Tuhan pengubah iklim

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Tuhan pengubah iklim
Logo Cool.png
Suplemen Diskusi COOL
PeriodeJuni 2010
MingguI (2010-22)
Sebelumnya
    Selanjutnya
      “Sampai dicurahkan kepada kita Roh dari atas: Maka padang gurun akan menjadi kebun buah-buahan, dan kebun buah-buahan itu akan dianggap hutan.” (Yesaya 32:15)
      Kalau kita melihat ayat tersebut di atas, maka kita mendapati bahwa ketika ROH TUHAN tercurah maka ada suatu iklim yang berubah yaitu padang gurun - merupakan tempat yang kering, panas, tandus, tidak ada air, banyak binatang berbahaya dan udara yang sangat panas - menjadi kebun buah-buahan dan suatu keadaan yang subur, makmur dan kelimpahan berkat buah-buahan. Suatu keadaan yang sangat berbeda dari sebelumnya yaitu pemulihan dan kelimpahan. Hal ini pun dapat terjadi jika ROH TUHAN itu tercurah atas area; bisa di dalam kehidupan pribadi, keluarga, tempat bekerja, tempat usaha bahkan area sekitar COOL kita dan bahkan komunitas daerah kita. Sangat dimungkinkan kehadiran ROH TUHAN menyebabkan perubahan iklim, perubahan yang juga mempengaruhi penduduk atau masyarakat sekitarnya.

      Iklim memainkan peranan penting dalam perilaku kehidupan masyarakat, jika musim dingin maka orang akan mencari baju yang tebal dan mencari makanan yang hangat-hangat. Jika musim panas maka orang akan mencari baju yang tipis dan suka minum es serta mencari ruangan penyejuk udara/AC. Iklim itu akan berubah kalau ada kehadiran TUHAN atau Roh TUHAN yang tercurah atas kita. Untuk itu bagaimana caranya agar ROH TUHAN itu tercurah?

      1. Pujilah TUHAN dengan segenap hatimu (II Tawarikh 5:13-14)
        Ketika orang-orang Israel pada zaman Salomo menaikkan pujian dan penyembahan serta doa, maka di tengah-tengah ibadah mereka ada Awan Kemuliaan TUHAN yang turun dalam ibadah mereka, sehingga semua orang tidak tahan berdiri dan mereka diliputi oleh Awan Kemuliaan TUHAN. Awan itu mengubah atmosfer dalam ibadah mereka dan TUHAN menunjukkan perkenanan-Nya dan melawat mereka dengan hadirat-Nya yang hebat.
        Lawatan membuat orang akan berubah perilaku, karakter, hatinya dan kasih-Nya kepada TUHAN makin mendalam. Perubahan atmosfir yang membuat orang-orang makin intim, makin dalam dan makin sangat mengasihi TUHAN dalam hati dan jiwanya.
      2. Adanya kehidupan yang kudus (Keluaran 25:8)
        Dalam konteks ayat ini, Musa diperintahkan membuat tempat yang kudus untuk tempat TUHAN berdiam di tengah-tengah umat-Nya dan tempat itu adalah Tabernakel. Kalau kita memaknai untuk masa kini maka tempat kudus yang diinginkan oleh TUHAN untuk kita diami adalah diri kita, rumah kita, tempat COOL harus dikuduskan sehingga TUHAN merasa nyaman untuk berdiam diri, karena hakekat Allah yang kudus maka Dia juga menghendaki tempat yang kudus.
        1 Korintus 6:19, “Tubuh kita adalah Bait ROH KUDUS yang diam di dalam kamu....”
        ROH KUDUS yang ada dalam diri kita akan memanifestasikan perubahan iklim dalam hidup dan komunitas kita untuk menjadi kebun buah-buahan. Tanggalkan dan singkirkan segala hal yang menghambat TUHAN untuk memenuhi kita dengan Roh-Nya dan memanifestasikan kuasa-Nya untuk mengubah iklim yang buruk menjadi baik.
      3. Naikkan Doa dengan ketekunan (1 Raja-raja 18:42-44)
        Elia memperhatikan keadaan iklim bangsanya yang sudah 3,5 tahun tidak mengalami hujan dan itu sangat menyengsarakan kehidupan orang Israel. Elia tanggap dan bertindak dengan menaikkan doa yang terus sampai ada tanda perubahan itu terjadi /iklim itu berubah.
      Apakah Saudara sedang berada dalam iklim yang buruk dan menyengsarakan? Lakukan tindakan doa dengan ketekunan agar iklim itu berangsur-angsur berubah dan membaik sampai menjadi kebun buah-buahan dalam hidup kita.

      Penutup/Kesimpulan

      TUHAN YESUS KRISTUS yang sanggup mengubah iklim yang ekstrim menjadi nyaman dan tenteram, hal itu terjadi jika ROH TUHAN tercurah/YESUS hadir dalam kehidupan kita. Bagian kita adalah membuat Dia hadir dan mengubah iklim dalam hidup dan area sekitar kita dengan cara: naikkan pujian, buatlah tempat yang kudus untuk kehadiran-Nya dan naikkan doa dengan ketekunan, maka iklim padang gurun akan diubah menjadi kebun buah-buahan dalam hidup kita di tahun kelimpahan ini.

      ROH KUDUS hadir disini,
      Mengalir di Bait Suci
      Perkara ajaib-pun terjadi, kuasa mujizat nyata
      Kar’na ROH ALLAH sedang bekerja

      (Reff) Tiada yang mustahil dan tiada yang sukar
      Bila ROH ALLAH turut bekerja
      Tiada yang mustahil bagi orang percaya
      Karena ROH ALLAH turut bekerja diantara kita

      Sumber