Ada apa di Betania? (Khotbah Pdt Sutadi Rusli)

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Ada apa di Betania?
Sutadi Rusli-20120513-3x4.jpg

Pdt Sutadi Rusli

Ringkasan Khotbah
KebaktianIbadah Raya
TanggalSenin, 7 Mei 2012
GerejaGBI Danau Bogor Raya
TempatGraha Amal Kasih
KotaBogor

Shalom, saya percaya setiap pribadi kita amat bergairah hari-hari ini. Hari-hari ini kita berbicara mengenai Kenaikan Tuhan Yesus dan juga pada tanggal 27 Mei 2012 yang akan datang kita juga akan memperingati hari raya Pencurahan Roh Kudus. Kita dipesankan oleh Bapa Rohani kita untuk sepanjang bulan ini berbicara mengenai Pencurahan Roh Kudus, agar umat-umat Tuhan diperlengkapi dengan baptisan Roh Kudus, karena pengurapan Roh Kuduslah yang memampukan kita.

Lukas 24:50-53, Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania. Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke sorga. Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.

Saudara yang dikasihi Tuhan, ada tiga pesan Tuhan, hal-hal menarik yang akan kita kupas bersama-sama dari ayat-ayat ini.

#1 Hidup intim

Lukas 24:50a, Lalu Yesus membawa mereka ke luar kota sampai dekat Betania.

Tuhan Yesus mengundang murid-murid-Nya secara khusus ke Betania. Dalam bahasa Inggris, bukan dikatakan hanya sampai ke dekat Betania, tapi sampai ke Betania. Kalau kita pergi ke Yerusalem, pasti kita akan diajak juga ke Betania yang terletak sekitar 2 mil di timur kota Yerusalem. Ada sesuatu yang luar biasa di Betania. Kita tahu, di tempat ini tinggal keluarga Lazarus, Marta, dan Maria, juga ada Simon di situ.

Setiap kali Tuhan pergi ke Yerusalem, Dia tidak pernah tinggal di Yerusalem, tetapi selalu tinggal di desa Betania yang sederhana ini. Bahkan beberapa hari sebelum ditangkap, diadili, dan disalibkan, Dia tidur di desa Betania ini. Jadi, Betania ini merupakan daerah yang spesial bagi Tuhan Yesus. Tempat yang benar-benar diperhatikan oleh Tuhan Yesus, di mana Dia selalu kembali ke Betania.

Saudara yang dikasihi Tuhan, mari sama-sama simak. Dia ajak murid-murid-Nya untuk datang ke Betania. Arti nama Betania adalah House of Date, atau Rumah Kencan, rumah untuk bertemu. Yesus senantiasa rindu ke Betania, ini berbicara mengenai hal pertama, yaitu hidup intim. Ada dua hal yang berbicara mengenai hidup intim yaitu:

  • Menara doa
  • Pengalaman bersama Tuhan

a. Menara doa

Kita diingatkan terus oleh Bapa Rohani kita mengenai menara doa (prayer tower), berbicara doa, pujian, penyembahan, 24 jam siang dan malam, dalam kesatuan! Hari-hari ini, ada begitu banyak Gembala-Gembala dari cabang-cabang yang ada yang secara rutin bersama-sama dengan para pelayan jemaat untuk doa di Menara Doa, baik Menara Doa yang ada di Gedung Setyajaya maupun di Menara Doa yang ada di SICC lantai 12.

Saya bersyukur semua menangkap sesuatu. Ada banyak perkara dahsyat yang dialami setiap pribadi, dan Tuhan bukakan jalan-jalan yang ajaib.

b. Pengalaman bersama Tuhan

Matius 7:21-23, Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga. Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga? Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Saya mau kasih garisbawahi ayat ke-23, Pada waktu itulah Aku akan berterus terang kepada mereka dan berkata: Aku tidak pernah mengenal kamu! Enyahlah dari pada-Ku, kamu sekalian pembuat kejahatan!"

Garis bawahi kata mengenal dalam ayat ke-23. Kata mengenal ini dalam bahasa aslinya adalah ginosko, artinya pertama, to know by experience, mengenal karena pengalaman, dan lebih dalam lagi dalam pengertian yang kedua yaitu to have sexual relation, ada hubungan seksual. Begitu dalamnya pengertian ginosko! Kita sering mendengar bahwa Kekristenan itu bukan agama, tapi Kekristenan adalah perjalanan bersama-sama dengan Tuhan Yesus setiap hari, pengalaman kita berjalan bersama Tuhan setiap hari, bagaimana Dia memberi kita kekuatan, ada hal-hal yang ajaib, Tuhan yang menuntun hidup kita setiap hari. Setiap hari kita harus mengenal mujizat dan berkat Tuhan, semua hanya karena Tuhan dan semua hanya untuk Tuhan!

