Bergerak maju

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Logo 12 Weeks of Wholeness-1x3.jpg
Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku (Filipi 3:13)

Pendahuluan

Hari-hari ini kita terus diingatkan tentang visi yang Tuhan berikan di tahun 2013 ini untuk kita naik ke level yang lebih tinggi.

Dari ayat di atas kita tahu bahwa Paulus sadar dirinya tidaklah sempurna. Tapi satu hal yang dia lakukan, yang juga Tuhan ingin kita lakukan yaitu mengarahkan diri pada apa yang ada di depan. Bergerak bisa berarti ke kiri, ke kanan, ke belakang. Tapi kita harus bergerak maju, tidak boleh puas dengan yang biasa-biasa saja. Kita harus terus bertumbuh dan bergerak maju di dalam tuntunan Tuhan.

Isi dan sharing

Apa yang harus diperhatikan supaya kita dapat terus bergerak maju di dalam Tuhan?

  1. Melepaskan diri dari (dosa) masa lalu (1 Yohanes 1:9)
  2. Ketika kita percaya pada Tuhan Yesus dan bertobat, kita dimerdekakan dari segala ikatan dosa yang menghambat kita untuk maju.
  3. Berpedoman selalu pada Firman Tuhan (Mazmur 119:57)
  4. Hidup tidaklah mudah. Hidup adalah pertarungan atau dapat disebut pertandingan iman. Kita akan selalu ada di pihak yang menang jika kita bersandar pada Tuhan dan Firman Tuhan yang merupakan jawaban atas segala tantangan dan pergumulan yang kita hadapi.
  5. Tetaplah berdoa (1 Tesalonika 5:17)
  6. Ingat dengan berdoa kita menjalin keintiman dengan Tuhan. Semakin kita intim dengan Tuhan, semakin kita peka akan kehendak Tuhan dalam hidup kita.
  7. Iman (Ibrani 11)
  8. Kita percaya bahwa Tuhan menyertai di setiap langkah kita. Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah. (Roma 8:28)
  9. Perhatikan tuntunan Tuhan (Hakim-Hakim 7:17-18)
  10. Kita harus memperhatikan tuntunan Tuhan melalui pemimpin kita. Urapan turun dari para pemimpin yang telah Tuhan tetapkan bagi kita.(Mazmur 133:2)

Kesimpulan dan saling mendoakan

Ketika kita mengatur fokus kita ke depan, kita akan bergerak maju sesuai dengan apa yang Tuhan rencanakan bagi hidup kita. [LHS]

Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku (Filipi 3:13)