Tahun Ayin Aleph

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu. (Matius 6:33)

Pendahuluan

Pada tanggal 8 September 2010, kalender orang Yahudi berubah dari tahun 5770 menjadi tahun 5771. Tahun 5770 disebut tahun Ayin dan tahun 5771 disebut tahun Ayin Aleph. Gembala Pembina kita, Pdt Dr Ir Niko Njotorahardjo, mengajarkan kita untuk terus mencari tuntunan Tuhan di hari-hari akhir ini, salah satunya dengan mengerti arti rohani dari pengertian tahun tersebut. Pengertian dari tahun Ayin Aleph adalah Aleph berarti 1 atau utama, sehingga pengertian rohaninya adalah tahun ini adalah tahun di mana kita hidup mengutamakan Tuhan Yesus lebih dari segalanya. Matius 6:33 mengajar kita untuk mencari lebih dahulu Kerajaan Allah dan kebenaran-Nya, maka semuanya akan ditambahkan kepada kita. Bagaimana kehidupan rohani kita hari-hari ini? Apakah kita sudah hidup mengutamakan Tuhan Yesus di atas segala-galanya? Sharingkan.

Isi dan sharing

Marilah kita mengevaluasinya dengan:

  1. Buah pertobatan (Efesus 5:1-11)
    Apakah kita masih melakukan dosa-dosa lama kita dan belum sungguh-sungguh meninggalkannya? Kalau kita hidup mengutamakan Tuhan Yesus, maka kita tidak akan sanggup melakukan hal-hal yang tidak berkenan di hadapan-Nya.
  2. Buah Roh (Galatia 5:22-23)
    Tuhan menginginkan kita menjadi serupa dengan karakter Yesus yang ada pada buah Roh in. Bagaimana dengan buah Roh dalam hidup kita? Apakah kita malas mengubah kelakuan lama kita, misalnya dari cepat marah menjadi sabar? Kala kita hidup mengutamakan Yesus, maka kita mau dan rela untuk berubah supaya hidup kita menyenangkan Tuhan.
  3. Doa, pujian, dan penyembahan
    Kita ada di gereja dengan visi pemulihan Pondok Daud yang berbicara tentang doa, pujian, dan penyembahan. Bagaimana kehidupan doa, pujian, dan penyembahan kita? Apakah masih terbatas waktu di gereja saja atau sudah menjadi gaya hidup kita sehari-hari? Tuhan Yesus adalah Allah kita yang layak untuk disembah setiap waktu dalam hidup kita (Mazmur 104:33). Jika kita hidup mengutamakan Tuhan, biarlah kita senantiasa memuji-muji Dia karena Dia adalah Allah yang layak dipuji dan disembah (Mazmur 145:1-3).
  4. Melakukan Firman Tuhan (Mazmur 119:57, 97)
    Firman Tuhan berisi tentang janji dan perintah-perintah-Nya. Bagaimana kita merespon firman-Nya? Apakah kita cepat untuk melakukan perintah-Nya seperti kita juga cepat menerima janji berkat-Nya? Atau kita lambat melakukan perintah-Nya tetapi cepat jika menerima janji berkat-Nya? Kalau kita mengutamakan Tuhan maka kita harus melakukan kedua hal dalam firman Tuhan yaitu perintah dan janji-Nya dengan sikap atau respons antusias (Mazmur 119:60).

Kesimpulan dan saling mendoakan

Mengutamakan Yesus itu harus menjadi gaya hidup kita sebagai orang percaya.