Jangan menghakimi

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Jangan menghakimi
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeAgustus 2010
MingguII (2010-32)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    Siapakah kamu, sehingga kamu menghakimi hamba orang lain? Entahkah ia berdiri, entahkah ia jatuh, itu adalah urusan tuannya sendiri. Tetapi ia akan tetap berdiri, karena Tuhan berkuasa menjaga dia terus berdiri. (Roma 14:4)

    Pendahuluan

    Ayat bacaan di baca bersama-sama: Matius 7:1-8

    Bagaimana sikap ibu-ibu jika suatu hari ada tetangga datang ke rumahmu dan langsung memberi petunjuk kepada ibu tentang mengatur rumah dan dia tidak senang dengan cara ibu mengatur segala sesuatunya di rumah ibu? Inilah kira-kira contoh sederhana yang dimaksud oleh ayat Alkitab ini.

    Kita masing-masing adalah milik Tuhan dan sekalipun kita mempunyai sejumlah kelemahan, Dia sanggup menjaga agar kita tetap berdiri dan menolong kita.

    Isi

    Iblis masih tetap sibuk memberi tugas pada roh jahat untuk menaruh pikiran-pikiran yang menghakimi dan mengancam dalam pikiran manusia, mari kita simak beberapa hal:

    1. Penghakiman tabur dan tuai (Matius 7:1-2)
      Tabur tuai tidak hanya berlaku pada dunia pertanian dan keuangan, itu juga berlaku pada dunia mentoring. Seringkali kita menuai dalam hidup kita hal yang sebelumnya telah kita tabur ke dalam hidup orang lain.
    2. Sembuhkanlah dirimu sendiri (Matius 7:3-5)
      Kita tidak dapat mengubah orang lain termasuk orang yang paling dekat dengan kita, yaitu suami kita. Hanya Tuhan yang dapat melakukannya. Kita juga tidak dapat mengubah diri kita, tapi kita dapat bekerja sama dengan Roh Kudus dan mengizinkan-Nya melakukan tugas itu.
    3. Penghakiman mendatangkan penghukuman (Roma 2:1)
      Pikiran yang menghakimi adalah tuan dari pikiran yang negatif, memikirkan tentang kesalahan orang lain dan bukannya tentang kebenaran.

    Kesimpulan

    • Kita semua berbuat salah, kita semua mempunyai kelemahan. Alkitab melarang kita mempunyai hai yang keras dan roh kecaman satu terhadap yang lain. Sebagai gantinya, mari kita mempunyai dan menunjukkan belas kasihan seperti yang ditunjukkan Tuhan Yesus kepada kita.
    • Diskusikan: Apakah sikap menghakimi itu masih mewarnai keseharian kita? Ambil langkah pertobatan.
    • Saling mendoakan dan masing-masing mulai saling menjaga.

    Catatan

    • 17 Agustus 2010 – Libur COOL Wanita (HUT Kemerdekaan RI ke-65)
    • Ibadah WBI Agustus 2010 ditiadakan sehubungan dengan adanya Sidang Majelis Daerah GBI Jawa Barat (Untuk COOL Wanita tetap ada). Ibadah WBI akan diadakan kembali pada 28 September 2010 dengan acara Perjamuan Kasih.