Ganti pakaian

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Ganti pakaian
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeNovember 2010
MingguV (2010-48)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    “supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu, dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya." (Efesus 4:23-24)

    Pendahuluan

    Wanita Allah, setiap kita punya baju yang kita pakai setiap hari, tetapi ada kalanya baju yang kita pakai itu sudah kotor, warna sudah berubah dan berbau yang tidak sedap. Pasti kita berusaha untuk mengganti pakaian tersebut. Demikian juga dengan hidup kita, perlu diganti dibersihkan oleh darah Yesus. Yesus sudah mati untuk kita, merubah kita menjadi ciptaan baru. Hidup kita mengalami pembaharuan di dalam roh dan pikiran kita, yang lama diganti dengan yang baru.

    Isi

    Wanita Allah, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan agar roh dan pikiran kita dibaharui menurut kehendak-Nya:

    1. Buanglah dusta dan berkatalah benar seorang kepada yang lain (Efesus 4:25-27)
    2. Seringkali kita menganggap dusta untuk kebaikan tidak apa-apa, contoh: waktu di rumah kita katakan kepada pembantu: “Kalau ada yang menelpon mencari bapak/ibu bilang tidak ada di rumah”, padahal sebenarnya ada di rumah.

      Hal yang demikian kalau dibiarkan akan menjadi pembohong, sebab apa yang diajarkan wanita kepada anak-anak selalu mencontoh apa yang dilakukan orang tuanya. Ini berakibat fatal. Karena itu belajarlah berkata yang benar.

    3. Orang yang mencuri jangan mencuri lagi (Efesus 4:28)
    4. Wanita Allah, seringkali kita tidak menyadari bahwa mengambil uang suami tanpa memberitahu suami kita, itu adalah mencuri. Kadang-kadang kita berpikir bahwa mencuri uang suami tidak apa-apa, karena itu adalah uang suami kita sendiri. Padahal di mata Tuhan mencuri uang dua puluh lima ribu dengan mencuri dua puluh lima juta sama hukumannya. Bertobatlah!

    5. Jangan ada perkataan kotor keluar dari mulutmu (Efesus 4:29)
    6. Perkataan yang keluar dari mulut itulah yang terjadi, kalau engkau katakan yang baik maka yang baik itulah yang akan engkau terima. Karena itu pergunakanlah hanya kata-kata yang memberkati. “Karena menurut ucapanmu engkau akan dibenarkan, dan menurut ucapanmu pula engkau akan dihukum.” (Matius 12:37)

    7. Jangan mendukakan Roh Kudus (Efesus 4:30)
    8. Orang yang mendukakan Roh Kudus adalah orang yang mengetahui Firman Tuhan tetapi tidak mau melakukannya, bahkan juga orang yang tidak percaya kepada Firman Tuhan.

    9. Buanglah segala kepahitan dan kegeraman (Efesus 4:31)
    10. Orang yang sakit hati selalu berkata-kata yang tidak enak, membuat orang-orang di sekitarnya merasa tidak nyaman, sebab itu jangan memelihara kepahitan dan kegeraman. Ini adalah penghambat/penghalang untuk kita berhubungan dengan Tuhan, membuat doa kita tidak dijawab Tuhan (Matius 6:14-15).

    Kesimpulan

    Wanita Allah, memang tidak mudah untuk mengganti pakaian lama/cara-cara lama, tetapi mintalah Roh Kudus menyelesaikannya. Berdoalah terus, berusaha supaya bisa memakai pakaian baru yaitu hidup yang sudah dibaharui Tuhan Yesus.