Immanuel, Allah beserta kita! (Natal 2012) (Khotbah Pdt Sutadi Rusli)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Immanuel, Allah beserta kita! (Natal 2012)
Sutadi Rusli-20121225-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

Ringkasan Khotbah
KebaktianIbadah Raya
TanggalSelasa, 25 Desember 2012
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatPuri Begawan, Bogor
KotaBogor

As little children we would dream of Christmas morn
Of all the gifts and toys we knew we'd find
But we never realized a baby born one blessed night
Gave us the greatest gift of our lives

We were the reason that He gave His life
We were the reason that He suffered and died
To a world that was lost, He gave all He could give
To show us the reason to live

Karena kita Dia menderita
Karena kita Dia disalibkan
Agar dunia yang hilang
Diselamatkan dari hukuman kekal

Shalom Saudara yang dikasihi Tuhan, pasti semua berbahagia dan bersukacita. Hari ini kita bersama-sama dalam Ibadah Perayaan Natal, Joyful Family Christmas, dalam tema Immanuel, berkumpul sebagai keluarga-keluarga yang berbahagia dalam Kristus. Amin!

Immanuel artinya Allah beserta kita. Hari-hari ke depan ada begitu banyak tantangan dan berkat Tuhan. Untuk itu, kita perlu hidup bersama-sama dan senantiasa disertai oleh Tuhan, kita senantiasa perlu Tuhan Yesus Kristus, Roh Kudus, bahkan Dia berjanji bagi kita, bukan hanya sampai besok, tapi Dia akan menyertai kita sampai selama-lamanya.

Yesus telah lahir
Ke dalam dunia ini
Lambang pem'rintahan
Berada di bahu-Nya

Nama-Nya penasehat ajaib
Allah yang perkasa
Bapa yang kekal Raja Damai

Semua manusia
Pujilah dan sembah Dia
Glory, Haleluya, Haleluya, Amin

2013 The Year of Wholeness

Beberapa hari ke depan kita akan memasuki tahun 2013. Penanggalan orang Yahudi, dimulai pada tanggal 16 September 2012 berubah dari tahun 5772 menjadi 5773, disebut sebagai Tahun Ayin Gimel. Ada banyak pengertian mengenai Gimel, tetapi pengertian utamanya berbicara mengenai Unta. Gimel juga berbicara mengenai angka 3.

Saudara, mulai 2012, sampai 3 tahun ke depan ada berkat Tuhan yang akan Tuhan curahkan luar biasa bagi Gereja Tuhan, Saudara dan saya. Sehingga saya mau katakan bahwa memasuki tahun 2013, kita memiliki satu tema, The Year of Wholeness.

Para imam akan Kupuaskan dengan makanan berkelimpahan; dan semua yang umat-Ku perlukan akan Kuberikan. Aku, TUHAN, yang mengatakan." (Yeremia 31:14 BIS)

Saudara yang dikasihi Tuhan, dimulai tahun 2013 ada janji Tuhan yang luar biasa, dan bukan hanya berhenti sampai 2013, tapi tahun-tahun ke depan ada satu berkat Tuhan yang menjadikan Gereja Tuhan, umat-umat Tuhan, diberkati berlimpah-limpah.

7 berkat janji Tuhan

Ada 7 berkat yang Tuhan sediakan bagi umat-umat Tuhan, seperti dalam Yoel 2:18-32:

  1. Berkat sukacita
  2. Berkat pemulihan
  3. Berkat mujizat
  4. Berkat jiwa-jiwa
  5. Tidak dipermalukan lagi
  6. Tuhan memberi apa yang Dia belum pernah beri
  7. Berkat ekonomi

Immanuel

Saudara, ternyata Immanuel, atau Allah beserta kita, dipanggil juga dengan 4 sebutan.

Sebab seorang anak telah lahir untuk kita, seorang putera telah diberikan untuk kita; lambang pemerintahan ada di atas bahunya, dan namanya disebutkan orang: Penasihat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai. (Yesaya 9:5)

Keempat nama sebutan atau panggilan dari Juruselamat kita, Yesus Kristus Tuhan, menjadi apa yang harus kita lakukan, meninggalkan tahun 2012 dan memasuki 2013.

