Komitmen

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Berkatalah Nebukadnezar: "Terpujilah Allahnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego! Ia telah mengutus malaikat-Nya dan melepaskan hamba-hamba-Nya, yang telah menaruh percaya kepada-Nya, dan melanggar titah raja, dan yang menyerahkan tubuh mereka, karena mereka tidak mau memuja dan menyembah allah manapun kecuali Allah mereka. (Daniel 3:28)

Pendahuluan

Komitmen adalah tindakan dari pihak kita sebagai respons atas kebaikan Tuhan yang luar biasa, untuk mengabdi kepada-Nya dengan sungguh-sungguh dan seumur hidup kita. Seluruh isi Alkitab akan menjadi sia-sia dan tidak ada artinya jika kita menanggapinya tanpa disertai sebuah komitmen.

Gembala Jemaat, Pdt Sutadi Rusli, mengingatkan kembali bahwa hamba-hamba Tuhan seperti Chuck Pierce dan Bob Jones telah menyampaikan bahwa kita harus memiliki komitmen yang lebih kuat lagi di tahun ini. Hari-hari ini kita sedang ada dalam konsolidasi Pasukan Gideon. Gideon diperintahkan Tuhan untuk memeriksa kembali barisannya, mengevaluasi, dan menyeleksi Pasukan yang akan menyerang musuh. Memeriksa barisan ini berbicara mengenai bagaimana setiap anggota pasukan mau berkomitmen di dalam barisannya, bekerja sama dalam pasukan di mana dia ditempatkan, dan mau tunduk kepada pemimpin pasukan yang telah ditetapkan Tuhan.

Dari kitab Daniel, kita juga tahu bagaimana Sadrakh, Mesakh, dan Abednego teguh dalam komitmennya, tidak mau menyembah patung buatan Raja meskipun harus menanggung resikonya yaitu kematian.

Isi dan sharing

Apakah kita berkomitmen untuk mengikuti jalan-Nya meskipun ada tantangan demi tantangannya? Bagaimana cara agar kita berkomitmen?

  1. Hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya
  2. Engkau telah menerima janji dari pada TUHAN pada hari ini, bahwa Ia akan menjadi Allahmu, dan engkaupun akan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya dan berpegang pada ketetapan, perintah serta peraturan-Nya, dan mendengarkan suara-Nya. (Ulangan 26:17) Fokus kita kepada Tuhan menunjukkan kita berkomitmen untuk tetap mengikut Tuhan karena kita berharga di mata Tuhan. Jadi, berikan yang terbaik untuk Tuhan di dalam perkenanan Tuhan.
  3. Tertanam di gereja lokal
  4. Gereja adalah alat Tuhan untuk menyatakan Kerajaan Allah di dunia ini. (Efesus 2:19-22; 1 Petrus 2:5; 1 Korintus 12:27). Marilah kita berkomitmen untuk bertumbuh dewasa di gereja lokal kita masing-masing, dengan cara:
    • Menerima nilai-nilai dan tujuan gereja lokal. Mendukung visi dan misi serta nilai-nilai gereja lokal.
    • Keinginan untuk berbuat bagi gereja lokal. Sekecil apapun kontribusi kita berharga di mata Tuhan.
    • Keinginan yang kuat untuk tetap bersama dalam gereja lokal. Memiliki komunitas dan hadir dalam pertemuan ibadah (seperti Ibadah Raya dan COOL).

Kesimpulan dan saling mendoakan

Kita adalah satu kesatuan Tubuh Kristus yang saling melengkapi dan utuh. Mari kita saling mendoakan untuk tetap berada dalam unity serta memiliki komitmen yang kuat.

Komitmen adalah tindakan dari pihak kita sebagai respons atas kebaikan Tuhan yang luar biasa, untuk mengabdi kepada-Nya dengan sungguh-sungguh dan seumur hidup kita. Seluruh isi Alkitab akan menjadi sia-sia tanpa disertai sebuah komitmen.