Kehidupan yang ditarik oleh kelimpahan kasih karunia Allah

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Kehidupan yang ditarik oleh kelimpahan kasih karunia Allah

Saat Teduh
Tanggal Senin, 25 November 2019
Sebelumnya Minggu, 24 November 2019
Selanjutnya Selasa, 26 November 2019

Dan oleh sebab kamu telah tahan uji dalam pelayanan itu, mereka memuliakan Allah karena ketaatan kamu dalam pengakuan akan Injil Kristus dan karena kemurahan hatimu dalam membagikan segala sesuatu dengan mereka dan dengan semua orang, sedangkan di dalam doa mereka, mereka juga merindukan kamu oleh karena kasih karunia Allah yang melimpah di atas kamu. (2 Korintus 9:13-14)

Gereja di Korintus menjadi gambaran yang sangat jelas mengenai apa yang kasih karunia Allah dapat lakukan terhadap kehidupan seseorang. Kasih karunia Allah bekerja dengan dahsyat diantara jemaat Korintus membuat orang percaya yang lainnya tertarik kepada kasih karunia Allah yang melimpah ini: “Mereka juga merindukan kamu oleh karena kasih karunia Allah yang melimpah di atas kamu."

Surat pertama Paulus kepada mereka memperlihatkan bahwa jemaat di Korintus memiliki banyak masalah. Namun, suratnya yang kedua memperlihatkan bahwa mereka menanggapi karya penginsyafan dan pengubahan yang dilakukan oleh Roh Kudus. Saat gereja di Korintus bertumbuh dalam kesalehan, mereka menjadi orang-orang percaya yang penuh dengan kemurahan. Mereka belajar untuk membagi dengan penuh kemurahan segala berkat yang sudah Tuhan berikan kepada mereka. Proses ini juga dicontohkan oleh gereja-gereja di daerah Makedonia. “Saudara-saudara, kami hendak memberitahukan kepada kamu tentang kasih karunia yang dianugerahkan kepada jemaat-jemaat di Makedonia. Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan, sukacita mereka meluap dan meskipun mereka sangat miskin, namun mereka kaya dalam kemurahan” (2 Korintus 8:1-2). Gereja-gereja di Makedonia terbeban untuk gereja-gereja di Yudea yang sedang mengalami kesulitan jasmani. Yang menjadi luar biasa adalah bahwa gereja-gereja Makedonia sebenarnya juga mengalami kesulitan yang sama (“Selagi dicobai dengan berat dalam pelbagai penderitaan… meskipun mereka sangat miskin”). Penjelasan dari datangnya kemurahan gereja-gereja Makedonia ini adalah karya kasih karunia Allah. “Kami hendak memberitahukan kepada kamu tentang kasih karunia yang dianugerahkan kepada jemaat-jemaat di Makedonia." Kasih karunia Allah membangkitkan kepedulian dalam hati mereka dan juga kerelaan untuk membagikan harta mereka yang sebenarnya tidak seberapa jumlahnya.

Karya Allah yang sama terjadi juga di Korintus, dan hal tersebut memberikan dampak kepada orang-orang percaya di daerah-daerah lain. Ketika orang-orang Kristen melihat kasih karunia Allah bekerja di Korintus, mereka memuliakan Allah. “Mereka memuliakan Allah karena ketaatan kamu dalam pengakuan akan Injil Kristus dan karena kemurahan hatimu dalam membagikan segala sesuatu dengan mereka dan dengan semua orang." Ketika mereka berdoa untuk orang-orang percaya di Korintus, hati mereka ditarik dalam kerinduan akan jemaat di Korintus. “Sedangkan di dalam doa mereka, mereka juga merindukan kamu." Ketika kasih karunia Allah diizinkan untuk bekerja di antara para pengikut Kristus, maka orang-orang percaya lainnya akan tergerak untuk mendoakan mereka juga, untuk bisa bersama-sama dengan mereka, untuk bersekutu dengan mereka. Mereka ingin merasakan dampak dari kelimpahan kasih karunia yang sudah mengubah dan memberkati hidup mereka.

Doa

Ya Allah yang berlimpah kasih karunia, aku bersyukur untuk kemurahan-Mu yang membagikan kekayaan kasih karunia-Mu kepadaku. Berikanlah kepadaku kemurahan hati terhadap sesamaku, oleh kasih karunia-Mu. Penuhilah hidupku dengan kelimpahan kasih karunia-Mu sehingga orang-orang di sekitarku akan semakin tertarik kepada kasih karunia-Mu. Amin.