Ada sebuah ilustrasi. Ada 3 orang sedang mengobrol. Orang pertama berkata, "Waduh, tadi saya baca di berita ada orang jatuh dari pohon kelapa tapi tidak apa-apa! Padahal pohon kelapanya 10 meter!" Orang kedua tidak mau kalah, "Wah, itu mah tidak seberapa, saya malah lihat sendiri orangnya jatuh dari pohon kelapa itu!" Orang ketiga lebih tidak mau kalah lagi, "Kalian mah tidak ada apa-apanya, saya yang jatuh dari pohon kelapa!"

Saudara, kita harus punya pengalaman bersama Tuhan Yesus! Jangan hanya pandai membaca dan mendengarkan Firman Tuhan, tapi Saudara harus mengalami Firman Tuhan itu! Mari, kalau hari-hari ini kita ada dalam pergumulan, tantangan, masalah-masalah yang Tuhan izinkan, kita bersyukur itu semua agar kita mengalami Firman Tuhan yang digenapi dalam hidup kita. Amin! Kalau kita tidak pernah mengalami tantangan-tantangan yang ada, kita tidak akan pernah hidup di dalam Firman Tuhan.

Saat kita mengalami tantangan, lalu kita baca Firman Tuhan, lalu kita melakukan Firman itu, dan kita mengalami sendiri bahwa ternyata Firman Tuhan itu ya dan amin, bahwa pergumulan kita dijawab oleh Firman Tuhan, Saudara pasti berbahagia karena Saudara mengalami sendiri janji Firman Tuhan, mengalami sendiri pengalaman hidup bersama Tuhan Yesus Kristus!

Visi ulang tahun ke-17
GBI Danau Bogor Raya

Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?" Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!"

Yesaya 6:8

Dalam Doa Puasa Pelayan Jemaat dengan Gembala Pembina pada tanggal 05 Mei 2012 yang lalu, Pastor Lawrence Khong dari Singapura menjelaskan mengenai kelompok sel. Saudara yang dikasihi Tuhan, COOL akan menjadi kendaraan kita bersama-sama.

Pada 11 Juni 2012, GBI Jemaat Induk Danau Bogor Raya berulang tahun yang ke-17, umur sweet seventeen. Tapi rupanya begitu kita masuk umur 17 tahun, kita bukannya disuruh berpesta-pesta dan berpangku tangan, bolehlah perayaan ala kadarnya, tapi lebih lagi, ada tugas yang Tuhan berikan bagi kita semua dari Yesaya 6:8, Lalu aku mendengar suara Tuhan berkata: "Siapakah yang akan Kuutus, dan siapakah yang mau pergi untuk Aku?" Maka sahutku: "Ini aku, utuslah aku!" Utuslah siapa? Utuslah aku! Bukan utus supir kita, bukan utus orang lain, tapi kita mau untuk diutus oleh Tuhan. Amin!

#2 Berkat khusus

Lukas 24:50b, Di situ Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka.

Jadi sebelum Tuhan pergi, tangan-Nya yang bekas dipaku itu diangkat, lalu memberkati mereka. Ini berbicara bahwa murid-murid Tuhan dipisahkan untuk diberkati secara khusus.

Mazmur 24:1-10,

Mazmur Daud. Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya. Sebab Dialah yang mendasarkannya di atas lautan dan menegakkannya di atas sungai-sungai.
"Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?" "Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu. Dialah yang akan menerima berkat dari TUHAN dan keadilan dari Allah yang menyelamatkan dia. Itulah angkatan orang-orang yang menanyakan Dia, yang mencari wajah-Mu, ya Allah Yakub." Sela

Ada berkat umum dan berkat khusus. Ayat pertama dan kedua berbicara berkat yang umum. Semua manusia adalah milik Tuhan dan mendapatkan berkat secara umum, misalnya matahari dan udara. Baik itu pencuri, pencopet, orang benar, tua, muda, dan sebagainya, semua mendapatkan berkat Tuhan secara umum.

Tapi rupanya ada kekhususan untuk orang-orang tertentu yang mendapat berkat khusus dari Tuhan. Dan untuk mendapatkan berkat khusus itu ada syarat-syaratnya!

Mazmur 24:3, "Siapakah yang boleh naik ke atas gunung TUHAN? Siapakah yang boleh berdiri di tempat-Nya yang kudus?"

Firman Tuhan katakan "Siapakah yang boleh…" Artinya sudah diseleksi, ada filternya terlebih dahulu. Lalu dilanjutkan dengan "… naik ke atas gunung TUHAN?" Naik ke atas itu mudah atau berat? Berat! Naik ke atas itu tidak mudah, berat. Jadi kita diseleksi dan kita harus naik ke atas gunung, dan untuk itu, ada syaratnya, dan semua syaratnya harus dipenuhi!

Sebuah ilustrasi. Kalau Saudara mendaftar untuk paspor, maka semua kolom formulirnya harus diisi. Kalau ada yang Saudara kosongkan, tidak diisi, maka formulirnya akan dikembalikan dan disuruh diisi kembali! Tidak boleh tidak, semua harus diisi. Demikian juga untuk mendapatkan berkat yang khusus, ada 4 syarat:

Mazmur 24:4, "Orang yang bersih tangannya dan murni hatinya, yang tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan, dan yang tidak bersumpah palsu.

