Makna dan berkat dari kenaikan Yesus ke surga

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari
Logo profetik.png
Devosi
Tanggal23 Mei 2022
Sebelumnya
Selanjutnya

Shalom, puji Tuhan minggu ini kita akan merayakan Kenaikan Yesus ke Surga, Kisah Para Rasul 1:9-11 menyatakan, "Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga."

Mengapa Yesus harus naik ke Surga? Pertama, Yesus berasal dari surga, oleh karena itu ia harus kembali ke surga (Yohanes 8:23) Kedua: TugasNya di bumi sebagai penebus sudah selesai. Yohanes 19:30, Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: "Sudah selesai." Di atas kayu salib Tuhan Yesus menyatakan bahwa Ia semua tugas dan pekerjaan Bapa telah selesai. Sama halnya dengan kita; saat tugas kita sudah selesai maka kita akan kembali kepada Bapa di surga. Ketiga: Menyediakan tempat bagi kita Yohanes 14:2-3: "... Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada." Keempat: Mengirim Roh Kudus untuk kita. Yohanes 16:7-8, "Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman." Roh Kudus yang memampukan kita untuk hidup sesuai kebenaran, menguatkan dan mengurapi untuk melakukan kehendakNya dalam pelayanan. Kelima: Sebagai pengantara bagi kita atau pendoa syafaat untuk kita, agar kita selamat secara sempurna (Ibrani 9:15).

Bagaimana respon kita terhadap Kenaikan Tuhan Yesus ke Surga? Kisah 1:10-11 "Ketika mereka sedang menatap ke langit waktu Ia naik itu, tiba-tiba berdirilah dua orang yang berpakaian putih dekat mereka, dan berkata kepada mereka: "Hai orang-orang Galilea, mengapakah kamu berdiri melihat ke langit? Yesus ini, yang terangkat ke sorga meninggalkan kamu, akan datang kembali dengan cara yang sama seperti kamu melihat Dia naik ke sorga." Pertama, Mengingatkan kita untuk mempersiapkan diri akan kedatanganNya kedua kali, Yesus yang naik ke surga akan kembali dengan cara yang sama. Kedua, Ayat 14 "Mereka semua bertekun dengan sehati dalam doa bersama-sama..." Bertekun dengan sehati dalam doa menanti pencurahan Roh Kudus yang dahsyat, hari-hari ini kita menantikan Pencurahan Roh Kudus di Era Pentakosta ketiga. Ketiga Ayat 26 "Lalu mereka membuang undi bagi kedua orang itu dan yang kena undi adalah Matias dan dengan demikian ia ditambahkan kepada bilangan kesebelas Rasul itu." Aplikasi dalam hidup kita karakter seperti Yudas, yang cinta uang dan hitung-hitungan dengan Tuhan harus diganti dengan kesungguhan dan kemurnian melayani dan mengikut Tuhan Yesus.

Persiapkan diri untuk kedatanganNya dengan bertekun berdoa sehati agar Roh Kudus dicurahkan dahsyat di Era Pentakosta ketiga ini untuk penyelesaian Amanat Agung dengan karaker yang berkenan, melayani dengan sungguh dan cinta Tuhan lebih dari segalanya. Maranatha!!! (IK)

Shalom, puji Tuhan minggu ini kita akan merayakan Kenaikan Yesus ke Surga,