dan dibaptis. Jadi waktu Roh Kudus masuk mengerjakan dalam hidup kita, tujuannya adalah meterai dibaptis dan juga dibaptis Roh Kudus, dan kita dimeteraikan jadi anak Allah. Lalu Roh Kudus di dalam kita akan mendorong ke luar.

#2 Intervensi keluar melalui kita

Petrus berkhotbah lalu 3000 orang bertobat. Petrus menumpang tangan sakit, orang sakit sembuh. Ketika kita dibaptis, kita mengalami kepenuhan, jika kepenuhan melimpah keluar rasanya tidak tahan jika tidak bersaksi, jika tidak mengampuni, jika tidak memberkati. Ada multiplikasi, kita jadi saksi, jadi garam dan terang, karunia dan buah roh keluar. Roh Kudus mendorong dan memampukan kita dan tujuannya adalah amanat agung, bumi penuh kemuliaan Allah, dan setiap lutut bertelut, tujuan akhir adalah menyiapkan Saudara menjadi mempelai Kristus. Roh Kudus mengerjakan segala sesuatu untuk Saudara menjadi layak berkenan kepada Tuhan, menjelang akhir zaman. Tujuan akhir kita adalah masa pengangkatan.

#3 Intervensi kerajaan bersama kita

Intervensi yang terakhir adalah Allah akan membawa turut dalam masa pengangkatan menjadi imamat yang rajani, bangsa yang kudus, bersatu dengan bala tentara surga turun untuk peran mengalahkan musuh, dan akan memerintah bersama Tuhan.

Saudara sampai di mana? Jika belum dibaptis Roh Kudus masih di level pertama. Saya percaya Roh Kudus akan dicurahkan atas kita, saya rindu kita berada pada level Saudara memerintah bersama Tuhan selama-lamanya.

Penutup

Jadi kesimpulan yang saya sampaikan, ada 3 hal yang perlu kita alami, biarkan Roh Kudus mengubah hidup kita, Roh Kudus memenuhi kita, kita dituntun oleh Roh Kudus, dipimpin oleh Roh Kudus dan juga kita taat, dijauhkan hati yang keras.

Video