  1. Bersih tangannya
  2. Ini berbicara mengenai pelayanan kepada Tuhan sendiri. Kita semua adalah hamba-hamba Tuhan! Motivasi apa yang Saudara miliki saat Saudara melayani Tuhan? Mungkin ada yang mau cari pasangan hidup? Ingin dapat ini itu? Biarlah motivasi kita melayani Tuhan adalah karena kita mengasihi Tuhan, persembahkan tubuh, jiwa, dan roh bagi kemuliaan nama Tuhan!

  3. Murni hatinya
  4. Ini berbicara agar kita jangan ada ganjalan. Ingat Amsal 4:23, Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.

    Hari-hari ini Tuhan beri kita kuasa untuk saling mengampuni satu sama lain, kuasa untuk saling memberkati satu sama lain.

  5. Tidak menyembah berhala
  6. Dalam bahasa Inggris, "tidak menyerahkan dirinya kepada penipuan" ini berbicara mengenai penyembahan berhala. Mungkin Saudara katakan bahwa Saudara sudah tidak ada lagi penyembahan patung-patung berhala segala macam di rumah Saudara. Tapi mungkin berhala Saudara adalah pekerjaan Saudara, hobi Saudara, bahkan mungkin kita begitu sibuk pelayanan pekerjaan Tuhan. Jangan lupa, kita harus melayani nomor satu adalah melayani Tuhan sendiri.

    Ada sebuah cerita, satu kali ada seorang yang minta didoakan oleh Pendetanya. Dia kemudian diingatkan agar setelah diberkati Tuhan, jangan lupa untuk mengembalikan persepuluhan. Dan benar, setelah diberkati, dia pun mulai membayar persepuluhan. Mulai dari penghasilannya $100, dia bayar $10. Lalu $500 dia bayar $50. Lalu semakin dia diberkati karena dia mengembalikan persepuluhan, hingga dia mendapatkan penghasilan $10.000, lalu dia mulai merasa kok besar sekali persepuluhan $1.000, dan dia tidak mau lagi bayar persepuluhan karena merasa besar sekali.

    Saudara, hati-hati, jangan sampai nanti ketika Saudara diberkati, justru Saudara malah akhirnya tidak mendapatkan berkat yang khusus!

  7. Tidak bersumpah palsu
  8. Katakan ya di atas ya, tidak di atas tidak. Orang percaya dinilai dari perkataannya. Jaga perkataan kita, kebenaran Firman Tuhan biarlah keluar dari mulut kita. Kalau Saudara sudah ditetapkan sebagai pasangan suami-istri, tetaplah setia sampai Tuhan datang memisahkan.

Biarlah kita ditemukan sebagai hamba-hamba Tuhan yang setia. Amin!

#3 Tetap setia dengan Yesus

Lukas 24:52-53, Mereka sujud menyembah kepada-Nya, lalu mereka pulang ke Yerusalem dengan sangat bersukacita. Mereka senantiasa berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah.

Saudara yang dikasihi Tuhan, apa yang terjadi dengan murid-murid-Nya? Mereka sudah diberkati dengan berkat khusus yang tidak diterima oleh kelompok yang lain. Tapi apa yang mereka tetap lakukan? Mereka tetap berada di dalam Bait Allah dan memuliakan Allah!

Saudara sudah diberkati Tuhan? Amin? Jangan sampai lupa sama Tuhan. Tuhanlah pemberi berkat itu! Ada yang mengalami berkat Tuhan bukannya makin dekat, tapi malah makin jauh dari Tuhan. Mari, semakin diberkati, kita juga semakin dekat dengan Tuhan. Ada yang semakin diberkati, semakin pelit. Di sini tidak ada, Amin! Makin kita diberkati, makin kita mau memberi bagi kemuliaan Tuhan.

Murid-murid Tuhan tetap setia, tetap memuliakan Allah, tetap baca Firman Tuhan, tetap melayani. Mari, biarlah setelah kita menerima berkat yang khusus, kita semakin sungguh-sungguh lagi, demi kemuliaan nama Tuhan.

Penutup

Hari-hari ini kita memasuki peringatan Kenaikan Tuhan Yesus dan Pencurahan Roh Kudus.

Kisah 1:8, Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Kuasa berbicara mengenai kuasa untuk menjadi saksi, untuk melakukan kebenaran Firman Tuhan, untuk hidup kudus, untuk saling mengampuni satu sama lain, untuk saling mengasihi satu sama lain, dan saling memberkati satu sama lain. Hari-hari ini, Roh Kudus dicurahkan berlimpah-limpah bagi kita. Pakailah kuasa itu, agar kita menjadi saksi di Yerusalem, Yudea, Samaria, bahkan sampai ke ujung-ujung bumi! Amin.

Unduh