Yesus adalah Penasihat Ajaib (Khotbah Pdt Sutadi Rusli)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Yesus adalah Penasihat Ajaib
Sutadi Rusli-20180812-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

Ringkasan Khotbah
KebaktianIbadah Raya
TanggalMinggu, 9 Desember 2018
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatGraha Amal Kasih
KotaBogor

Jikalau bukan TUHAN yang membangun rumah, sia-sialah usaha orang yang membangunnya; jikalau bukan TUHAN yang mengawal kota, sia-sialah pengawal berjaga-jaga. Sia-sialah kamu bangun pagi-pagi dan duduk-duduk sampai jauh malam, dan makan roti yang diperoleh dengan susah payah--sebab Ia memberikannya kepada yang dicintai-Nya pada waktu tidur. (Mazmur 127:1-2)

Shalom dan selamat pagi, semua diberkati Tuhan? Amin!

Saudara yang dikasihi Tuhan, kita sudah ada dalam bulan Desember tahun 2018. Setiap kali dalam bulan Desember kita memperingati perayaan Natal. Tema Natal kita untuk tahun ini, Lahirnya Sang Raja Damai, diambil dari Yesaya 9:5, … telah lahir … Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Yesus adalah Penasihat Ajaib

Dalam tiga minggu terakhir, kita tahu kota Paris di negara Prancis mengalami kerusuhan. Saya membaca apa sesuatu yang menarik dari negara Prancis, ternyata setiap tahun mereka menghabiskan uang Rp 2 trilyun hanya untuk membayar tukang-tukang ramal. Mereka lebih suka ke tukang ramal ketimbang rohaniwan. Sehingga perbandingan tukang ramal berbanding rohaniwan itu luar biasa. Satu tukang ramal berbanding 120 orang Prancis, sedangkan 1 Rohaniwan berbanding 5000 orang Prancis.

Saya mau sampaikan, sebagai orang percaya, hati-hati! Saya kenal beberapa Hamba Tuhan, Pendeta-pendeta yang latar belakangnya adalah tukang-tukang ramal, kwamia, seperti Pdt Eku Hidayat, Pdt Harun Yusuf. Kita mendengar kesaksian mereka yang dulunya berprofesi tukang ramal ini, dan sekarang dipanggil menjadi Hamba-Hamba Tuhan. Mereka memberikan kesaksian mengenai betapa berbahaya bagi mereka yang datang untuk minta diramal. Pdt Harun Yusuf pernah cerita, kalau ada yang datang minta diramal, maka backing roh-roh jahat yang dikuasainya akan langsung menguasai roh dari orang yang datang itu. Sehingga apa yang disampaikan tukang ramal ini menjadi sesuatu yang masuk ke dalam diri orang ini. Jadi, kalau dikatakan 3 bulan lagi akan bercerai, sekian tahun akan meninggal, roh jahat akan kuasai roh orang itu, dan apa yang diramalkan tukang ramal itu akan terjadi.

Kalau pernah ada yang diramal, Saudara yang dikasihi Tuhan, datang ke satu penasihat ajaib yang sanggup memutuskan kekuatan-kekuatan roh jahat itu, dalam nama Tuhan Yesus Kristus!

Dalam Kitab Imamat dikatakan kita dilarang untuk datang ke peramal karena akan mendatangkan kecelakaan kepada orang percaya!

Di dunia ini ada berbagai macam penasihat. Ada penasihat keuangan, penasihat keluarga, penasihat bisnis, penasihat untuk membangun kepercayaan. Pada tahun 2009, waktu Presiden ke-44, Barack Obama, dilantik sebagai Presiden AS, dia dan istrinya diberikan penasihat. Michelle Obama katakan saya juga perlu penasihat untuk anak-anak saya, bagaimana menjadi anak-anak seorang Presiden. Dan dengan biaya negara, anak-anak Presiden Obama pun diberikan penasihat, bagaimana dia sebagai anak seorang Presiden.

Saudara yang dikasihi Tuhan, kita semua perlu penasihat, dan kita punya Penasihat di atas segala penasihat, Tuhan Yesus Kristus! Amin!

Yesaya 9:5,

Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.

Siapa yang memerlukan Penasihat Ajaib? Kita semua perlu nasihat. Seperti Presiden Obama perlu nasihat, kita pun perlu. Di atas segala penasihat, ada satu Pribadi, Tuhan Yesus Kristus, menjadi Penasihat Ajaib. Kenapa disebut Penasihat Ajaib? Ada apa? Bukan sesuatu yang sembarangan.

Ada 2 hal mengapa Dia disebut Penasihat Ajaib.

#1 Yesus adalah 100% Tuhan

Dia adalah 100% Tuhan, Dia tahu masa depan Saudara, apa yang Saudara perlukan, perkembangan di hari-hari yang akan datang. Dia pegang hari esok.

