Roh Kudus adalah pemberian terbaik

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

Setiap manusia senang menerima pemberian dari suami, isteri, anak atau siapa saja. Namun Allah adalah pemberi yang terhebat dari semua orang (Yakobus 1:17). Yesus mengatakan jika bapa yang jahat saja tahu memberikan yang baik kepada anaknya apalagi Bapa kita yang di sorga? (Matius 7:11). Pemberian yang Allah beri selalu yang terbaik.

Mengapa Roh Kudus merupakan pemberian yang terbaik? Karena Ia adalah pribadi maka Roh Kudus dapat memahami segala sesuatu termasuk mengerti isi hati Allah. "Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh, sebab Roh menyelidiki segala sesuatu, bahkan hal-hal yang tersembunyi dalam diri Allah. Siapa gerangan di antara manusia yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri manusia selain roh manusia sendiri yang ada di dalam dia? Demikian pulalah tidak ada orang yang tahu, apa yang terdapat di dalam diri Allah selain Roh Allah." (1 Korintus 2:10-11)

Roh Kudus adalah pribadi yang senang berbicara dengan orang yang menghormati Dia, Yesus berkata "Jikalau Penghibur yang akan Kuutus dari Bapa datang, yaitu Roh Kebenaran yang keluar dari Bapa, Ia akan bersaksi tentang Aku." (Yohanes 15:26). Bayangkan jika kita menghormati Roh Kudus maka kita akan dituntun oleh-Nya dengan Ia berbicara tentang apa yang akan terjadi, apa yang merupakan kehendak Allah sampai masalah-masalah yang kita hadapi seperti masalah keluarga, masalah keuangan dan lain-lain Ia tahu karena memang Ia maha tahu dan sanggup menolong kita untuk mengatasi setiap masalah yang ada. Ia tahu jalan keluarnya karena memang Ia adalah Roh Allah.

Namun sebaliknya, jika kita tidak menghormati-Nya maka sebagai pribadi Ia bisa di kecewakan (Efesus 4:30). Bentuk yang seperti apa yang mengecewakan Dia? Yaitu ketidaktaatan, ketidakpercayaan akan janji-janji-Nya. Ketika Ia dikecewakan maka seperti halnya kita yang dikecewakan, Ia akan berhenti berbicara bahkan Ia berhenti untuk menyertai kita dan kalau itu yang terjadi maka bersiaplah mengalami kehancuran hidup.

Oleh karena itu marilah kita menghargai dan menghormati pemberian Allah yang terbaik yaitu Roh Kudus dengan cara banyak mengucap syukur atas kebaikan-Nya, memperhatikan perintah-perintah-Nya, serta melakukan dengan taat dan setia. Maka itu akan menyenangkan hati-Nya, sehingga Multiplikasi dan Promosi pasti terjadi di dalam hidup kita. Tuhan memberkati kita semua.

Sumber