Satu tujuan

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Logo 12 Weeks of Wholeness-1x3.jpg
Satu tujuan
Logo Cool.png
Materi COOL Umum
PeriodeAgustus 2013
MingguIV (2013-34)
Sebelumnya
Selanjutnya
Unduh PDF
Demikianlah ketiga pasukan itu bersama-sama meniup sangkakala, dan memecahkan buyung dengan memegang obor di tangan kirinya dan sangkakala di tangan kanannya untuk ditiup, serta berseru: "Pedang demi TUHAN dan demi Gideon!" (Hakim-Hakim 7:20-22)

Pendahuluan

Gembala Jemaat, Pdt Sutadi Rusli, menyampaikan pesan Tuhan mengenai Pasukan Gideon, yakni bagaimana kita harus memeriksa diri kita, berbicara mengenai komitmen, dan kesungguhan bagi setiap jemaat Tuhan untuk sungguh-sungguh taat kepada Tuhan dan kepada para pemimpin yang telah Tuhan tetapkan untuk memimpin kita.

Dalam Hakim-Hakim 7, 300 orang Pasukan Gideon yang dipilih Tuhan, dibagi lagi menjadi 3 pasukan masing-masing seratus orang. Pada waktu itu belum ada peralatan komunikasi seperti handphone, walkie-talkie, tapi mereka sungguh-sungguh menunggu instruksi pemimpinnya, yaitu Gideon. Mereka sungguh-sungguh berada dalam satu kesatuan hati, mereka unity dengan pemimpinnya.

Isi dan sharing

Bagaimana agar kita tetap dalam satu tujuan sebagai prajurit yang telah dipilih Tuhan?

  1. Meneguhkan hati untuk komitmen
  2. Tuhan berpesan kepada Gideon untuk memeriksa barisan sampai ke lini terbawah, berbicara komitmen pasukan Tuhan. Kita harus berkomitmen nomor satu terhadap Tuhan, terhadap keluarga, dan setiap pelayanan yang Tuhan percayakan di dalam Tubuh Kristus. Dan kita meneguhkan hati untuk ada dalam satu kesatuan dalam para pemimpin rohani kita.
  3. Menetapkan diri berada dalam kesatuan
  4. Bila Pasukan Gideon yang telah dibagi menjadi 3 itu tidak unity, pastilah akan terjadi kekacauan. Tapi mereka tunduk pada Gideon, sekalipun perintahnya terdengar aneh, mau pergi berperang tapi malah dipersenjatai dengan sangkakala dan buyung kosong bersuluh (kendi kosong dengan obor)! Mereka pun bersatu hati, ketika Gideon meniup sangkakala dan memecahkan buyung di tangan, mereka semua mengikuti apa yang dilakukan Gideon, mereka satu visi dengan Gideon, sehingga berhasil memenangkan perang bahkan menawan dan membunuh dua raja Midian. Bayangkan, raja yang dikawal pasukan terbaik saja pada akhirnya bisa ditawan dan dibunuh oleh kelompok kecil pasukan Gideon! Kemenangan ini adalah hasil dari unity para pasukan Gideon yang dipilih Tuhan.
Sharing: Ketika Gembala Pembina kita menyampaikan agar kita terus melakukan Doa Keliling Prayer March, apakah kita sudah bersatu hati melaksanakannya? Minggu depan kita akan kembali berdoa keliling, mari maju laksanakan, sebagai bagian dari Pasukan yang terpilih.

Kesimpulan dan saling mendoakan

Kita adalah bagian dari pasukan Tuhan yang telah terpilih. Mari terus berkomitmen dan tetap ada dalam kesatuan hati bersama para pemimpin kita.

Gembala Jemaat, Pdt Sutadi Rusli, menyampaikan pesan Tuhan mengenai Pasukan Gideon, yakni bagaimana kita harus memeriksa diri, berbicara mengenai komitmen, dan kesungguhan untuk sungguh- taat kepada Tuhan dan kepada para pemimpin.