Di dalam Kristus kita sudah dikaruniakan segala berkat rohani

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Di dalam Kristus kita sudah dikaruniakan segala berkat rohani

Saat Teduh
Tanggal Selasa, 2 April 2019
Sebelumnya Senin, 01 April 2019
Selanjutnya Rabu, 03 April 2019

Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga. (Efesus 1:3)

Hidup dari hari ke hari dalam kasih karunia sebenarnya adalah mengenai membangun persekutuan yang intim dengan Tuhan. “Sebab itu, saudara-saudaraku, kamu juga telah mati bagi hukum Taurat oleh tubuh Kristus, supaya kamu menjadi milik orang lain, yaitu milik Dia, yang telah dibangkitkan dari antara orang mati” (Roma 7:4). Kita sudah membahas berkat-berkat yang luar biasa yang diberikan kepada kita karena kita sudah di dalam Kristus. “Tetapi sekarang di dalam Kristus Yesus kamu, yang dahulu "jauh", sudah menjadi "dekat" oleh darah Kristus” (Efesus 2:13). Melalui penyatuan kita dengan Kristus, kelimpahan kekayaan rohani disediakan bagi kita.

Inilah sebabnya Rasul Paulus memuji Tuhan dalam ucapan syukur. “Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus." Paulus mengucap syukur karena apa yang Allah Bapa berikan kepada kita: “Yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita." Perhatikan bahwa Paulus menggunakan kata “telah” artinya sudah terjadi. Apa yang sudah diberikan kepada kita? Yaitu “segala berkat rohani di dalam sorga." Renungkanlah hal ini. Kebenaran ini memiliki akibat yang luar biasa. Semua sumber daya kasih karunia di dalam sorga sudah diberikan kepada kita sekarang di dunia ini. Namun kita tidak selalu menyadari apa saja yang sudah diberikan kepada kita. Kita juga tidak selalu mengalami dan menikmati berkat-berkat ini. Namun, semua ini sudah disediakan bagi kita dan siap untuk dinyatakan sepenuhnya di dunia ini.

Semua kekayaan rohani ini diberikan kepada kita karena semuanya ada di dalam Kristus. Di dalam Kristus ada pengampunan, pembenaran dan hikmat. Di dalam Kristus juga ada kasih, sukacita dan damai sejahtera. Di dalam Kristus ada kemenangan, keberanian, belas kasihan, kekuatan dan ketekunan. Semua ini, dan masih banyak lagi, ada di dalam Kristus. “Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia” (Kolose 1:19). Sekarang kita ada di dalam Kristus di mana semua berkat rohani tersebut ada. “Yang dalam Kristus telah mengaruniakan kepada kita segala berkat rohani di dalam sorga." Semua sumber daya rohani dari kerajaan Sorga diberikan kepada kita yang ada di dalam Kristus. “Karena dari kepenuhan-Nya kita semua telah menerima kasih karunia demi kasih karunia” (Yohanes 1:16).

Doa

Allah Bapa di dalam Sorga, aku mau mengucap syukur karena Engkau sudah memberikan kepada ku segala berkat rohani di dalam sorga. Tuhan, ampuni aku untuk sikap miskin rohani yang aku miliki. Ajar aku untuk menjadikan harta kekayaan rohani ini menjadi nyata dalam hidupku. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.