Miliki keberanian, jangan takut, dan singkirkan setiap kebimbangan

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

"ALLAH itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti. Sebab itu kita tidak akan takut, sekalipun bumi berubah, sekalipun gunung-gunung goncang di dalam laut." (Mazmur 46:2, 3)

Tidak terasa kita sudah berada dipenghujung tahun 2009. Beberapa hari lagi kita akan meninggalkan tahun 2009 dan memasuki sebuah tahun yang baru di tahun 2010. Banyak orang merasa takut, bimbang dan khawatir dengan apa yang mereka akan hadapi di tahun 2010. Namun sebagai orang percaya kita harus memiliki sikap hati yang teguh karena kita mempunyai Pengharapan di dalam Tuhan Yesus Kristus.

Jangan takut. Kata "jangan takut" ini seringkali diucapkan oleh Tuhan YESUS untuk memberikan semangat, gairah dan keberanian bagi setiap orang yang sedang bergumul dalam masalahnya, supaya mereka tetap percaya pada Pertolongan-Nya yang sempurna itu. Kita tidak akan menerima janji-janji Allah kalau iman kita digantikan dengan kebimbangan atau ketakutan serta keragu-raguan. Kebimbangan itu ditawarkan oleh dunia, orang lain atau keadaan-keadaan yang sedang kita hadapi. Percayalah akan firman Allah maka kita akan tetap teguh.

Kalau kita berjalan dengan iman, bukan berjalan dengan apa yang kita lihat disekeliling kita maka kita akan terus dituntun oleh Roh Kudus untuk berjalan menghampiri mujizat dan menerima mujizat. Tetapi sebaliknya, kalau kita berjalan dengan apa yang kita lihat yang terjadi disekeliling kita, maka kita akan dituntun oleh kedagingan kita yang membawa kita kepada ketakutan, kekhawatiran, kebimbangan dan kecemasan.

Mungkin kita masih ingat peristiwa di dalam Alkitab kisah tentang Petrus yang berjalan di atas air? Pada saat Petrus tidak lagi berjalan dengan imannya tetapi dia mulai melihat apa yang ada disekelilingnya dan mulai merasakan tiupan angin maka takutlah ia dan mulai tenggelam. Mungkin kita sering mengalami keadaan seperti ini, ketika pikiran kita dan hati kita hanya tertuju atau terfokus kepada masalah, apa yang akan terjadi nanti di tahun 2010, maka kita pun akan menjadi lemah, takut, bimbang dan khawatir. Tetapi ketika kita hanya memandang kepada Tuhan dan Janji-janji-Nya serta percaya saja, maka akan ada daya yang mengangkat kita sehingga kita berada di atas segala rasa takut, bimbang, khawatir dan cemas. Firman Tuhan yang kita percayai itu membuat kita menjadi kuat dan memiliki keberanian untuk memulai Perjalanan kita di tahun 2010. Karena Tahun 2010 adalah Tahun Pemulihan dan Tahun Kelimpahan. Dia Tuhan yang berkuasa untuk melaksanakan apa yang telah Ia janjikan. Dialah Allah yang berkuasa atas segalanya. YESUS berkata "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi." Dalam hidup ini banyak hal yang dapat kita takuti, namun YESUS ingin agar kita memandang kepada-Nya saja dan Percaya kepada-Nya.

Marilah kita songsong Tahun 2010 dengan berani, jangan takut dan singkirkan setiap kebimbangan, karena bersama YESUS kita menang.

Tuhan YESUS memberkati kita semua.

Sumber

  • AH_profetik/M-III/12/09. "Miliki keberanian, jangan takut, dan singkirkan setiap kebimbangan". Devotional. GBI Jalan Gatot Subroto. Diakses pada 21 Desember 2009.