Asah pedang Rohmu

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi." (Yosua 1:9)

Pendahuluan

Sebagai anak-anak Allah, tidak berarti kita tidak usah lagi mengalami hal-hal yang sulit. Justru Allah akan memulai suatu "perjalanan rohani" yang tujuannya mendewasakan kita. Salah satu caranya adalah dengan mengizinkan masalah dan tekanan menghampiri hidup kita. Tetapi sekalipun demikian, Ia juga berkata supaya kita jangan takut, karena Ia berjanji akan selalu menyertai kita.

Sekalipun demikian, kita tidak dapat bertahan dalam masalah/tekanan dengan mengandalkan kekuatan kita. Hanya ada satu hal yang membuat kita kuat melewati segala tantangan, yaitu firman Tuhan.

Isi dan sharing

Banyak anak-anak Tuhan yang "kehabisan tenaga" sewaktu menghadapi ujian hidup atau bahkan peperangan rohani. Energi mereka terkuras dan pada akhirnya akan mengalami kekalahan. Mereka menyerah pada masalah/tekanan dengan melakukan kompromi-kompromi, baik terhadap dosa dan kebenaran. Mereka lari dari masalah dengan lari dari konflik, komunitas, atau gereja. Padahal ada satu rahasia yang Tuhan beri, yaitu pedang Roh-Nya, yang memampukan kita melewati hari sulit atau melawan iblis. Masalahnya tidak semua anak Tuhan mengenal atau hapal firman-Nya sebagai "pedang Roh kehidupan".

Bagaimana caranya agar pedang Roh kita tetap terasah dengan baik?

  1. Baca firman Tuhan dan renungkan (Mazmur 1:1-2)
  2. Saat teduh bukanlah suatu rutinitas yang harus kita lakukan, tetapi itu adalah satu cerminan kita dalam hal mau mengenal Allah. Bila peribahasa dunia saja bisa mengatakan "tak kenal maka tak sayang", maka bila kita mau mengenal Tuhan dan firman-Nya, kita harus sering dan banyak baca firman Tuhan.
    Merenungkan akan menyebabkan firman Tuhan itu melekat dan menetap dalam pikiran, hati, dan kehendak kita.
    Sharingkan: Apakah Anda masih menemui kesulitan dalam bersaat teduh secara teratur? Apa sebabnya? Pernahkan Anda membaca Alkitab sampai tamat dari Kejadian sampai Wahyu?
  3. Perkatakan selalu firman Tuhan (Yosua 1:8)
  4. Memperkatakan akan menolong kita dalam membangun iman, karena telinga kita akan mendengar apa yang kita katakan dan hati kita yakin akan apa yang kita katakan (Roma 10:17), dan kita akan lebih berhati-hati dalam bertindak karena ingat apa yang kita ucap dan dengar.
    Sharing: Seberapa sering kita memperkatakan firman dan janji Tuhan sehari-hari?

Kesimpulan dan saling mendoakan

Tahun ini adalah Tahun Terobosan. Itu adalah janji Tuhan bagi kita. Mari kita bangun gaya hidup ini dalam rangka meraih janji Tuhan, yaitu baca firman Tuhan dan mulai perkatakan firman itu setiap hari. Mulailah berlatih dan bangun iman Anda. Dengan mengasah pedang Roh Anda setiap saat, Tuhan memiliki janji yang indah, yaitu perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung (Yosua 1:8b). Amin.