Menjadi Generasi Penuai

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Karena itu pergilah, jadikan semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus (Matius 28:19)

Pendahuluan

Amanat Agung adalah sebuah perintah yang Tuhan Yesus berikan kepada murid-murid-Nya agar menjadi Saksi Kristus sehingga penuaian jiwa-jiwa dapat terjadi.

Yesus yang memberikan keteladanan kepada kita untuk mempunyai hati yang penuh belas kasihan terutama kepada jiwa yang terhilang. Kita sebagai orang percaya yang sudah diselamatkan harus bergerak cepat untuk menuai jiwa-jiwa, kita harus mau mempelajari apa yang harus kita lakukan kepada jiwa-jiwa yang terhilang. (Lukas 5:1-11).

Isi dan sharing

Bagaimana agar kita bisa menjadi penuai dan menjala jiwa-jiwa?

  1. Berdoa dan membaca Firman (Lukas 5:2)
  2. Setelah murid-murid menjala ikan, mereka membasuh jala-jala mereka . Begitu juga dalam kehidupan kita, kita perlu dibasuh dan dibersihkan yaitu dengan tekun membaca, merenungkan, dan melakukan Firman Tuhan.
  3. Memiliki hati mau diubah dan berubah (Lukas 5:4)
  4. “Bertolaklah ke tempat yang lebih dalam” berbicara bahwa kita harus berani mengambil keputusan untuk bertindak untuk menuai jiwa-jiwa, dan kita harus cepat tanggap dalam menuai jiwa-jiwa.
  5. Ketaatan (Lukas 5:5)
  6. Perintah Tuhan menebar jala yang merupakan hal yang aneh karena mereka semalaman menjala ikan tidak mendapatkan. Tetapi ketika Tuhan yang memerintahkan, lalu para murid taat, menghasilkan tuaian yang luar biasa. Mari kita taat akan perintah-Nya dan terhadap otoritas yang Tuhan tetapkan di atas kita.
  7. Kerja sama (Lukas 5:7)
  8. Setelah mendapat banyak berkat para murid memanggil teman-temannya untuk mengambil ikan yang sangat banyak. Perlunya kerjasama dapat kita lihat dari hal ini, karena tuaian banyak dan penuainya sedikit maka dibutuhkan kerjasama dalam menuai jiwa-jiwa.

Kesimpulan dan saling mendoakan

Amanat agung yang Tuhan perintahkan kepada kita untuk menuai jiwa-jiwa berguna untuk harta di surga adalah sebuah keharusan, bukan pilihan. Mari kita melangkah lebih giat lagi sebagai Penuai yang telah dipilih oleh Tuhan.

Amanat Agung adalah sebuah perintah yang Tuhan Yesus berikan kepada murid-murid-Nya agar menjadi Saksi Kristus sehingga penuaian jiwa-jiwa dapat terjadi.