Berani tampil beda

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Sekiranya kamu dari dunia, tentulah dunia mengasihi kamu sebagai miliknya. Tetapi karena kamu bukan dari dunia, melainkan Aku telah memilih kamu dari dunia, sebab itulah dunia membenci kamu. (Yohanes 15:19)

Pendahuluan

Berani tampil beda artinya berani bersikap benar, sekalipun konsekuensinya kita hanya berdiri sendirian/tidak mendapat dukungan orang lain. Banyak orang berani bersikap tetapi bukan di atas dasar kebenaran. Itulah sebabnya orang-orang semacam ini akan kompromi saat diperhadapkan dengan tekanan, tantangan, atau godaan. Berani tampil beda tidak dibangun dalam sekejap, tetapi hasil latihan proses dari waktu ke waktu. Ini adalah sebuah pilihan.

Berani tampil beda adalah sebuah karakter, karena jika kita tidak melakukannya, kita akan selalu kompromi terhadap dosa dan firman Tuhan, kita tidak akan pernah menjadi anak Tuhan yang berani tampil beda.

Sharingkan: Apa arti berani tampil beda menurut Anda pribadi?

Isi dan sharing

Untuk dapat tampil beda dalam hidup kita, bukan dilihat pada saat ibadah raya, tetapi dalam hidup kita sehari-hari. Di sanalah kita ditantang untuk terus berkata "ya" terhadap kebenaran dan "tidak" terhadap daging/keinginan diri sendiri.

Bagaimana caranya untuk berani berdiri di atas firman Tuhan (tampil beda)?

  1. Berani berkata "tidak" terhadap setiap godaan atau pencobaan (Matius 26:41)
    Kita tidak dapat melarang godaan/pencobaan untuk tidak datang, tetapi kita dapat melawannya dengan firman Tuhan. Ingat, Yesus melawan iblis dengan selalu berkata, "Ada tertulis ..."
    Bersikap doa dan waspada akan membuat roh kita semakin kuat dan keinginan/daging kita semakin lemah. Jangan takut untuk berperang melawan iblis dan diri sendiri, karena di sinilah bukti ketaatan kita akan teruji.
    Sharingkan: Apa yang membuat Anda sulit berkata "tidak" pada godaan/pencobaan?
  2. Melakukan firman Tuhan dan menghadapi pencobaan dengan sadar dan sukacita (Yakobus 1:2-3)
    Terkadang kita berani tampil beda, berani melakukan firman Tuhan di saat ada tekanan, tetapi tidak tahu alasannya. Kita tidak mengerti mengapa atau apa gunanya kita berdiri di dalam standar Allah.
    Mulai hari ini, kita belajar untuk berani hidup dalam standar Allah dengan penuh pengertian dan sukacita, bukan dengan beban.

Kesimpulan dan saling mendoakan

Setiap keputusan kita untuk memegang firman Tuhan adalah bukti ketaatan kita kepada Allah. Allah memiliki janji untuk anak-anak-Nya yang berani tampil beda, yaitu kemerdekaan yang sesungguhnya dan mahkota kehidupan (Yakobus 1:12). Tidak ada di bumi ini yang pantas untuk kita tukarkan dengan janji itu. Tuhan Yesus memberkati Anda semua.