Khotbah: Tanggalkan beban, berlari-lari pada tujuan! (3 Weeks of Repentance)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
RINGKASAN KHOTBAH
Kebaktian3 Weeks of Repentance
TanggalSabtu, 22 Desember 2012
GerejaGBI Danau Bogor Raya
LokasiGraha Amal Kasih
KotaBogor

Tidak kebetulan, tinggal beberapa hari lagi kita akan meninggalkan 2012 memasuki 2013. Kita mau menanggalkan segala beban di belakang, kita masuk 2013 dengan janji Tuhan bagi setiap kita.

Filipi 3:13-14, Saudara-saudara, aku sendiri tidak menganggap, bahwa aku telah menangkapnya, tetapi ini yang kulakukan: aku melupakan apa yang telah di belakangku dan mengarahkan diri kepada apa yang di hadapanku, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Kita tidak mau masuk 2013 dengan membawa beban. Segala yang tidak berkenan kita tinggalkan di belakang. Tidak kebetulan kalau hari-hari ini Gembala Sidang mengadakan 3 Weeks of Repentance, agar kita masuk 2013 dengan berkat yang baru.

Janji Tuhan adalah ya dan amin. Kita harus lupakan yang ada di belakang, mungkin kita ditipu orang, macam-macam. Saudara mungkin berkata, Bapak sih ngomong enak saja. Saya yang ditipu, saya dibohongin orang.

Saya mau bersaksi pada Saudara. Jangan menganggap segala sesuatu dari uang. Satu kali saya berkeluh kesah pada Tuhan. Kok saya melayani Tuhan tapi saya mengalami hal-hal seperti ini. Kok tidak sukses, saya kok ketinggalan jauh dari saudara-saudara yang lain.

Hari itu saya membaca Firman Tuhan, 1 Timotius 6. Di situ Firman Tuhan berbicara pada saya, Kamu itu kaya, kamu itu masih bisa memberi sama orang, kamu bahagia, itu kamu sudah kaya. Di situ saya nangis, kita lahir tidak bawa apa-apa, mati pun tidak bawa apa-apa. Di situ saya ditegor. Saya bersalah.

Saya minta ampun pada Tuhan. Tuhan kemudian berikan saya suatu gambaran, saya diberi uang sebanyak yang saya mau, tapi tangan kanan-kiri saya penuh selang, mulut megap-megap. Benar minggu lalu Pak David katakan, buat apa orang kaya tapi tidak bisa makan apa-apa.

Apapun, apa yang saya mau nikmati hari ini saya bisa menikmati, Tuhan cukupkan segala sesuatu. Kekuatan, kesehatan, itu adalah berkat yang besar. Bukan kuat gagah saya kalau hari ini saya bisa kuat. Saya didoakan oleh Gembala Sidang, saya didorong untuk maju terus, dan saya tahu janji Tuhan adalah ya dan amin.

Dikatakan dalam Filipi 3:14, dan berlari-lari kepada tujuan untuk memperoleh hadiah, yaitu panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus.

Kalau kita mau lari tapi masih ingat yang di belakang, terus berpikir, saya rugi banget, saya dibohongi orang, rasanya mau lari ke depan susah. Di belakang kita dibohongi orang, ditipu, macam-macam sehingga kita masuk ke 2013 terseok-seok. Kita mau masuk 2013 dengan berkat yang dari Tuhan. Sebab di depan Tuhan sudah memberikan yang terbaik bagi kita. Saya percaya itu.

Kita tahu panggilan sorgawi, menuai banyak jiwa bagi Tuhan. Bukan tugas Pendeta atau Gembala saja, tapi kita semua adalah hamba-hamba Tuhan. Kita mau kita bersatu hati, menopang banyak jiwa bagi Tuhan.

Saya tahu, hadiah panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus, kita mau menjangkau banyak jiwa di Kota Bogor kepada Juruselamat, sehingga pada waktu kita berjumpa dengan Tuhan, Tuhan mengatakan, Hambaku yang baik dan setia!

Saya juga mau demikian, saya mengucap syukur untuk setiap kesempatan bersaksi akan kebaikan Tuhan. Biarlah kita masuk 2013 dengan menanggalkan beban, tinggalkan perbudakan Mesir.

Amin.