Jika Aku pergi

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Jika Aku pergi
Logo WBI WOW.png
Materi COOL Wanita
PeriodeJuli 2010
MingguI (2010-27)
Sebelumnya
Selanjutnya
    Unduh PDF
    Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. (Yohanes 16:7)

    Pendahuluan

    Kata-kata ini diucapkan oleh Yesus tepat sebelum Dia terangkat ke surga, tempat Dia bersemayam di sebelah kanan Allah Bapa dalam kemuliaan-Nya. Adalah kehendak Tuhan agar kita ada dalam persekutuan yang akrab dengan Dia. Dia selalu bersama kita tepat seperti yang dijanjikan-Nya (Matius 28:20; Ibrani 13:5b). Dia selalu bersama dan kita percaya sungguh-sungguh kepada-Nya dan sadar akan kehadiran-Nya.

    Isi

    Penghibur itu datang kepada kita, tapi bukan hanya penghibur, tapi Dia adalah penasihat, penolong, pembela, pengantara, penguat, pendamping. Kalau Dia datang, Dia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran, dan penghakiman (Yohanes 16:8).

    1. Akan dosa (Yohanes 16:9)
      Dosa ketidakpercayaan, tidak percaya pada janji-janji Allah, tidak percaya pada firman-Nya, tidak percaya bahwa Allah dapat melakukan segala perkara, tidak percaya bahwa sebagai orang percaya kita harus memberi diri kita dibaptis (Kis 2:37, tidak mau percaya bahwa kita harus mengembalikan persepuluhan.
    2. Akan kebenaran (Yohanes 16:10, 13)
      Berapa banyak waktu yang kita buang untuk hidup dengan siksaan rasa bersalah dan penghukuman? Jangan pikirkan betapa buruknya keadaan kita, tetapi pikirkan bagaimana Allah telah menjadikan kita benar di dalam Dia. Setiap kali gagasan muncul di dalam pikiran kita, maka ingatkan diri kita bahwa Tuhan sangat mengasihi kita, dan kita sudah dibenarkan di dalam Dia. Tuhan mempunyai rencana gemilang untuk hidup kita. Inilah sejumlah kebenaran yang harus kita pikirkan.
    3. Akan penghakiman (Yohanes 16:11)
      Yesus datang segera. Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya bahwa suatu saat ketika harinya tiba, maka Dia akan datang seperti pencuri (2 Petrus 3:7-13).

    Kesimpulan

    • Penerapan para wanita (Kisah 1:8), ketika Roh Kudus turun atas kita, maka Dia akan memampukan kita agar dapat menjadi saksi-Nya. Artinya, menjadi pelaku firman-Nya di Yerusalem (keluarga kita), Yudea, Samaria, dan sampai ke ujung bumi.
    • Diskusikan pengalaman Saudara dengan Roh Penghibur, Penolong, dan Penasihat itu yang ada di dalam Saudara, dan saling mendoakan.