Memperlengkapi diri

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu." (Matius 9:37-38)

Pendahuluan

Amanat Agung adalah amanat Tuhan Yesus yang sangat penting, sangat mulia, dan perintah ini bukan ditujukan hanya kepada orang-orang tertentu atau hanya untuk para pendeta saja tetapi untuk semua orang (Matius 28:19).

Sayangnya, dari ayat yang barusan kita baca, Yesus sangat prihatin dengan kondisi di mana tuaian begitu banyak tapi pekerjanya sedikit. Oleh sebab itu, melalui COOL hari ini, kita sekali lagi diingatkan meresponi panggilan Tuhan Yesus, yaitu untuk melayani pekerjaan Tuhan.

Untuk kita bisa menjadi penuai-penuai yang handal, kita harus mempersiapkan diri kita sebaik-baiknya. Kita harus memperlengkapi dengan segenap senjata Allah sehingga jangan sampai kita menjadi bulan-bulanan iblis.

Isi dan sharing

Apa yang harus kita siapkan untuk bisa menjadi penuai-penuai di pekerjaan Tuhan?

  1. Menjadi saksi (Kisah 1:8)
  2. Sebagai saksi-saksi Kristus, pertama-tama kita harus bisa menjadi saksi dulu di Yerusalem. Yerusalem bicara mengenai hidup kita dan keluarga kita. Kalau mau menjadi penuai yang handal, kita harus memastikan dulu bahwa hidup kita dan keluarga kita beres di hadapan Tuhan. Kita tidak akan bisa efektif menjadi saksi Kristus kalau hidup dan keluarga kita masih berantakan. Orang lain selalu melihat perbuatan kita, bukan perkataan kita. Sehebat apapun kita berkhotbah, kalau hidup kita belum beres, maka kita tidak akan bisa menjadi teladan yang bisa mengubah orang lain.
  3. Bersiap untuk peperangan rohani (Efesus 6:12-18)
  4. Memberitakan Injil artinya adalah peperangan rohani. Begitu kita memutuskan untuk melayani pekerjaan Tuhan artinya genderang perang sudah dimulai. Firman Tuhan katakan bahwa perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara. Oleh sebab itu, kita harus mempersiapkan diri kita sebaik-baiknya dengan segenap senjata Allah (Efesus 6:12-18).

Kesimpulan dan saling mendoakan

Salah satu perlengkapan senjata Allah adalah pedang Roh yaitu firman Allah. Gembala Jemaat, Bapak Pdt Sutadi Rusli, sudah mencanangkan gerakan “Ayo Baca Alkitab!” Oleh sebab itu, di setiap COOL harus lebih lagi mendorong setiap anggotanya untuk lebih rajin membaca Alkitab, sehingga kita dapat mengenakan pedang Roh dan menang berperang melawan iblis. Tuhan Yesus memberkati.

Amanat Agung adalah amanat Tuhan Yesus yang sangat penting, sangat mulia, dan perintah ini bukan ditujukan hanya kepada orang-orang tertentu atau hanya untuk para pendeta saja tetapi untuk semua orang (Matius 28:19).