#1 Penasehat Ajaib

Ada banyak macam penasehat. Ada penasehat keuangan, penasehat kesehatan, perumahan, perpajakan, pernikahan, tetapi hanya ada satu Penasehat Ajaib, Tuhan Yesus Kristus! Amin! Bukan penasehat yang sembarangan, tapi satu penasehat Supranatural yang sangat ajaib, dan namanya Tuhan Yesus Kristus.

Saudara membutuhkan Penasehat Ajaib, ada Roh Kudus di dalam hidup Saudara dan saya. Dan malam ini, ada 3 pesan Tuhan dari Penasehat Ajaib:

  1. Jangan mendukakan Roh Kudus. Upah dosa adalah maut. Mulai hari ini berhenti bikin dosa, jangan lagi bikin dosa! Takutlah akan Tuhan. Jangan mudah lagi bikin dosa. Jangan gampang jatuh bangun dalam dosa. Ambil komitmen di hadapan Tuhan, minta agar Tuhan mampukan dengan kekuatan Roh Kudus agar kita tidak jatuh lagi di dalam dosa. Jaga hidup Saudara!
  2. Lebih intim dengan Roh Kudus, perbesar lagi doa, pujian, dan penyembahan Saudara. Kalau dulu jam doa hanya sekedarnya saja, mulai sekarang, jam-jam doa, jam-jam renungan Firman Tuhan, jam-jam membaca Firman Tuhan harus Saudara tingkatkan lagi di hari-hari ke depan.
  3. Peka kepada Roh Kudus. Siapa yang percaya Tuhan Yesus akan segera datang? Seiring dengan kedatangan Tuhan Yesus yang amat segera, Iblis juga sedang bekerja. Ini adalah masa-masa ke depan, masa penyesatan yang frekuensinya makin besar, makin licik, makin cerdik dengan segala macam tipu daya. Untuk itu, Saudara perlu memperhatikan, untuk mendengarkan kata-kata yang Roh Kudus katakan dalam hidup Saudara. Pekalah kepada Roh Kudus, supaya perjalanan kita selamat sampai bertemu Tuhan Yesus.

#2 Allah yang perkasa

Saudara, tidak ada perkara yang sukar untuk Tuhan! Tidak ada yang mustahil bagi Tuhan!

Suatu kali, Tuhan Yesus datang ke rumah Petrus di kota Kapernaum, dan begitu banyak orang datang berbondong-bondong sampai penuh sesak untuk mendengarkan pengajaran Tuhan Yesus.

Sementara Yesus masih mengajar, rupanya ada orang lumpuh dan teman-temannya yang mendengar kalau Tuhan Yesus datang ke Kapernaum. Lalu teman-temannya menandu orang yang lumpuh itu. Tetapi karena begitu penuh sesaknya orang yang datang, mereka tidak bisa masuk melalui pintu. Mereka tidak kehabisan akal, mereka mempunyai iman yang betul-betul kuat. Mereka ingin agar temannya yang lumpuh ini mengalami kesembuhan.

Lalu mereka naik ke atas rumah. Di Tanah Perjanjian, Israel, atap rumahnya berbentuk flat, rata, dan ada tangga dengan bukaan kecil. Orang-orang ini naik ke atas rumah itu, lalu lubang yang kecil ini mereka buka dan mereka turunkan orang yang lumpuh itu agar bertemu Yesus.

Tuhan Yesus melihat iman orang-orang ini, dan Dia katakan, juga menjadi pesan bagi kita bahwa Allah kita adalah Allah yang perkasa!

Markus 2:12, Dan orang itupun bangun, segera mengangkat tempat tidurnya dan pergi ke luar di hadapan orang-orang itu, sehingga mereka semua takjub lalu memuliakan Allah, katanya: "Yang begini belum pernah kita lihat."

Saudara, siapa yang mau menerima "Yang begini belum pernah kita lihat"? Amin! Tuhan akan memberikan pada hari-hari ke depan.

Berkat yang keenam, Tuhan memberi apa yang Dia belum pernah beri. Mungkin dokter sudah vonis tidak bisa sembuh, Tuhan mampu memberikan kesembuhan! Ekonomi bisnis Saudara mungkin sedang terpuruk, Tuhan katakan, Aku sanggup memulihkan usaha dari umat-umat-Ku! Buat Allah tidak ada yang sukar! Amin!

