Bertumbuh mencapai potensi

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Bertumbuh mencapai potensi
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeMaret 2012
MingguII (2012-11)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    “Supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela ditengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia” (Filipi 2:15)

    Pendahuluan

    Potensi adalah suatu kekayaan tak ternilai harganya, yang telah Tuhan berikan bagi kita. Dan apa yang kita perbuat dengan pemberian-Nya adalah pemberian kepada Tuhan. Namun, sebagian dari kita belum menggunakan kekayaan tersebut. Wanita! Tuhan sudah memberikan kekayaan yang begitu banyak dalam diri kita, namun seringkali kita tidak mempergunakan atau tidak menggali potensi tersebut.

    Wanita! Kita harus menggali potensi dan mempergunakan potensi itu, agar kita menemukan panggilan-Nya dalam hidup kita, sehingga melalui hal tersebut kita dapat menerangi dunia ini.

    Isi

    Untuk menemukan dan bertumbuh dalam Potensi yang telah Tuhan berikan, maka ada 3 prinsip yang harus kita lakukan :

    1. Pusatkan perhatian pada tujuan utama yaitu Tuhan Yesus (Ibrani 12:2)
    2. Apapun yang kita lakukan dalam hidup ini lakukanlah semuanya dengan mata yang tertuju kepada Tuhan Yesus, karena dengan ini kita mendapat kekuatan untuk sampai pada kesempurnaan. Saat kita menggali maka kita akan menemukan sesuatu yang berharga (Ayub 28:10). Oleh sebab itu, mari kita gali dan temukan potensi dalam hidup kita. Contoh: Misalkan ada seorang ibu yang memiliki kemampuan untuk menasehati, maka fokuslah pada potensi itu. Pakailah potensi itu ditengah-tengah keluarga, gereja dan masyarakat. Saat potensi itu sudah kita gali dan kita temukan maka jadikanlah itu sebagai berkat bagi sekeliling kita. (Gembala COOL bantulah anggotamu untuk saling menggali potensi yang dimiliki mereka. Sharingkan bersama).
    3. Pusatkan perhatian pada perbaikan terus-menerus
    4. Pandangan yang sering membuat kita tidak bertumbuh dan tidak maksimal adalah kita tidak perlu belajar tinggi-tinggi. Ini adalah pandangan yang salah, oleh karena itu mari para Wanita gantilah pandangan tersebut dengan slogan “Wanita jangan pernah berhenti belajar”, karena seperti visi WBI yang pertama yaitu “Wanita sebagai penolong yang baik dan berpengetahuan”. Penolong yang baik adalah seorang yang memiliki pengetahuan. Oleh karena itu WANITA! Perlengkapilah dirimu terus-menerus dengan belajar agar memiliki pengetahuan yang banyak dan yang berguna, kembangkanlah potensimu dan terus mengadakan perbaikan-perbaikan setiap hari. Ingat, hari ini harus lebih baik dari hari-hari lalu, harus ada perubahan-perubahan kearah yang lebih baik.
    5. Lupakan masa lalu dan pusatkan perhatian pada masa depan (Filipi 3:13)
    6. Wanita, kita tidak dapat bertumbuh dalam potensi yang telah Tuhan berikan saat perhatian kita terfokus pada masa lalu. Mungkin di masa lalu kita telah banyak berbuat kesalahan atau banyak mengalami persoalan, kesukaran dalam hidup bahkan kegagalan, namun untuk mengejar apa yang ada di depan, marilah kita! jangan diam dan menyerah, kita harus terus berusaha. (2 Korintus 5:17) “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru; yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang”

    Kesimpulan

    Wanita-wanita Kristus, mari kita mulai melangkah menanggapi Panggilan Tuhan untuk masing-masing dari kita, kerjakanlah apa yang Tuhan telah berikan dengan menemukan dan mengembangkan Potensi dalam hidup sehingga dapat dipakai untuk menjadi berkat bagi sekeliling kita, selagi masih ada kesempatan (Galatia 6:10). WANITA, Bersinarlah seperti bintang-bintang. Saling mendoakan: Gembala COOL, bantulah anggotamu untuk menemukan potensi dalam dirinya secara maksimal seperti melibatkan mereka dalam pelayanan COOL, di WBI, Gereja.

    “Supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela ditengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia” (Filipi 2:15) Potensi adalah suatu kekayaan tak ternilai harganya, yang telah Tuhan berikan bagi kita. Dan apa yang kita perbuat dengan pemberian-Nya adalah pemberian kepada Tuhan. Namun, sebagian dari kita belum menggunakan kekayaan tersebut.