Memberitakan Kristus untuk kedewasaan dalam Kristus

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
AyoSaatTeduh fitted.png

Memberitakan Kristus untuk kedewasaan dalam Kristus

Saat Teduh
Tanggal Kamis, 4 April 2019
Sebelumnya Rabu, 03 April 2019
Selanjutnya Jumat, 05 April 2019

Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus. (Kolose 1:28)

Kedewasaan rohani adalah salah satu berkat yang disediakan bagi kita di dalam Kristus. Bapa kita yang di Sorga menghendaki agar setiap anak-anak-Nya bertumbuh menjadi dewasa. “Untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus." Kata sempurna mengacu kepada pengertian dewasa. Saat anak-anak Allah bertumbuh, tujuan akhirnya adalah: “Sampai kita semua telah mencapai… tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus, sehingga kita bukan lagi anak-anak… tetapi… bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala” (Efesus 4:13-15). Yesus adalah patokan dari kedewasaan rohani kita. Tuhan ingin agar kita semakin memiliki karakter seperti Kristus.

Kristus harus diberitakan agar orang percaya bertumbuh dewasa di dalam Kristus. “Dialah yang kami beritakan … untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.” Kebenaran mengenai Kristus adalah pesan yang membuat orang percaya bertumbuh. “Dialah yang kami beritakan." Kita harus tahu siapakah Yesus itu, apa yang sudah Ia lakukan, dan apa yang Ia inginkan dari kehidupan kita, sehingga kita dapat mengandalkan Dia sebagai sumber pertumbuhan kita: “Kepala, dari mana seluruh tubuh… menerima pertumbuhan ilahinya” (Kolose 2:19).

Alkitab dipenuhi dengan banyak pewahyuan yang indah mengenai Yesus. Dia adalah anak Allah, Tuhan. “Dan aku telah melihat-Nya dan memberi kesaksian: Ia inilah Anak Allah” (Yohanes 1:34). Dia adalah Anak Manusia, Immanuel, Tuhan yang datang sebagai manusia. “Yesus berkata kepadanya: "Serigala mempunyai liang dan burung mempunyai sarang, tetapi Anak Manusia tidak mempunyai tempat untuk meletakkan kepala-Nya” (Matius 8:20). “Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel" --yang berarti: Allah menyertai kita” (Matius 1:23). Dia adalah Anak Domba Allah. “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia” (Yohanes 1:29).

Yesus adalah perantara kita, memberikan kepada kita perjanjian baru kasih karunia. “Karena itu Ia adalah Pengantara dari suatu perjanjian yang baru” (Ibrani 9:15). Dia Alfa dan Omega, yang awal dan yang akhir, menyediakan apa yang kita perlukan dari awal hingga akhir. “Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Wahyu22:13). Dialah segalanya bagi kita “Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu” (Kolose 3:11).

Kebenaran-kebenaran seperti ini mengenai Yesus ini adalah pesan yang penting untuk kedewasaan orang percaya.

Doa

Tuhan Yesus Kristus, aku rindu untuk bertumbuh menjadi seperti Engkau. Masih banyak sekali dalam hidupku yang kekanak-kanakan dan duniawi. Aku ingin mengenal Engkau dan apa yang Engkau ingin lakukan melalui hidupku. Nyatakanlah diri-Mu kepadaku melalui Firman-Mu, agar aku mengenal Engkau lebih dan lebih lagi, supaya akhirnya aku semakin serupa dan segambar dengan Engkau. Di dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.