Benar-benar merdeka

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Benar-benar merdeka
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeAgustus 2010
MingguIV (2010-34)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka." (Yohanes 8:36)

    Pendahuluan

    Di bulan Agustus ini, seluruh rakyat Indonesia memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945. Merdeka dari penjajahan adalah satu keadaan yang dinantikan setiap orang. Sebelum kita menerima keselamatan dari Tuhan, kita juga adalah orang-orang yang berdosa dan dijajah oleh dosa, bahkan kita menjadi budak dosa dan hidup menurut keinginan dan tabiat dosa.

    Isi

    Ketika kita menerima pengampunan atas dosa-dosa kita, maka kita menjadi orang-orang yang dimerdekakan. Mari kita melihat bagaimana identitas kita sebagai orang merdeka:

    1. Dimerdekakan dari perhambaan (Roma 6:16-18)
      Seberapa kita telah hidup dan memberi diri kita diperhamba oleh dosa-dosa yang kita sadari atau tidak telah membawa kita jauh dari Tuhan. Apabila kita datang kepada Tuhan, maka kita akan menerima pengampunan yang disediakan bagi kita (1 Yohanes 1:9).
    2. Dibenarkan dan diperdamaikan (Roma 3:23-26)
      Sejak saat kita datang dan menerima pengampunan, maka kita dibenarkan dengan cuma-cuma oleh kasih karunia, dan kita juga diperdamaikan dengan Tuhan Yesus. Setelah kita mengerti identitas kita, maka sebagai orang percaya kita diberi tugas:
      • Hiduplah sebagai orang merdeka (1 Petrus 2:15-16)
      Hiduplah sebagai hamba Allah yang tidak menyalahgunakan kemerdekaan yang diberikan kepada kita. Sebagai orang percaya kita berjuang untuk melakukannya.
      • Supaya engkau memerdekakan orang-orang yang terbelenggu (Yesaya 58:6)
      Ada banyak orang yang masih terbelenggu di sekitar kita. Mari kita mengulurkan tangan untuk menolong mereka.

    Kesimpulan

    • Sebagai orang-orang yang telah dimerdekakan, mari para wanita, kita mulai melihat, mungkin beberapa teman kita ada yang masih terikat oleh seks bebas, keretakan rumah tangga, terikat hutang, dan lain-lain.
    • Sharingkan dan saling mendoakan di kelompok COOL kita.

    Catatan

    • 17 Agustus 2010 – Libur COOL Wanita (HUT Kemerdekaan RI ke-65)
    • Ibadah WBI Agustus 2010 ditiadakan sehubungan dengan adanya Sidang Majelis Daerah GBI Jawa Barat (Untuk COOL Wanita tetap ada). Ibadah WBI akan diadakan kembali pada 28 September 2010 dengan acara Perjamuan Kasih.