Doa yang dijawab (3 Weeks of Repentance) (Khotbah Pdt Sutadi Rusli)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Doa yang dijawab (3 Weeks of Repentance)
Sutadi Rusli-20101107-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

Ringkasan Khotbah
Kebaktian3 Weeks of Repentance
TanggalSabtu, 22 Desember 2012
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatGraha Amal Kasih
KotaBogor

Saudara yang dikasihi Tuhan, kita sudah 21 hari bersama-sama dalam 3 Weeks of Repentance dan di hari terakhir ini kita akan tutup dengan pengurapan dan perjamuan kudus.

Dalam minggu pertama, kita bersyukur kita sudah diberikan obat oleh Tuhan. Pada waktu kita jatuh dalam dosa, Tuhan sudah memberikan satu obat yaitu bertobat. Selama ini kita sudah duduk bersama-sama, merenungkan kasih Tuhan, kita sudah hancur hati di dalam Tuhan. Waktu manusia jatuh dalam dosa, hubungan dengan Tuhan sudah terputus. Ibaratnya, dulu itu hubungan telepon Saudara dan saya dengan Tuhan itu "tulalit". Ada hal-hal yang salah di hadapan Tuhan. Tapi kita bersyukur, hari ini telepon kita dengan Tuhan sudah dipulihkan.

Pada waktu minggu kedua, saya sampaikan apa yang harus lakukan, menjadi seperti domba. Hidup dalam kekudusan, unity, tidak saling tanduk-menanduk. Kita juga seperti Zakheus yang bertobat dan berbuah. Juga seperti prajurit yang tunduk pada komandannya.

Doa yang dijawab

Setelah hubungan kita dengan Tuhan sudah dipulihkan, lalu apa yang bisa kita lakukan?

Matius 7:7-12, Hal pengabulan doa,

"Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu. Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan. Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti, atau memberi ular, jika ia meminta ikan?
Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya."
"Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Dalam berbagai terjemahan, ayat 12 disatukan dalam satu perikop dengan ayat-ayat sebelumnya.

Saudara, hubungan kita nomor satu harus dipulihkan Tuhan. Ayat-ayat ini adalah perkataan Tuhan Yesus sendiri. Saya tidak puas membaca dalam bahasa Indonesia, lalu saya mulai melihat beberapa terjemahan dalam bahasa Inggris. Dalam terjemahan bahasa Inggris The Message, ayatnya berkata Don't bargain with God. Be direct. Ask for what you need. (Matius 7:7 MSG)

Jangan tawar menawar dengan Tuhan. Be direct! Langsung minta pada Tuhan, karena hubungan dengan Tuhan itu kita itu langsung.

Selanjutnya di ayat yang ke-8, This isn't a cat-and-mouse, hide-and-seek game we're in. (Matius 7:8 MSG)

Waktu belum dipulihkan, mungkin kita main kucing-kucingan dengan Tuhan. Kita bersembunyi dari Tuhan, entah apa doa kita dijawab atau tidak dengan Tuhan. Waktu hubungan kita dipulihkan dengan Tuhan, kita tidak perlu lagi main umpet-umpetan lagi. Saudara berdiri di hadapan Tuhan, minta di hadapan Tuhan, dan apa yang Saudara minta dalam kebenaran Firman Tuhan, Tuhan akan memberikan jawaban bagi kita.

Saudara siap berdoa dengan sungguh-sungguh dan dengan iman? Amin!

Mari kita minta langsung pada Tuhan, jangan ragu-ragu lagi, jangan tawar menawar seperti orang bimbang. Orang yang sungguh-sungguh percaya bahwa doa saya pasti dijawab dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Akan terjadi, doa-doa dijawab, berkat berkelimpahan dari Tuhan.

Matius 7:12, "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka. Itulah isi seluruh hukum Taurat dan kitab para nabi.

Saudara, ada 3 pilar orang Kristen buat kehidupan kita.

  1. Pilar pertama: Kasihilah Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu
  2. Pilar kedua: Beritakanlah Injil
  3. Pilar ketiga: ini adalah the golden rule (Matius 7:12)

Ini adalah etika yang absolut. Siapa yang mau dikasih senyum sama tetangganya? Kasih senyum dulu! Kalau Saudara mau diberkati Tuhan? Saudara juga harus menabur terlebih dahulu. Ini adalah the golden rule. Pilar ketiga orang percaya.

12 Weeks of Wholeness

Mulai bulan Januari 2013 dan seterusnya, sekali sebulan kita akan duduk bersama-sama dalam 12 Weeks of Wholeness dimulai pada hari Sabtu, 19 Januari 2012 pukul 05.30-07.00. Tema 12 Weeks of Wholeness ini adalah Yeremia 31:14 (BIS), Para imam akan Kupuaskan dengan makanan berkelimpahan; dan semua yang umat-Ku perlukan akan Kuberikan. Aku, TUHAN, yang mengatakan."

I'll make sure that their priests get three square meals a day and that my people have more than enough.'" God's Decree. (Yeremia 31:14 (MSG))

Tuhan mau memberikan berkat tiga kali lipat untuk Saudara! Amin. Seperti juga Ayin Gimel bicara angka 3.

Pengurapan Imamat yang Rajani

Pagi ini Tuhan akan memberikan pengurapan Imamat yang Rajani.

1 Petrus 2:9, Tetapi kalian adalah bangsa yang terpilih, imam-imam yang melayani raja, bangsa yang kudus, khusus untuk Allah, umat Allah sendiri. Allah memilih kalian dan memanggil kalian keluar dari kegelapan untuk masuk ke dalam terang-Nya yang gemilang, dengan maksud supaya kalian menyebarkan berita tentang perbuatan-perbuatan-Nya yang luar biasa.

Raja berbicara menguasai daerah yang telah ditetapkan. Saudara yang dikasihi Tuhan, Saudara akan menerima dan menguasai di mana Tuhan tempatkan Saudara, dalam usaha, pelayanan, lokasi-lokasi setiap pribadi Saudara. Saudara akan menjadi raja-raja yang Tuhan tempatkan, otoritas atas daerah-daerah akan Tuhan berikan. Haleluya!

Tapi ingat, bahwa apapun yang kita lakukan, itu harus terhubung dengan Kerajaan Allah. Yohanes Pembaptis berkata, Bertobatlah, sebab Kerajaan Allah sudah dekat … Persiapkanlah jalan bagi Raja Kemuliaan!

Penutup

Apa yang Saudara usahakan, perbuat segalanya hanya karena Tuhan dan untuk dia, untuk Kerajaan Allah. Saya sangat yakin, Saudara semua akan diberkati berlimpah-limpah.

Saudara siap? Amin! Tuhan Yesus memberkati.