Tuhan mengajar kita mengenai berkat rohani yang disediakan

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Tuhan mengajar kita mengenai berkat rohani yang disediakan

Saat Teduh
Tanggal Rabu, 3 April 2019
Sebelumnya Selasa, 02 April 2019
Selanjutnya Kamis, 04 April 2019

Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga… Dan supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya: betapa kayanya kemuliaan bagian yang ditentukan-Nya bagi orang-orang kudus. (Efesus 1:3,18)

Kita sudah melihat bahwa “di dalam Kristus,” semua sumber daya kasih karunia sudah diberikan kepada kita. Sekarang kita minta agar Tuhan mengajar kita mengenai harta sorgawi ini: “Supaya Ia menjadikan mata hatimu terang, agar kamu mengerti pengharapan apakah yang terkandung dalam panggilan-Nya." Supaya kita dapat menikmati kekayaan sorgawi ini, Tuhan harus menjadikan mata hati kita terang agar kita mengerti apa bagian kita di dalam Kristus. “Tetapi seperti ada tertulis: "Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua yang disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia. Karena kepada kita Allah telah menyatakannya oleh Roh” (1 Korintus 2:9-10). Saat Roh Kudus menggunakan Firman untuk membukakan kepada kita mengenai hal ini, iman kita akan tumbuh sehingga kita dapat menikmati berkat-berkat Tuhan. “Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus” (Roma 10:17).

Alkitab mengajarkan agar kita berdoa untuk pewahyuan rohani. “Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban dari Taurat-Mu” (Mazmur 119:18). Firman Tuhan menceritakan perbuatan ajaib yang Tuhan lakukan untuk umat-Nya. Jika kita berdoa dengan sungguh-sungguh untuk pewahyuan ini, Tuhan berjanji akan membukakannya bagi kita. “Berserulah kepada-Ku, maka Aku akan menjawab engkau dan akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang besar dan yang tidak terpahami, yakni hal-hal yang tidak kauketahui” (Yeremia 33:3).

Tuhan ingin memberikan pernyataan roh kepada orang-orang yang sederhana, bukan kepada mereka yang mengandalkan kepintaran dan kebijaksanaan mereka sendiri. “Pada waktu itu juga bergembiralah Yesus dalam Roh Kudus dan berkata: "Aku bersyukur kepada-Mu, Bapa, Tuhan langit dan bumi, karena semuanya itu Engkau sembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Engkau nyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa, itulah yang berkenan kepada-Mu” (Lukas 10:21). Gambaran ini sekali lagi sejalan dengan cara hidup dalam kasih karunia yaitu dengan iman dan kerendahan hati.

Apa yang Tuhan sudah berikan kepada kita di dalam Kristus adalah kekayaan kasih karunia-Nya. Bahkan dan dibutuhkan kasih karunia agar kita dapat melihat apa yang Tuhan sediakan bagi kita.

Doa

Ya Tuhan sumber dari segala berkat, aku merendahkan diriku di hadapan Mu. Dengan hikmat dan kepintaranku sendiri, aku tidak akan pernah menemukan betapa luar biasa kekayaan rohani yang sudah Engkau berikan kepadaku di dalam Kristus. Biarlah Roh Kudus-Mu menyatakannya kepadaku saat aku membaca dan merenungkan Firman-Mu. Tambahkan iman agar aku dapat menikmati kekayaan kasih karunia yang sudah Engkau berikan kepadaku di dalam Kristus. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.