Tampil beda

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Tampil beda
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeAgustus 2013
MingguIV (2013-35)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna. (Roma 12:2)

    Pendahuluan

    Wanita, Tuhan menginginkan kita tampil beda di tengah dunia ini. Tantangan dan goncangan yang silih berganti terkadang membuat orang takut menghadapinya, bahkan tidak sedikit yang berputus asa. Namun, Tuhan menghendaki kita terus percaya dan beriman pada-Nya, karena Ia sanggup melakukan perbuatan-perbuatan ajaib lebih dari apa yang pernah kita pikirkan.

    Saat kita merasa tidak ada keadilan, kita tidak menjadi lemah dan berputus asa, tapi justru sebaliknya kita semakin tekun berdoa, mengucap syukur dan berserah pada kehendak dan rencana Tuhan. Tidak dendam dengan orang yang berbuat jahat pada kita, tidak cepat berkata-kata kotor, kata-kata yang kasar, dan banyak hal lainnya.

    Isi

    Kita akan belajar dari Paulus dan Silas agar tampil beda dalam menghadapi pergumulan hidup, yaitu:

    1. Tetap memuji Tuhan di tengah masalah hidup (Kisah 16:24-32)
    2. Pujian kepada Tuhan adalah tindakan untuk mengagungkan, membesarkan dan memuliakan Tuhan atas apa yang telah Tuhan perbuat, apa yang sedang Tuhan perbuat dan apa yang akan Tuhan perbuat dalam hidup kita. Pujian tidak tergantung pada perasaan hati, melainkan didasarkan pada kebesaran Tuhan (Mazmur 103). Oleh sebab itu kita harus mau dan memutuskan untuk memuji Tuhan sekalipun kita dalam keadaan tidak senang untuk melakukannya. Hal inilah yang membuat kita tampil beda dengan dunia. Rasul Paulus bersama Silas tetap memilih untuk memuji Tuhan dan tidak membiarkan tembok-tembok dan belenggu-belenggu masalah menekan hidup mereka dan saat mereka tetap memilih memuliakan Tuhan di situlah kuasa Tuhan bekerja dan menolong hidup mereka. Marilah wanita, ambil tindakan untuk tetap memuji Tuhan dalam keadaan apapun dan lihatlah pertolongan Tuhan akan nyata (Habakuk 3:17-18).
    3. Tetap membawa jiwa dalam keadaan apapun (Kisah 16:31)
    4. Saat kita tidak fokus pada masalah maka hati kita akan lebih leluasa untuk memuji dan memuliakan Tuhan. Pada saat itu juga maka kita tidak berfokus pada diri sendiri dan kita masih bisa melihat orang-orang di sekitar kita yang membutuhkan Tuhan. Wanita, mulailah mengambil keputusan untuk memperhatikan orang-orang sekitar kita yang membutuhkan Tuhan, rangkullah mereka dengan kasih Tuhan, beritakanlah Injil Kerajaan Allah, agar orang-orang yang belum percaya atau sungguh-sungguh terhadap Tuhan mereka juga dipulihkan dan diselamatkan.
    5. Tetap bersukacita, karena ada pembelaan Tuhan (Kisah 16:36)
    6. Saat Paulus dan Silas terbelenggu, mereka tetap memilih memuji Tuhan. Orang yang dapat memuji Tuhan adalah orang yang memutuskan untuk terus bersukacita (1 Tesalonika 5:16-18), karena hal inilah yang dikehendaki Tuhan dalam hidup kita. Jangan biarkan masalah membuat sukacita kita pudar. Teruslah bergembira dalam Tuhan, Ia akan memberikan apa yang kita inginkan (Mazmur 37:4) dan tunggulah pertolongan dan pembelaan Tuhan akan kita alami. Inilah yang membedakan kita dengan dunia.

    Kesimpulan

    Wanita Allah, Apapun masalah yang sedang kita hadapi, pertama tetaplah memuji Tuhan, yang kedua tetaplah membawa jiwa pada Tuhan, dan yang ketiga tetaplah bersukacita karena ada pembelaan Tuhan yang akan Ia nyatakan dalam hidup kita. Janganlah takut mengambil keputusan untuk tampil beda. “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku” (Filipi 4:13)

    Wanita, Tuhan menginginkan kita tampil beda di tengah dunia ini. Tantangan dan goncangan yang silih berganti terkadang membuat orang takut menghadapinya, bahkan tidak sedikit yang berputus asa.