Pertimbangkan dan perhatikan sumbernya

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Pertimbangkan dan perhatikan sumbernya
Logo Cool.png
Suplemen Diskusi COOL
PeriodeSeptember 2011
MingguIV (2011-38)
Sebelumnya
    Selanjutnya
      Ya TUHAN, punya-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya, segala-galanya yang ada di langit dan di bumi! Ya TUHAN, punya-Mulah kerajaan dan Engkau yang tertinggi itu melebihi segala-galanya sebagai kepala. (1 Tawarikh 29:11)
      Tuhan Yesus adalah sumber dari segala yang baik bagi kita. DIA berikan segalanya, termasuk diri-Nya, supaya kita memiliki segalanya. Anda dan saya sebenarnya lebih kaya daripada apa yang dapat kita bayangkan atau yang dunia katakan. Mengapa? Karena kita memiliki dan dimiliki oleh Tuhan Yesus. Mari kita pelajari yang Firman Tuhan katakan mengenai Yesus sebagai sumber dari segala yang baik untuk kita.

      Tuhan Yesus sumber segala kenyamanan dan damai sejahtera

      Hari-hari ini orang bekerja, membeli barang dan melakukan segala sesuatu agar hidupnya menjadi lebih nyaman dan hatinya merasa damai sejahtera. Alasan kita membeli elektronik, rumah yang besar, bepergian dan sebagainya adalah supaya kita lebih nyaman menjalani hidup dan tenang menghadapi segala sesuatunya. Tetapi justru seringkali malah tekanan dan depresi-lah yang kita dapatkan dari kehidupan kita sehari-hari. Bahkan tidak sedikit yang justru pesimis dalam menghadapi hidup. Tetapi justru Tuhan Yesus memberikan penghiburan (Matius 5:4) pada saat kita membutuhkan. Janganlah kita putus asa menghadapi segala masalah, tetapi letakkanlah iman kita kepada Dia yang berjanji akan terus menjaga, merawat, membela dan melindungi kita (Yohanes 14:1).

      Diskusi: Menurutmu, kapankah engkau dapat berkata “sekarang saya nyaman” atau “sekarang saya damai sejahtera” ?

      Tuhan Yesus sumber pengharapan kita

      Ketika engkau merasa tidak ada harapan lagi, ingatlah selalu ada pengharapan tersedia bagi kita. Mungkin engkau merasa saat inimu mengarah kepada tujuan yang tidak jelas dan membingungkan, tetapi dengar dan perhatikanlah: Tuhan Yesus tidak akan pernah mempermalukan siapa saja yang menaruh harapan kepada-Nya (Roma 10:11). Kita dapat menaruh pengharapan kita kepada Tuhan Yesus dan segala janji/Firman-Nya yang tidak pernah mengecewakan kita (Mazmur 119:114, 147). Ketika kita menaruh harapan kita kepada Tuhan Yesus, maka Ia memberikan kita kekuatan dan kesegaran baru untuk menjalani hari-hari kita (Yesaya 40:31).

      Diskusi: Pernahkah engkau berharap kepada seseorang tetapi ternyata orang itu mengecewakan? Bagaimana hal itu berpengaruh pada hidupmu selanjutnya?

      Tuhan Yesus satu-satunya sumber yang layak diikuti

      Mengikuti orang lain seringkali mengecewakan dan bahkan dapat membahayakan/membuat kita melakukan hal-hal yang jahat (Amsal 29:25; Keluaran 23:2). Sebaliknya, mengikut Tuhan Yesus justru membawa kita kepada penyertaan-Nya, berkat-Nya yang melimpah, damai sejahtera dan ketentraman-Nya (Imamat 25:18; Ulangan 7:11-13). Murid-murid pertama mengikuti Yesus dengan sepenuh hati dan mereka bertumbuh menjadi pribadi-pribadi yang luar biasa. Demikian juga dapat terjadi dengan kita. Jangan pernah meninggalkan Yesus dan tetapi tetaplah setia kepada-Nya.

      Diskusi

      Menurutmu bagaimana kita menceritakan kepada orang lain bahwa Tuhan Yesus adalah satu-satu sumber yang layak diikuti ?

      T’lah kulihat kebaikkanMu
      Yang tak pernah habis dihidupku
      Kuberjuang sampai akhirnya, Kau dapati aku tetap setia.

      Sumber