Memahami jalan Tuhan

Dari GBI Danau Bogor Raya
Lompat ke: navigasi, cari

Logo COOL WOW 2021 16x9.jpg

Logo COOL WOW 2021 16x9.jpg

Materi COOL Wanita Materi COOL Wanita
TanggalSelasa, 07 September 2021
Penulis Departemen COOL Departemen COOL
UnduhGoogle Drive
Sebelumnya
Selanjutnya

maka nyatalah kepadaku, bahwa manusia tidak dapat menyelami segala pekerjaan Allah, yang dilakukan-Nya di bawah matahari. Bagaimanapun juga manusia berlelah-lelah mencarinya, ia tidak akan menyelaminya. Walaupun orang yang berhikmat mengatakan, bahwa ia megetahuinya, namun ia tidak dapat menyelaminya

Pengkhotbah 8:17

Pendahuluan

Wanita! Salomo menyadari bahwa betapa pun bijaksana kita, dengan hikmat kita sendiri kita tidak mengerti segala yang Tuhan lakukan. Terkadang sebagai orang percaya kita mengalami keadaan yang buruk yang tidak kunjung membaik, bahkan ketika Tuhan kelihatannya tidak dapat dimengerti, Tuhan yang sangat kita cintai, kita sembah dan layani seolah-olah diam saja seperti jauh seakan tidak peduli pada saat kita memerlukannya.

Banyak pertanyaan yang muncul di benak kita, mengapa ya Tuhan? Memang benar bahwa Allah mengasihi dan memberikan rancangan yang mengagumkan bagi hidup kita, tetapi kita mungkin tidak selalu memahami atau 'menyetujui' rencana-Nya tersebut. Tapi Tuhan mengizinkan semuanya itu terjadi dalam hidup kita.

Isi

Bagaimana caranya memahami jalan Tuhan?

  1. Berjalan dengan iman (Ibrani 11:6)
  2. Wanita, saat kita sedang berjalan dalam pergumulan yang sulit dan kita seperti belum mendapatkan jawaban bahkan pertolongan Tuhan, mari belajar untuk berjalan dalam iman

    Mazmur 23:4,

    “sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku, gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

    Wanita, percayalah bahwa dalam keadaan yang tidak baik pun Tuhan ada beserta dengan kita, iman berarti percaya walau belum melihat, percaya walau belum dapat jalan keluar, percaya Tuhan selalu ada bersama dengan kita, memahami jalan Tuhan dengan iman yang dari pada-Nya.

  3. Tetap bergembira walau sedang berduka oleh berbagai pencobaan (1 Petrus 1:6-7)
  4. Wanita, walau kita sedang mengalami berbagai duka oleh berbagai pencobaan, Tuhan mengajarkan agar kita tetap bergembira.

    Mazmur 37:4,

    dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu.

    Amsal 15:13,

    Hati yang bergembira membuat muka berseri-seri tetapi kepedihan hati mematahkan semangat.

    Wanita, hati yang tetap bersuka cita di tengah duka cita mengajarkan kita untuk tetap bersyukur karena di balik keadaan yang tidak baik ada rencana dan maksud Tuhan yang luar biasa.

  5. Berjalan dalam Roh Kudus (Yohanes 14:26)
  6. Wanita, Tuhan naik ke Sorga dan Ia memberikan Roh Kudus-Nya kepada kita sebagai penolong. Oleh karena kekuatan dari Roh Kudus, kita akan berlimpah-limpah dalam pengharapan (Roma 15:13). Kita memahami jalan Tuhan saat kita hidup dipimpin oleh Roh Kudus.

Penutup

Wanita, memahami jalan Tuhan memang tidak mudah tetapi saat kita mau berjalan dalam iman kita akan tetap bergembira walau berduka dengan pencobaan dan tetap berjalan bersama Roh Kudus, maka segala yang Ia izinkan terjadi dalam kehidupan kita semuanya mendatangkan kebaikan (Roma 8:28).

Tuhan Yesus memberkati.