Menuju kemakmuran yang lebih

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Menuju kemakmuran yang lebih
Logo Cool.png
Suplemen Diskusi COOL
PeriodeDesember 2010
MingguII (2010-49)
Sebelumnya
    Selanjutnya
      Unduh PDF
      “Sebab beginilah Firman Tuhan semesta alam: Sedikit waktu lagi maka Aku akan menggoncangkan langit dan bumi, laut dan darat; Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman Tuhan semesta alam. Kepunyaan-Ku lah perak dan kepunyaan-Kulah emas, demikianlah firman Tuhan semesta alam” (Hagai 2:7 9)
      Ayat di atas dalam konteks ketika Nabi Hagai dan rombongan yang lainnya kembali dari pembuangan Babel ke Yerusalem, maka salah satu pesan Tuhan yang dinyatakan bahwa Allah akan membuat, menciptakan dan mengadakan goncangan dengan maksud agar rumah Allah (Bait Allah) makin penuh dengan emas dan perak serta kemuliaan--Nya mengalir ke dalam Bait-Nya. Allah sendiri yang mengadakan goncangan dengan tujuan umat-Nya mengalami kelimpahan dan kemakmuran. Para Nabi memberitahukan bahwa Dia sangat ingin memberkati dan melepaskan kekayaan dalam jumlah besar untuk memajukan Kerajaan Allah.

      Di balik goncangan yang diadakan oleh Tuhan, ada maksud yang ingin Dia nyatakan bagi kita, bahkan ada pelajaran yang menarik, antara lain:

      1. Allah yang membuat goncangan
        Jika mengacu pada Hagai 2:7, “AKU akan menggoncangkan langit bumi, laut dan darat, dan segala bangsa”, jelas kejadian-kejadian yang ada di sekitar kita; ada Tangan Tuhan di atasnya. Jika dihubungkan dengan tanda-tanda akhir zaman dalam Matius 24 maka kita harus meyakini ini bukan hanya sekedar kejadian alam/fenomena alam tetapi ada tindakan Allah di dalamnya untuk menggenapi firman-Nya. Bangsa-bangsa juga terjadi goncangan: ekonomi, badai, banjir, wabah penyakit, iklim yang ekstrim, kelaparan, bencana, dan sebagainya. Melihat ayat di atas maka Tuhan sedang beracara dan menggenapi atas firman-Nya di saat sekarang ini. Apa pun yang sedang terjadi bahkan keadaan buruk pun yang ada di mana Allah izinkan karena menandakan bahwa firman-Nya harus digenapi oleh dunia ini.
      2. Sehingga barang-barang kepunyaan segala bangsa mengalir
        Di balik goncangan-goncangan di sekitar kita yang terjadi, ternyata ada rancangan indah bagi Rumah-Nya. Ini adalah tangan Tuhan yang sedang bekerja bagi Anak-anak-Nya, bagi Pelayanan-Nya dan Kerajaan-Nya. Kedengarannya kurang pas, tetapi ayat di atas menyatakan goncangan itu akan mengakibatkan harta, kekayaan, emas dan perak bangsa-bangsa yang adalah milik Tuhan akan mengalir ke Rumah-Nya. Kita harus mempersiapkan diri untuk menyambut berkat tak terduga yang akan mengalir bahkan makin intim dan peka untuk memahami dan mengetahui berkat-berkat apa yang akan mengalir kepada kita di tengah goncangan. Apakah Saudara percaya akan mengalami kelimpahan dan kemakmuran yang lebih lagi?
      3. Tuhan akan memenuhi Rumah-Nya dengan kemegahan
        Ternyata rencana Allah menciptakan atau mengadakan goncangan agar Rumah Allah atau kita Bait Kudus-Nya semakin mengalami kemegahan, kemuliaan Allah untuk menyatakan keagungan dan kebesaran-Nya. Kemegahan Bait-Nya makin luar biasa, artinya Tuhan akan mengangkat dan meninggikan kita dengan memenuhi diri dengan Kemuliaan-Nya, Kuasa-Nya bahkan Roh-Nya yang Kudus.

      Kesimpulan

      Goncangan-goncangan yang terjadi mendatangkan dampak yang baik bagi kita, gereja-Nya dan pelayanan kita bagi Kerajaan-Nya, membuat kita tidak takut dan gentar sebab di balik itu semua Dia sedang mengangkat kita kepada dimensi yang lebih tinggi, kemegahan yang makin dahsyat, bahkan berkat-berkat yang tidak terduga akan Dia akan alirkan ke dalam hidup, pelayanan dan gereja-Nya untuk tujuan Kemuliaan bagi Nama Yesus Kristus. Amin.

      Ajaib sungguh ajaib, kuasa-Nya bagiku
      Ajaib sungguh ajaib, anugerah-Nya dalam hidupku
      Ajaib sungguh ajaib, kasih Yesus bagiku
      Betapa heran kumenyaksikan perbuatan-Nya yang ajaib

      (Reff) Setiap hari ku menikmati berkat yang melimpah
      Sepanjang hidupku merasakan kebaikan-Nya, kasih setia-Nya
      Ajaiblah Tuhan Yesus-ku, ajaib selamanya
      Haleluya kupuji Nama-Nya

      Sumber