Menabur adalah kehendak Tuhan pada masa kini

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum. (Amsal 11:25)

Pendahuluan

Menabur adalah sesuatu yang dikehendaki Tuhan bagi setiap orang percaya, bukan karena kita supaya diberkati tetapi lebih dari pada itu kita menabur karena mengasihi Tuhan Yesus, sebab Yesus sudah terlebih dahulu memberi dan mengasihi kita. Orang yang tahu mengucap syukur dan berterima kasih harusnya memiliki respons atau sikap hati yang benar. Yesus mengajarkan kepada setiap kita untuk bisa menjadi berkat dengan cara menabur (memberi). Memberi seperti apakah yang Tuhan inginkan?

Isi dan sharing

Ada beberapa cara memberi yang Tuhan kehendaki :

  1. Memberi dengan kerelaan hati (2 Korintus 9:7)
    Sukarela berarti tulus. Orang yang memberi dengan tulus pastinya tidak mengharapkan imbalan apapun dari yang diberi. Rasul Paulus dalam 2 Korintus 9:7 mengajarkan kepada setiap orang Makedonia agar mereka memberi dengan sukarela, sehingga mereka memiliki motivasi yang benar ketika mereka sedang memberi (menabur). Berapa banyak dari kita yang sering mengharapkan imbalan ketika sudah memberi, baik bagi orang lain ataupun kepada Tuhan. Ketika Tuhan atau orang lain tidak membalas apa yang kita lakukan, biasanya reaksi yang pertama kali muncul marah dan kecewa. Apakah Anda sering mengalami hal yang seperti ini? (Sharingkan)
  2. Memberi yang terbaik (Matius 5:41)
    Apa yang ada dalam pikiran Anda tentang kata yang terbaik? (Sharingkan)
    Memberi yang terbaik adalah memberikan segala sesuatu yang kita miliki bagi Tuhan ataupun orang lain melebihi dari apa yang diharapkan. "Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil" (Matius 5:41). Artinya memberi di atas rata-rata. Paulus mengingatkan kita di 2 Korintus 9:6, jika ingin mendapatkan yang terbaik, jangan takut untuk menabur tanpa menghitung-hitung. Apa yang terbaik yang kita bisa berikan, berikanlah dengan segenap hati seperti untuk Tuhan (Kolose 3:23).

Kesimpulan dan saling mendoakan

Menabur (memberi) adalah satu keharusan bagi setiap kita orang percaya, karena Yesus pun sudah memberi segalanya bagi kita. Amin.