#3 Bapa yang kekal

Pada tanggal 12 Desember 2012 yang lalu, atau 12-12-12, ada sebuah wadah di dunia yang namanya Global Day of Worship, yang mengajak umat Kristen sedunia untuk menaikkan syukur dan penyembahan untuk Tuhan pada tanggal tersebut.

Kita sejak beberapa tahun berdoa, tidak pernah bisa tembus. Tapi tanggal 12-12-12, pada saat yang bersamaan dengan Global Day of Worship ini, kita mengadakan doa, pujian, dan penyembahan, sebuah Kebaktian Kebangunan Rohani yang dihadiri 1000 orang lebih di Sukabumi. Saya katakan pada waktu itu dari Mazmur 24:9, Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan terangkatlah kamu, hai pintu-pintu yang berabad-abad, supaya masuk Raja Kemuliaan!

Pintu yang saat itu tertutup, dibukakan dalam nama Tuhan Yesus Kristus! Saya katakan, pintu yang paling utama dibukakan, adalah Pintu Penuaian! Saudara rindu kita boleh menuai? Saudara rindu keluarga besar bertekuk lutut mengaku Yesus adalah Tuhan? Amin! Yang kedua dibukakan adalah, pintu mujizat. Dan yang ketiga adalah pintu berkat Tuhan yang sudah dicurahkan buat kita.

Orang yang tidak mungkin percaya, pasti akan datang bertekuk lutut mengaku Yesus adalah Tuhan. Karena janji Firman Tuhan katakan, satu orang percaya seisi rumah akan diselamatkan!

Hari ini tanggal 25 Desember 2012. Saudara, kalau ulang tahun, dikasih apa? Hadiah, kado! Hari ini kita memperingati ultah Yesus Kristus, siapa mau kasih kado untuk Tuhan Yesus Kristus? Amin? Tuhan tidak perlu uang Saudara, emas-perak semua milik Tuhan. Beri hidup Saudara sebagai hadiah terindah bagi Tuhan Yesus Kristus. Kalau ada di antara Saudara, yang belum menjadi orang percaya, saya tahu Tuhan sudah ketuk pintu hati Saudara, bukan hanya setahun tapi bertahun-tahun Dia ketuk begitu kuat. Tapi Saudara tutup pintu hati Saudara rapat-rapat, malam ini, bukan hati Saudara, supaya Tuhan masuk dalam hidup Saudara, menjadi Raja di atas segala Raja. Buka pintu hati Saudara, buka hidup Saudara, karena kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi satu menit ke depan.

Saudara, Dia sudah bangkit dan pasti akan menjemput Gereja-Nya. Beri kado yang terbaik, yaitu hidup Saudara. Firman Tuhan katakan, karena Akulah jalan, dan kebenaran, dan hidup.

#4 Raja damai

Raja itu adalah penguasa nomor satu. Satu daerah ada Raja, dia punya kuasa di daerah itu dan kita ada di bawah dari Raja ini. Rupanya Tuhan itu datang sebagai Raja Damai. Di sini siapa yang anak-anak Allah? Saudara adalah anak-anak Tuhan, mengaku sebagai anak-anak Tuhan, tentu kita memiliki satu DNA yang sama, memiliki satu garis keturunan yang sama dengan Tuhan Yesus, memiliki Roh Kudus yang sama dengan Tuhan Yesus. Sehingga kalau Yesus adalah Raja Damai, membawa atmosfir damai, demikian juga ke manapun kita berada, Saudara harus membawa Damai bagi nama Tuhan Yesus Kristus. Jangan sampai begitu ada di satu tempat, orang malah bubar karena tidak mau ketemu Saudara. Kalau kita tidak bawa damai, kita pasti disingkirkan.

Di mana pun kita berada, mari kita sebagai orang percaya membawa damai, melalui perkataan, pikiran, perbuatan, tindak-tanduk kita, mari kita membawa damai.

Penutup

Memasuki 2013, The Year of Wholeness, berkat yang seutuhnya, berkat yang berlimpah, Yoel 2:18-32, dan bukan hanya satu tahun tapi tahun-tahun ke depan kita akan mengalami berkat yang seutuhnya! Tangkap baik-baik, sehingga kita benar-benar menjadikan Immanuel, Tuhan beserta kita, sebagai Penasehat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang kekal, Raja Damai!

Tuhan Yesus memberkati.