GBI Modernland

Dari GBI Danau Bogor Raya
(Dialihkan dari GBI Rayon 3)
Lompat ke: navigasi, cari
Logo GBI.svg
Gereja Bethel Indonesia
Modernland, Tangerang, Banten
Jemaat Induk Rayon 3
Logo HMM.png

Gereja Bethel Indonesia Modernland atau GBI Modernland adalah sebuah gereja di Tangerang yang berdiri pada 22 Desember 1991 di bawah naungan Sinode Gereja Bethel Indonesia. Gereja ini digembalakan oleh Pdt Pieter Faraknimella, STh. Gereja ini dimulai dengan nama GBI Bethany Cimone, Tangerang.

GBI Modernland merupakan gereja jemaat induk Rayon 3 Tangerang di antara rayon-rayon jejaring gereja di bawah pembinaan GBI Jalan Gatot Subroto.

Sejarah

Ibadah perdana GBI Bethany Cimone dilangsungkan pada tanggal 22 Desember 1991 bertempat di sebuah gedung bioskop di Cimone, Tangerang, dengan dihadiri oleh 250 orang. Pada saat itu, koordinator ibadah adalah Pdp dr AS Gunardi. Firman Tuhan dibawakan oleh Pdt Ir Niko Njotorahardjo. Dalam waktu tidak lama, jumlah jemaat telah bertambah menjadi 600-700 orang dengan dua kali ibadah.

Pada pertengahan tahun 1992, gereja mendapatkan hibah tanah dari real estate Modernland seluas 5000 m2 di samping RS Honoris (Mayapada) untuk fasilitas gereja, dengan pesan agar jemaat Modernland membiayai sendiri pembangunan gereja ini. Hibah tanah kemudian berubah menjadi 6250 m2.

Pada tanggal 11 Oktober 1992, ibadah dipindahkan ke Restoran Nelayan di Jatiuwung, Tangerang, setelah adanya resolusi dari warga yang meminta agar ibadah dipindahkan.

30 Oktober 1992, peletakan batu pertama untuk pembangunan GBI Bethany Modernland.

26 Agustus 1993, Izin Mendirikan Bangunan (IMB) keluar.

24 November 1993, Pdm Hani Sebadja yang saat itu ditugaskan di Tangerang, secara tidak terduga, meninggal dunia dan dikebumikan di Semarang.

Desember 1994, Pdt Pieter Faraknimella, STh mulai masuk ke pastori GBI Modernland dan menggantikan mendiang Pdm Hani Sebadja.

Pada tanggal 26 April 1995, Walikota Drs H Djakaria Machmud meresmikan GBI Modernland. Penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita dilakukan oleh Pdt Dr HL Senduk. Pembukaan pintu gereja dilakukan oleh Pdt Dr Abraham Alex Tanuseputra. Penyerahan kunci serta Alkitab dilakukan oleh Pdt Ir Niko Njotorahardjo kepada kedua staf gembala, Pdt Pieter Faraknimella dan Pdp dr AS Gunadi. GBI Modernland berkembang menjadi Sub Rayon 1F.

1 September 1998, berubah menjadi Rayon 7 dalam jejaring GBI Bethany Jakarta.

1 Desember 2000, berubah menjadi Rayon 3 dalam jejaring GBI Bethany Jakarta.

2002, menurunkan nama Bethany dan visi Successful Bethany Families mengikuti gereja induk GBI Jalan Gatot Subroto, dan hanya menggunakan nama GBI Modernland.

23 Agustus 2006, Pdm dr AS Gunadi kembali ke rumah Bapa di sorga.

Hingga tahun 2008, GBI Modernland telah mempunyai 33 cabang/ranting di Propinsi Banten, serta gereja-gereja adopsi di Semarang, Surabaya, Hongkong, dan China.

Sumber

Pranala luar