Ahli-ahli Alkitab berkata, kurang lebih ada 6000 nubuatan, luar biasa banyaknya, yang bicara apa yang akan terjadi di hari-hari ke depan. Dan luar biasa, ahli-ahli Alkitab katakan, dari 6000 nubuatan itu, hampir 80% sampai dengan hari-hari ini sudah digenapi. Tidak ada Kitab Suci selain Alkitab yang begitu tepat dan dibuktikan dengan nyata bahwa apa yang disampaikan Alkitab adalah benar adanya! Amin!

Saudara harus yakin 100% bahwa Alkitab adalah Firman Tuhan, dan dari Firman Tuhan sudah menjadi manusia, Tuhan Yesus Kristus! Amin!

Kita harus sangat percaya sehingga kita didorong untuk baca setiap hari Firman Tuhan. Ada nasihat-nasihat hari lepas hari, untuk masa depan Saudara, kesembuhan, keluarga, semua dalam Firman Tuhan! Amin!

Saudara yang dikasihi Tuhan, kalau sudah 80% Dia membuktikan bahwa nubuatan, apa yang akan terjadi itu sudah digenapi, tinggal 20% lagi. Dia akan datang segera, kalau yang 80% sudah Dia buktikan, Dia akan buktikan Dia akan segera datang.

Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi, maka Tuhan sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Kristus akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan. (1 Tesalonika 4:16-17)

Amin!

#2 Yesus adalah 100% manusia

Dia 100% Allah, sehingga Dia tahu masa depan Saudara. Tapi Dia juga adalah 100% manusia. Amin!

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (Yohanes 3:16)

Ada orang yang tanya, mana mungkin Tuhan turun jadi manusia? Tapi bagi kita, itu sangat mungkin.

Ada seorang Raja yang sangat mengasihi rakyat yang dipimpinnya. Bukan sekedar dengar anak buahnya, tapi dia mau tahu secara tepat apa yang terjadi. Raja yang bijaksana ini turun dan menyamar menjadi seorang sopir. Lalu dia turun tanpa seorang pun mengenal dia. Waktu dia seperti itu seperti rakyat jelata, demikian juga Tuhan Yesus adalah Tuhan yang turun sebagai manusia dan tahu seperti Saudara dan saya.

Saudara yang dikasihi Tuhan, itulah karena Dia adalah 100% manusia, Dia tahu apa yang Saudara alami! Amin!

Apa yang kita alami, Dia sudah alami! Dia sudah dikhianati, diludahi, sakit, diolok-olok, Dia sudah alami 2000 tahun lalu! Bahkan Dia sudah menanggungnya supaya kita diberkati dalam nama Tuhan Yesus Kristus.

Itulah Tuhan kita, kenapa Dia disebut Penasihat Ajaib.

Nasihat bagi gereja di akhir zaman

Tuhan memberikan nasihat kepada gereja di akhir zaman, buat kita semua. Sudah ditulis dalam Alkitab.

maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat. (Wahyu 3:18)

Gereja Laodikia adalah gereja yang kaya secara jasmani, di kota perdagangan, jadi secara materi kaya. Tapi Tuhan katakan kamu ini miskin. Kaya secara jasmani, tapi miskin secara rohani. Itu kondisi gereja akhir zaman. Dengarkan baik! Saya berdoa tidak ada di dalam gereja di mana kita berada.

Kita ada di gereja, tapi mungkin hanya ala kadarnya, kita tidak ada keintiman dengan Tuhan. Inilah orang-orang percaya yang suam-suam kuku! Ayo lebih sungguh-sungguh lagi dalam Tuhan! Amin!

Jangan jadikan Kekristenan sekadarnya saja, Tuhan akan muntahkan yang suam-suam kuku. Kita harus jadi Kristen yang lebih sungguh-sungguh dalam Tuhan.

Kepada Gereja Laodikia, Dia kasih nasihat, Maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau:

  • membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya,
  • dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan;
  • dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.

Ada 3 hal yang Tuhan pesankan sebagai penutup gereja di akhir dari akhir zaman ini.

  1. Beli emas yang telah dimurnikan
  2. Beli itu ada korbannya, harus merelakan sejumlah uang untuk membeli. Saudara harus merelakan diri untuk dimurnikan seperti emas yang telah dimurnikan dalam api. Kita disuruh pikul salib dan ikut Tuhan. Ada proses yang mesti kita jalani.

  3. Pakai pakaian putih yang kudus
  4. Dengarkan baik, keselamatan bisa hilang. Keselamatan itu gratis, tapi kalau tidak menjaga hidup baik-baik, sungguh-sungguh dalam Tuhan. Pengajaran lain katakan sekali selamat tetap selamat. Tapi tidak, waktu sudah jadi orang percaya, kekudusan harus ada dalam hidup kita. Jaga baik-baik.

  5. Minyak
  6. Minyak bicara Roh Kudus. Kita butuh Roh Kudus. Setiap pagi saya berdoa agar tuntun saya, saya minta nasihat, apa yang harus saya lakukan sepanjang hari ini.

    Waktu kita minta dengan kerendahan hati, pasti Tuhan akan membukakan mata rohani kita, sehingga perjalanan kita menjadi berhasil dan beruntung karena kita punya satu nama Penasihat Ajaib.

Amin!