Bisa dipercaya

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

Maka sekarang, bersumpahlah kiranya demi TUHAN, bahwa karena aku telah berlaku ramah terhadapmu, kamu juga akan berlaku ramah terhadap kaum keluargaku; dan berikanlah kepadaku suatu tanda yang dapat dipercaya, (Yosua 2:12)

Pendahuluan

Apakah yang bisa dipercaya oleh generasi muda dalam menghadapi masa sulit seperti sekarang? Ketika kita bisa dipercaya oleh siapapun, itu suatu hal yang sangat membanggakan karena orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat.

Orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat, … (Amsal 28:20a).

Kita bisa dipercaya saat kita jujur dalam segala hal. Jujurkah kita kepada generasi muda dan kepada diri sendiri?

Isi dan sharing

Bagaimana agar kita dapat menjadi teladan generasi muda yang dapat dipercaya?

  1. Jujur
  2. Tidak berkompromi dengan kebohongan kepada siapapun juga, termasuk kepada anak-anak kita, sehingga kita dapat menjadi teladan yang baik. Kita melakukan segala sesuatunya tanpa ada kebohongan, kepalsuan, atau kemunafikan. Kita lakukan dengan jujur apa adanya, tidak abu-abu. Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak. Apa yang lebih dari pada itu berasal dari si jahat. (Matius 5:37)
  3. Memiliki integritas
  4. Yusuf adalah seorang yang dapat dipercayai, bahkan oleh Tuhan sendiri. Saat tidak ada orang yang melihat pun, dia tidak mengambil "kesempatan dalam kesempitan" untuk melakukan hal-hal yang menguntungkan dirinya sendiri. Dia pun tidak mengambil kesempatan dengan istri Potifar. Tuhan selalu menyertai Yusuf, sehingga dia selalu berhasil dalam pekerjaannya.
  5. Bertanggung jawab
  6. Siapapun kita, pasti tidak mau memberikan kepercayaan kepada orang yang tidak bertanggung jawab. Demikian juga sebaliknya, tidak akan ada yang mau memberi kepercayaan kalau kita tidak bertanggung jawab. Bertanggung jawab adalah sebuah syarat mutlak agar kita dapat dipercaya. Jika kita diberikan tanggung jawab yang kecil, jangan pernah meremehkan ataupun berputus asa, tapi tetap percaya pasti kita akan diberikan kepercayaan yang lebih besar lagi. Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam hal kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam hal yang besar. (Matius 25:21)

Kesimpulan dan saling mendoakan

Mari belajar untuk tetap bisa dipercaya dalam segala keadaan supaya kita dapat menjadi teladan yang bisa dipercayai oleh generasi muda, rekan-rekan, atasan, dan terutama dapat dipercaya oleh Tuhan sendiri. Amin. MNK/LC

Apakah yang bisa dipercaya oleh generasi muda dalam menghadapi masa sulit seperti sekarang? Ketika kita bisa dipercaya oleh siapapun, itu suatu hal yang sangat membanggakan karena orang yang dapat dipercaya mendapat banyak berkat.