Generasi Penerobos

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Kemudian Kaleb mencoba menenteramkan hati bangsa itu di hadapan Musa, katanya: "Tidak! Kita akan maju dan menduduki negeri itu, sebab kita pasti akan mengalahkannya!" (Bilangan 13:27-32)

Pendahuluan

Saat ini kita sedang memasuki Doa Terobosan yaitu 9 minggu yang mengubahkan. Inilah tuntunan Tuhan bagi gereja kita melalui Gembala Jemaat, Bapak Pdt Sutadi Rusli, Tuhan ingin mempersiapkan para Generasi Yosua (bukan berbicara masalah usia) untuk menjadi penerobos-penerobos di akhir zaman. untuk menjadi seorang penerobos diperlukan tingkat kedewasaan secara rohani. Kedewasaan rohani tidak diukur dari seberapa banyak pengetahuannya akan Firman Tuhan tetapi bagaimana respons (sikap) kita ketika diperhadapkan dengan situasi atau keadaan yang tidak mengenakan. Yosua dan Kaleb adalah tokoh kunci yang mengalami terobosan dan sekaligus menjadi penerobos, dan akhirnya mereka bisa masuk ke tanah Kanaan

Isi dan sharing

Sikap kedewasaan seperti apa yang dimiliki oleh Yosua dan Kaleb sehingga bisa menjadi Penerobos?

  1. Memiliki mental yang kuat (Bilangan 13:30)
    Mental adalah sikap atau karakter yang dibentuk dan dipengaruhi oleh latar belakang budaya, pola asuh masa kecil dan pendidikan. Contoh, banyak orang takut menghadapi tantangan ketika diberikan satu kesempatan untuk maju, mereka merasa tidak mampu sebelum melakukannya dan akhirnya kalah. Yosua dan Kaleb adalah tipe orang yang memiliki mental penerobos, sekalipun mereka harus diperhadapkan dengan tantangan yang berat. Tantangan apa yang saat ini Anda hadapi, apakah Anda berani menghadapi tantangan itu? (Sharingkan)
  2. Memiliki visi atau tujuan
    Orang yang dewasa adalah orang yang memiliki visi atau tujuan di dalam hidupnya. Yosua dan Kaleb adalah tipe orang yang memiliki visi, mereka berani untuk keluar dari Zona Nyaman untuk mencapai tujuan sekalipun banyak resiko yang harus mereka hadapi. Visi adalah salah satu sarana yang sangat diperlukan bagi seorang penerobos, tanpa visi dan tujuan yang jelas kita tidak akan menjadi Generasi Penerobos. Sudahkah Anda memiliki visi buat keluarga, istri, anak, dan diri Anda secara pribadi? (Bagi yang sudah berkeluarga, sharingkan visi Anda bagi keluarga Anda dan jika belum berkeluarga apa visi Anda secara pribadi)

Kesimpulan dan saling mendoakan

Untuk menjadi Generasi Penerobos tidak bisa dipisahkan dari kedewasaan secara rohani, yang mampu merespon secara benar sesuai dengan Firman Tuhan dan memiliki mental yang kuat dan tujuan yang jelas. Amin.