Tuhan melihat hati

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Tuhan melihat hati
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeNovember 2010
MingguI (2010-44)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    “… Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi Tuhan melihat hati“ (I Samuel 16:7b)

    Pendahuluan

    Allah adalah Allah yang melihat hati, Ia tidak memandang apa yang tampak dari luar atau apa saja yang dimiliki manusia, manusia menghakimi menurut daging, tapi Allah memperhatikan hati. Bisa saja manusia menampakkan apa yang baik di luar, sementara ia memiliki hati yang jahat. Sangat penting bagi kita untuk memperhatikan kehidupan batin dan sikap hati kita dan cara kira merasakan dan berfikir.

    Isi

    Kita akan mempelajari beberapa sikap hati yang penting yang Allah kehendaki untuk kita miliki:

    1. Hati yang baru (Yehezkiel 11:19)
      • Allah berjanji untuk memberi hati yang baru kepada umat-Nya untuk menggantikan hati yang keras yang ada di dalam mereka, hati yang baru ini akan peka dan tanggung jawab kepada Tuhan, janji ini diulang kembali di Yehezkiel 36:26.
      • Walau pikiran telah mengalami lahir baru, tetapi pikiran kita harus diperbaharui secara sempurna (Roma 12:2). Sikap kita dimulai dari pribadi kita-membaca Firman Tuhan setiap hari akan memperbaharui pikiran kita dan mengubah sikap kita, sikap yang salah begitu mudah muncul dalam hidup kita, untuk itu kita perlu menyesuaikan sikap kita setiap hari (Filipi 4:8 -terjemahan aslinya- masukan itu terus menerus dalam pikiranmu), terhadap keluarga, suami, anak-anak.
    2. Hati yang taat (Roma 6:17)
      • Paulus menuliskan bahwa orang-orang percaya di Roma adalah orang-orang yang taat dengan sepenuh hati. Kepatuhan istri terhadap suami merupakan gambaran kepatuhan kita terhadap Tuhan. Bagi Allah, sikap hati adalah segala-galanya, kita bisa melakukan apa yang disuruh oleh atasan kita sambil menggerutu di belakang, tapi kita tidak mendapat upahnya.

    Kesimpulan

    Ada upah untuk sesuatu ketaatan, menurut alkitab gaya hidup yang taat mendatangkan berkat.

    Diskusikan tentang pembaharuan di dalam hidup ibu-ibu setelah diberi hati yang baru?

    Saling mendoakan di dalam kelompok